Review Tales of Zestiria: Cerita Menarik Plus Fitur Segudang!

Author
David Novan
Reading time:
November 11, 2015

Petualangan di Open World

Dunia yang bisa ditemukan pada Tales of Zestiria begitu luas. Ketika menjelajahinya, Anda akan langsung berpetualang di dunia luas tersebut tanpa dikukung ke dalam tampilan peta dunia, seperti layaknya game JRPG lain. Jadi, perjalanan untuk mencapai kota berikutnya dapat memakan waktu cukup lama, terutama bila Anda adalah kalangan gamer yang suka mencari beragam rahasia yang disembunyikan di dalam dunia nan luas. Kebetulan sekali, game ini memanjakan gamer berjiwa petualang seperti itu dengan beragam rahasia dan benda tersembunyi yang dapat memperkuat karakter.

Karakter manusia yang berjalan bersama Anda dapat diajak dialog
Karakter manusia yang berjalan bersama Anda dapat diajak dialog

Mulai dari peti berisi beragam benda yang bisa digunakan untuk kelangsungan hidup karakter yang Anda mainkan hingga perlengkapan langka dapat ditemukan di sini. Namun, semua itu tidak begitu saja dapat Anda ambil dengan gratis. Sebab, semakin kuat benda yang Anda temukan, penjaganya juga tentu saja ikut kuat pula. Biasanya, beragam senjata dan artifak berkekuatan besar berada di dalam sudut terdalam Dungeon. Seringkali, mereka juga dijaga oleh boss dengan kemampuan yang jauh di atas Anda. Itu sebabnya Anda harus sering menyimpan data game atau Save di poin yang telah ditentukan.

Banyak rahasia yang dapat ditemukan dalam petualangan Open World
Banyak rahasia yang dapat ditemukan dalam petualangan Open World

Game ini mengikuti tradisi JRPG dan seri sebelumnya, yaitu dengan menempatkan poin Save. Jadi, Anda tidak dapat menyimpan game di mana saja seperti yang biasanya dapat ditemukan pada game RPG dari barat. Entah apa alasannya, metode ini masih teguh digunakan di masa dengan teknologi secanggih sekarang. Itu pula sebabnya Anda harus menyediakan waktu tersendiri untuk bermain game ini tanpa diganggu di tengah jalan atau mendadak harus pergi. Bila terpaksa, Anda dapat menggunakan fitur Quick Save di menu Pause. Namun, Quick Save tidak sama dengan Save di poin; sebab, filenya akan hilang begitu Anda meneruskan permainan.

Meskipun berada di daerah level rendah, terkadang ada musuh super kuat yang menyusup
Meskipun berada di daerah level rendah, terkadang ada musuh super kuat yang menyusup

Petualangan Anda juga akan dihiasi oleh beragam puzzle dan rintangan. Semua rintangan yang akan Anda temui nantinya bergantung pada penggunaan skill Field yang dimiliki Sorey. Setiap Seraphim akan memberikan kemampuan khusus yang bisa digunakan di lapangan, seperti mengeluarkan api untuk membakar lampu dan sarang laba-laba, terbang dalam waktu singkat untuk melewati lubang, menembakkan panah air, atau memanggil pilar batu. Semua itu akan berguna untuk menyelesaikan beragam misteri di dalam game. Tinggal kecerdikan Anda saja untuk menemukan jawabannya.

Temukan semua keajaiban alam di Glenwood dan Anda akan melihat banyak Skits menarik!
Temukan semua keajaiban alam di Glenwood dan Anda akan melihat banyak Skits menarik!

Lord of The Land

Tema Seraph yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi daerah kekuasannya dalam game ini menghasilkan fitur yang sangat menarik. Setelah Anda membebaskan suatu daerah dari pengaruh jahat, nantinya Anda akan menempatkan Seraph sebagai pelindungnya atau dalam game ini disebut Lord of The Land. Peranan pelindung ini bukan sekadar isapan jempol belaka alias sebagai penghias dalam narasi cerita. Sebab, Anda bisa mendapatkan keuntungan langsung darinya. Melalui pelindung tersebut, Anda bisa melakukan teleport dari satu Save Point ke poin lain, melihat posisi musuh di Mini Map, bahkan sampai mengisi kembali peti yang telah Anda ambil isinya.

Normin tersebar di pelosok dunia dan menemukannya perlu kejelian
Normin tersebar di pelosok dunia dan menemukannya perlu kejelian

Namun, kekuatan itu tidak datang dengan sendirinya. Untuk mendapatkan “berkah” tersebut, Anda perlu membayar poin dengan jumlah tertentu. Poin tersebut hanya bisa didapat melalui dua cara; menukarkannya dengan beragam benda yang ada di dalam inventory atau melawan banyak musuh di daerah kekuasaan Lord of The Land tersebut. Semakin banyak musuh yang dikalahkan, maka kekuatan Lord of The Land juga akan semakin besar. Konsepnya sama seperti ketika Anda mengalahkan musuh untuk naik level.

Setiap Normin mewakili skill yang bisa dipasang ke perlengkapan tempur
Setiap Normin mewakili skill yang bisa dipasang ke perlengkapan tempur

Ketika kekuatan Lord of The Land naik level, bukan hanya poin saja yang akan Anda dapatkan. Kemampuan baru yang tersembunyi juga akan muncul untuk Anda gunakan. Namun perlu diingat, semakin tinggi kekuatannya, maka harganya juga akan semakin mahal. Pada layar ini juga bisa ditemukan fungsi untuk menggunakan bantuan Seraph berbentuk makhluk kecil bernama Normins. Setiap Normin mewakili satu dari 50 skill yang ada di dalam perlengkapan, lebih jauh mengenai hal ini akan kami jelaskan nanti.

Bertarung di daerah dengan tingkat kegelapan atau Malevolence yang tinggi akan membunuh Anda!
Bertarung di daerah dengan tingkat kegelapan atau Malevolence yang tinggi akan membunuh Anda!

Menggunakan bantuan Normin memang dapat memberikan kekuatan skill tertentu untuk party yang Anda mainkan. Akan tetapi, Anda juga harus siap dengan penaltinya, yaitu musuh akan naik levelnya. Semakin banyak Normin yang Anda pasang untuk membantu, musuh yang akan Anda hadapi juga semakin kuat. Hal ini bisa disamakan dengan pedang bermata dua.

Temukan quest tambahan melalui NPC dengan tanda bintang ungu
Temukan quest tambahan melalui NPC dengan tanda bintang ungu

Kombinasi Skill yang Rumit

Fitur skill yang bisa ditemukan dalam senjata dan perlengkapan adalah hal yang menarik dan di saat bersamaan perlu waktu untuk menguasainya. Seperti yang telah kami paparkan sebelumnya ketika membahas mengenai Normin, skill yang dapat ditemukan dalam game ini mencapai 50 buah dengan kemampuan yang berbeda. Sebagai contoh, Anda dapat menemukan skill untuk meningkatkan serangan fisik, serangan sihir dan skill yang dinamakan Artes, pertahanan, sampai menyembuhkan diri ketika berhasil menghindar dari serangan musuh.

Perlengkapan tempur dapat digabungkan supaya menjadi lebih kuat
Perlengkapan tempur dapat digabungkan supaya menjadi lebih kuat

Variasi dari skill begitu banyak dan semua itu dapat ditemukan dalam perlengkapan. Jadi, pada game ini bukan hanya Anda dipusingkan dengan mencari perlengkapan yang kuat saja, tetapi juga mencari skill yang tepat dengan karakter yang menggunakannya. Contohnya, pedang yang digunakan Sorey sebagai petarung garis depan idealnya memiliki skill serangan fisik, pertahanan fisik, pertahanan Artes, dan kemampuan meregenerasi energi untuk mengeluarkan serangan yang diberi nama Spirit. Namun, seringkali Anda akan menemukan pedang dengan skill yang tidak sesuai, misalnya skill serangan Artes dan memperpanjang durasi Stun.

Serangan spesial ditemani oleh cutscene anime dan tentunya damage super besar
Serangan spesial ditemani oleh cutscene anime dan tentunya damage super besar

Faktor skill tersebut membuat permainan menjadi lebih rumit. Belum lagi pada karakter Anda dapat digabungkan skill dari beberapa perlengkapan yang digunakannya untuk mendapatkan skill bonus. Setiap skill yang berjumlah total 50 tersebut akan menempati posisi yang berbeda dalam sebuah tabel. Bila ia berhasil dideretkan secara horizontal, vertikal, atau ditiban supaya nilainya ganda, maka karakter Anda akan mendapatkan keuntungan bonus tersebut. Sistem ini membutuhkan perhatian besar ketika mempelajarinya, jadi ada baiknya Anda tidak terburu-buru menekan tombol dialog.

Sistem skill dalam perlengkapan cukup rumit untuk dikuasai
Sistem skill dalam perlengkapan cukup rumit untuk dikuasai
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…