Review Hard West: Banyak Skenario Tetapi Kurang Taktikal!

Author
David Novan
Reading time:
November 27, 2015

Bertempur dengan Pintar

Pertempuran dalam game ini tidak melulu dapat ditemukan. Setiap pertempuran hanya dapat ditemukan sesuai dengan cerita saja. Misalnya, ketika bandit menyerang rumah Anda atau pabrik yang ingin Anda gunakan ternyata dikuasai musuh. Tidak ada encounter secara acak di peta permainan, seperti halnya yang terjadi pada game strategi taktik lain. Lalu, bagaimana caranya memperkuat karakter Anda untuk melawan musuh? Lebih dalam mengenai masalah tersebut akan kami bahas nanti.

Keberadaan musuh dapat diketahui samar-samar melalui bunyinya
Keberadaan musuh dapat diketahui samar-samar melalui bunyinya

Pertarungannya sendiri tidak memiliki banyak elemen untuk dipahami. Setiap pihak, yaitu karakter yang Anda kendalikan dan musuh, akan mendapatkan giliran berjalan secara bergantian. Urutannya selalu Anda duluan yang menyerang baru kemudian musuh. Jadi, Anda dapat mempersiapkan posisi pasukan Anda di tempat yang menguntungkan. Sama seperti game taktik lain, posisi karakter dan perlindungan yang diberikan di sana akan sangat memengaruhi akhir dari pertempuran.

Anda dapat mencoba beberapa skenario dengan jalan cerita yang menarik
Anda dapat mencoba beberapa skenario dengan jalan cerita yang menarik

Setiap karakter yang Anda mainkan akan memiliki dua Action Point atau AP. Poin tersebut diwakili oleh tanda bintang di foto karakter yang dapat ditemukan pada pojok kiri bawah layar permainan. Bergerak ke posisi baru akan menghabiskan AP sebanyak satu. Akan tetapi, jarak yang jauh dapat menghabiskan hingga dua AP. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam bergerak! Sebab, AP juga dibutuhkan untuk fungsi lain, yaitu menyerang. Bila Anda telah sampai tujuan tetapi tidak dapat menyerang, maka itu sama saja dengan mempermudah musuh untuk menyerang Anda ketika gilirannya tiba.

Setiap serangan dapat Anda periksa dengan seksama kemungkinan keberhasilannya
Setiap serangan dapat Anda periksa dengan seksama kemungkinan keberhasilannya

Sayangnya, pada game ini menyerang dengan senjata adalah action final. Artinya, setelah Anda menyerang, maka Anda tidak dapat melakukan apapun. Bahkan bila Anda masih punya AP yang belum terpakai. Maka setelah Anda menyerang dan gagal mengenai musuh, maka Anda tidak akan mendapatkan kesempatan kedua di Turn tersebut. Sistem ini juga membuat Anda tidak dapat menggunakan taktik Hit-and-Run, taktik yang biasa ditemukan pada game taktik. Menurut kami, sistem ini adalah hal yang merugikan untuk sebuah game dengan genre strategi.

Memasang kartu skill dapat meningkatkan kemampuan pasif karakter Anda
Memasang kartu skill dapat meningkatkan kemampuan pasif karakter Anda

Itu sebabnya, bila Anda hanya bertahan di satu posisi saja, maka sangat disarankan untuk menggunakan beragam aksi dengan AP terlebih dahulu, misalnya mengisi peluru atau Reload meskipun Anda baru menggunakan satu peluru saja. Menyerang musuh dari depan bila ia telah menempati posisi dengan perlindungan penuh juga sangat tidak disarankan. Selain membuang kesempatan untuk mengalahkannya dengan cepat, karena kemungkinan ia terkena serangan sangat kecil, bila kena sekalipun damage-nya akan sangat kecil. Taktik terbaik adalah dengan menggerakkan karakter ke posisi Flank, atau dari samping. Pada posisi tersebut, perlindungan yang dimilikinya akan hilang dan otomatis serangan Anda akan lebih efektif.

Perkuat karakter Anda dengan selalu menyisihkan uang demi membeli senjata yang kuat
Perkuat karakter Anda dengan selalu menyisihkan uang demi membeli senjata yang kuat

Sistem perlindungan yang diberikan lingkungan tersebut juga berlaku untuk karakter Anda. Semakin tinggi perlindungannya, misalnya ketika berlindung di balik pohon, maka ia akan mampu menjaga semua bagian tubuh dari serangan. Namun, pada perlindungan dengan ukuran setengah badan, misalnya ketika berlindung di belakang boks kayu atau jendela, efektivitasnya juga akan menurun. Perlindungan tersebut pada dasarnya hanya akan mengubah berapa besar damage yang diterima ketika terkena serangan. Sedangkan untuk menghindari serangan musuh, Anda memerlukan sistem yang berbeda.

Musuh di balik perlindungan akan menerima serangan lebih kecil
Musuh di balik perlindungan akan menerima serangan lebih kecil

Sistem Luck adalah hal yang perlu Anda perhatikan ketika menghadapi serangan musuh. Selain indikator HP yang menentukan hidup dan mati, Luck menentukan keberuntungan Anda untuk menghindari peluru. Setiap kali Anda ditembak, sejumlah Luck akan dikurangi ketika Anda berhasil menghindar. Setelah Turn musuh selesai dan Anda kembali bergerak, sejumlah Luck akan dikembalikan atau diregenerasi. Bila Anda memiliki Luck yang besar, baik dengan menggunakan bantuan perlengkapan atau Skill Card, maka besar kemungkinan Anda tidak akan pernah kena serangan, selama Anda berada di balik perlindungan.

Selalu cari jalan untuk menyerang musuh dari samping supaya lebih mudah dikalahkan
Selalu cari jalan untuk menyerang musuh dari samping supaya lebih mudah dikalahkan

Pengembangan Karakter

Akibat sifat gameplay yang begitu tergantung pada cerita, maka game ini tidak menggunakan sistem level untuk memperkuat karakternya. Untuk menggantikan leveling tersebut, Anda dapat menemukan beragam persenjataan serta artifak untuk membantu mengalahkan musuh. Sifat dari senjatanya sendiri beragam, mulai dari jarak tembak efektif, damage, bahkan sampai bisa menambahkan statistik karakter serta serangan spesial, misanya seperti menembak dua kali. Semakin kuat senjatanya, maka nilai Heat yang dimilikinya juga akan semakin besar.

Musuh yang belum masuk ke dalam pertempuran memiliki cone yang memperlihatkan pandangannya
Musuh yang belum masuk ke dalam pertempuran memiliki cone yang memperlihatkan pandangannya

Heat adalah poin yang menunjukkan betapa bahayanya senjata tersebut di mata musuh. Bila ia punya nilai yang besar, maka poin Heat pada karakter Anda akan semakin besar. Ketika bertempur, musuh akan mengejar karakter itu terlebih dahulu, bahkan bila ia muncul bersamaan dengan karakter lain di sampingnya. Poin ini juga sangat penting ketika Anda masuk ke peta pertempuran tetapi musuh belum mulai bertempur. Pada kondisi ini, Anda dapat bergerak bebas di daerah pertempuran sampai musuh melihat karakter dengan Heat tinggi.

Skill serangan beragam bentuknya, misalnya menembak tembus tembok tanpa mengurangi kekuatannya
Skill serangan beragam bentuknya, misalnya menembak tembus tembok tanpa mengurangi kekuatannya

Statistik karakter juga dipengaruhi oleh perlengkapan lain yang digunakannya. Bila Anda menemukan dan menggunakan artifak, maka skill yang terkandung di dalamnya dapat Anda gunakan ketika bertempur. Skill dari artifak tersebut dapat memengaruhi karakter lain ketika skill tersebut digunakan. Misalnya, Anda dapat menyembuhkan teman di radius tertentu dan di saat bersamaan mereka akan mendapatkan Buff yang memperkuat statistik mereka. Namun, artifak adalah benda yang sulit ditemukan dan biasanya Anda butuh berkorban untuk mendapatkannya.

Masuk ke ruangan di atas tangga sangat berbahaya dan beresiko tinggi
Masuk ke ruangan di atas tangga sangat berbahaya dan beresiko tinggi

Pengorbanan yang perlu Anda lakukan terjadi ketika Anda berada di peta dunia. Melalui interface tersebut, Anda dapat bergerak ke beragam tempat dan menemukan banyak hal, termasuk bagian dari cerita. Namun, banyak pula tempat yang memberikan ancaman, bahkan sampai membuat karakter Anda mengalami cacat. Pada satu ketika, karakter kami terus dipaksakan untuk mempelajari teks yang dapat memberikan pengetahuan mengenai keanehan di dunia. Akhirnya, ia menjadi berantakan pikirannya dan mendapatkan Debuff, efeknya mengurangi kemungkinan keberhasilan menyerang, jarak pandang, serta mengurangi HP maksimum!

Interface di peta dapat berubah, tergantung skenario yang dimainkan
Interface di peta dapat berubah, tergantung skenario yang dimainkan

Karakter juga dapat diperkuat dengan menggunakan sistem kartu skill. Keberhasilan Anda dalam menyelesaikan masalah di satu tempat seringkali memberikan kartu baru yang dapat digunakan. Kartu tersebut dapat Anda pasangkan pada karakter supaya ia mendapatkan skill dan statistik tertentu. Skill dari kartu tersebut dapat digunakan dalam serangan dan memerlukan sejumlah poin Luck. Contoh dari skill yang bisa Anda gunakan antara lain menembak dinding untuk memantulkan peluru supaya dapat mengenai musuh di balik perlindungan atau menembak menembus dinding itu sendiri!

Artifak dapat memberikan skill aktif yang ampuh serta memberikan Buff ke karakter yang terkena efeknya
Artifak dapat memberikan skill aktif yang ampuh serta memberikan Buff ke karakter yang terkena efeknya

Ability Card tersebut juga memiliki keuntungan lain. Bila ia dipasangkan berurutan seperti pada kartu poker, maka ia akan memberikan bonus statistik pada karakter yang menggunakannya. Semakin banyak rentetan kartu yang dipasang, maka kekuatannya akan semakin berlipat ganda. Namun, seringkali statistik yang dibutuhkan untuk satu karakter berada terpisah dari jenis kartu yang berurutan. Akhirnya Anda perlu memutuskan untuk mengejar bonus dan menerima kekurangan dari karakter tersebut atau sebaliknya.

Beberapa misi meminta Anda untuk membawa kembali karakter utama ke daerah aman
Beberapa misi meminta Anda untuk membawa kembali karakter utama ke daerah aman
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…