Review Tales of Zestiria: Cerita Menarik Plus Fitur Segudang!

Author
David Novan
Reading time:
November 11, 2015
Tales of Zestiria hadir dengan cerita dan gameplay menarik, tanpa melupakan fan service
Tales of Zestiria hadir dengan cerita dan gameplay menarik, tanpa melupakan fan service

Kepopuleran game RPG khas negeri Jepang atau biasa disebut JRPG hingga saat ini terus kuat dan selalu mendapatkan tempat di hati para gamer. Bahkan bila dibandingkan dengan Action RPG dan RPG bercerita rumit ala negeri barat sekalipun, JRPG tetap bisa dinikmati dengan sepenuh hati. Semua itu berkat ciri khasnya yang mengutamakan cerita ala novel dan grinding selama puluhan jam demi menaikkan level yang masih tetap dicintai penggemarnya. Dari semua JRPG yang ada saat ini, hanya segelintir game yang mampu terus hadir dengan membawa nama serinya, seperti seri JRPG Tales, Persona, dan Final Fantasy.

Kualitas animasi yang mendukung ceritanya digarap dengan serius
Kualitas animasi yang mendukung ceritanya digarap dengan serius

Seri Tales memang tidak memperlihatkan umurnya dengan menggunakan angka di belakang seri gamenya, seperti Final Fantasy. Akan tetapi, semua penggemar JRPG tentu sangat mengenal seri ini, mulai dari kepopuleran Tales of Phantasia dan Tales of Destiny sekitar 20 tahun lalu. Hingga kini, setidaknya telah muncul 15 seri game Tales, termasuk Tales of Zestiria. Bahkan Bandai Namco sebagai Publisher seri JRPG tersebut telah merencanakan untuk merilis Tales of Berseria sebagai seri ke-16 untuk PS3 dan PS4.

Drake? No problem!
Drake? No problem!

Panjangnya umur seri game tersebut tentu bukan semata dari keberuntungan saja. Kualitas gamenya sendiri memang begitu mengesankan, terutama ceritanya. Seperti yang diketahui oleh semua gamer pecinta JRPG, kekuatan genre ini berasal dari cerita yang bagus. Tanpa adanya faktor narasi tersebut, gamer hanya akan ditinggalkan dengan puluhan jam grinding semata. Meskipun grinding untuk menaikkan level sudah mendarah daging dalam diri gamer JRPG, tetapi hanya mengandalkan elemen itu saja tentu tidak akan membuat seri JRPG mampu bertahan selama 20 tahun.

Melawan musuh berukuran lebih besar itu biasa
Melawan musuh berukuran lebih besar itu biasa

Pada Tales of Zestiria, Bandai Namco menampilkan cerita yang begitu apik, baik dari sisi kedalaman ceritanya maupun humor yang terkandung di dalamnya. Bagi penggemar setia seri Tales, sentilan percakapan pendek jenaka yang biasanya muncul dalam mini event, atau disebut juga dengan Skits dalam seri game ini, adalah resep paling jitu untuk menjaga gamer betah seharian di depan layar. Selain untuk menghilangkan kejenuhan, Skits juga memperlihatkan emosi yang berkembang di antara setiap karakternya. Hal ini juga masih terlihat begitu kental dan terjaga dalam Tales of Zestiria.

Dialog pada Skits begitu menghibur
Dialog pada Skits begitu menghibur

Beralih ke permainannya sendiri, Tales of Zestiria memperlihatkan gameplay penuh aksi, terutama dalam scene battle. Pada seri terbarunya ini, Anda dapat menemukan sistem battle menjadi lebih rumit dan memerlukan taktik, terutama ketika melawan musuh dengan kekuatan besar, misalnya Boss di suatu Dungeon. Cukup banyak yang perlu dipelajari, bahkan Anda dapat menemukan pelajaran mengenai sistem battle yang diselipkan ke dalam Skits! Sedangkan musuh yang akan Anda hadapi tidak mengenal ampun dan akan meratakan party Anda dengan sekejap bila sistem tersebut tidak dapat Anda aplikasikan dengan segera.

Tampilan dunianya begitu indah dan tetap berkesan anime
Tampilan dunianya begitu indah dan tetap berkesan anime

Kejutan lain berasal dari begitu banyaknya fitur permainan yang dapat ditemukan ketika bermain. Ketika Anda merasa fitur yang muncul setelah bermain puluhan jam sudah final, game ini kembali mengejutkan Anda dengan fitur baru! Namun, hal ini bukanlah kekurangan dalam game ini. Sebab, semua fiturnya begitu menarik dan semakin mempercantik game ini hingga Anda akan betah duduk membatu ketika bermain.

Dari padang rumput hingga jalan gelap berbatu
Dari padang rumput hingga jalan gelap berbatu

Cerita, Jantung dari Seri Tales

Narasi cerita merupakan pusat terpenting dalam JRPG. Hal ini terlebih besar lagi artinya untuk seri Tales. Pada Tales of Zestiria, Anda akan menemukan kisah yang menceritakan perjalanan Sorey, anak muda dengan asal muasal misterius. Ketika kecil, ia ditemukan oleh kawanan kaum Seraphim, makhluk berkekuatan mistis yang mampu memengaruhi dunia bernama Glenwood. Akibat menurunnya hubungan dan keharmonisan antara manusia dengan Seraph, pada zaman itu manusia sudah tidak bisa lagi melihat wujud nyata Seraph meskipun mereka berdiri di depan manusia. Seraph bisa disamakan dengan kaum Jin yang saat ini hanya bisa dilihat oleh segelintir manusia saja di dunia.

Game ini tahu kapan menyisipkan momen kocak dan kapan serius
Game ini tahu kapan menyisipkan momen kocak dan kapan serius

Berkat bimbingan kaum Seraph, Sorey tumbuh menjadi anak muda yang begitu polos dan murni. Hal ini pula yang membuatnya mampu menjalani takdirnya sebagai Shepherd, tokoh legenda di Glenwood yang bertugas membersihkan dan menyelamatkan dunia dari raja kejahatan bernama Lord of Calamity. Ditemani rekan setianya dari kaum Seraph dan manusia, Sorey berpetualang mengelilingi dunia demi membersihkan dan menghidupkan kembali hubungan antara manusia dengan Seraph yang dahulu kala pernah terjalin.

Pada akhirnya, Anda akan lebih penasaran mengejar Skits dibandingkan cerita utamanya
Pada akhirnya, Anda akan lebih penasaran mengejar Skits dibandingkan cerita utamanya

Meskipun ceritanya terlihat sederhana, tetapi game ini memperlihatkan alur cerita yang begitu dalam dan menarik. Apa yang terlihat tidak selalu demikian adanya. Begitu juga dengan kenyataan bahwa ada saja pihak manusia yang berusaha untuk menguasai kekuatan Shepherd demi keuntungannya sendiri, meskipun dengan risiko kehancuran dunia. Semua itu dinarasikan dengan sangat baik dalam beragam percakapan, Skits, dan event. Menariknya, game ini memberikan akses kepada Anda untuk menggunakan aktor suara asli dari versi Jepang.

Setiap karakter memiliki kepribadian yang jelas dan mudah diingat
Setiap karakter memiliki kepribadian yang jelas dan mudah diingat

Pengisi suara Jepang yang digunakan di dalam game ini juga tidak sembarangan. Mereka semua adalah tokoh pengisi suara atau biasa disebut Seiyuu yang telah berpengalaman di banyak film Anime terkenal serta game. Oleh karena itu, bila Anda sering menonton film seri Anime, pastinya Anda akan segera mengenali beberapa suara yang ditampilkan dalam game ini. Bahkan, game ini juga menampilkan suara Miyu Matsuki sebagai pengisi suara Lailah yang menjadi Seraph paling dekat dengan Sorey. Suara Seiyuu ini bisa ditemukan pada Anime Hayate no Gotoku, Fullmetal Alchemist, Hidamari Sketch, dan masih banyak lagi. Suara pada tokoh Lailah juga menjadi memento bagi penggemar Seiyuu ini, sebab pada Oktober lalu ia telah wafat di umur 37 tahun akibat penyakit yang dideritanya.

Game ini tidak hanya ditujukan untuk gamer pria saja
Game ini tidak hanya ditujukan untuk gamer pria saja

Review ini menggunakan testbed dari:

ROCCAT-Logo_Horizontal_2015_STR_BLK_NoBG

Dikerjakan Dengan ROCCAT Isku FX, ROCCAT Kone Pure,ROCCAT Hiro, dan ROCCAT Kave XTD Digital

 

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…