Game Terbaru Kojima Dipastikan Akan Tuju PC!

Reading time:
December 17, 2015
kojima productions new logo

Banyak gamer PC yang alih-alih bahagia dan merayakan hengkangnya Kojima dari Konami yang selama ini memperlakukannya dengan tidak pantas, justru merasa takut dan cemas dengan fakta bahwa sang studio baru independennya – Kojima Productions akan mengembangkan game pertama mereka bersama dengan Sony. Sebuah kecemasan yang bahkan sempat memicu kami untuk merilis sebuah artikel NgeRacau kemarin hanya untuk menenangkan paranoia yang ada. Ada ketakutan besar bahwa kerjasama seperti ini akan berakhir menjadi sebuah game eksklusif Playstation 4, yang tentu akan jadi mimpi buruk bagi gamer PC yang sudah “terlanjut jatuh hati” dengan kualitas MGS V: TPP kemarin. Anda termasuk salah satunya? Anda boleh tenang.

Sebuah seri tanya jawab dirilis oleh situs bernama Medium dengan Community Manager dari Playstation Europe  PadPoet. Informasi penting yang digali dari sesi ini? Konfirmasi jelas bahwa Kojima Productions yang baru adalah sebuah studio indie dimana Sony tak punya porsi kepemilikan sedikit pun. Yang dilakukan Sony saat ini hanyalah membantu Kojima merealisasikan game pertamanya setelah keluar dari Konami. Berita baiknya? PadPoet juga memastikan bahwa game ini tak hanya akan dirilis untuk Playstation 4, tetapi juga PC. Sayangnya, ia sendiri tak bisa menjelaskan berapa lama periode eksklusivitas sementara yang satu ini.

Berita baiknya? Kojima sendiri juga akhirnya angkat bicara dan mulai berbagi lebih banyak detail soal proyek terbarunya, termasuk lewat wawancara perdananya setelah keluar dari Konami dengan IGN. Satu yang menarik, dua orang senior Metal Gear yang tentu tak asing lagi – Ken Imaizumi dan Yoji Shinkawa dikonfirmasikan sudah keluar dari Konami dan kini ikut Kojima di Kojima Productions yang baru. Menolak untuk berbicara dan memberikan komentar apapun terkait Konami, Kojima berbagi beberapa informasi baru terkait game yang tengah ia kembangkan bersama Playstation.

Ia berambisi untuk menciptakan sebuah game yang bisa diekspektasi oleh gamer, namun di saat yang sama,  tetap mengejutkan dan tak pernah ada sebelumnya. Ada satu yang unik, Kojima juga menjanjikan bahwa proyek ini akan berakhir jadi sebuah game yang “lengkap”. Shinkawa mengamini ambisi dan menyebut bahwa dirinya akan menciptakan sebuah karakter yang lebih mudah dikenal dan lebih dicintai dari sisi artistik. Proyek ini juga akan berjalan dalam skala yang lebih kecil dibandingkan proyek-proyek mereka sebelumnya.

Kojima juga menjelaskan arti logo barunya yang hendak memproyeksikan semangatnya sekarang. Sebuah topeng ksatria masa lampau yang terlihat seperti helm astronot adalah wujud dari mimpi untuk menerapkan semangat seorang pioneer di dengan teknologi baru. Sementara manusia di dalamnya merepresentasikan sifat Homo Ludens dan Homo Sapiens. Bahwa kita adalah makhluk dengan kebijaksanaan yang senang bermain.

Tak hanya Kojima, Ken Imaizumi dan Yoji Shinkawa  juga keluar dari Konami!
Tak hanya Kojima, Ken Imaizumi dan Yoji Shinkawa juga keluar dari Konami!

Mengenai kerjasamanya dengan Sony, Kojima mengaku bahwa ia sebenarnya didekati oleh banyak perusahaan raksasa lain yang berusaha merekrutnya. Namun Kojima percaya bahwa hubungan baiknya dengan Sony sebagai perusahaan dan dengan orang-orang di dalamnya selama belasan tahun terakhir ini menjadi jaminan yang lebih pasti. Bahwa untuk saat ini, hal inilah yang dibutuhkan Kojima Productions untuk menciptakan sebuah game yang benar-benar baru. Kojima juga menyebut bahwa mereka sendiri saat ini masih belum memutuskan hendak menggunakan engine apa untuk proyek teranyarnya. Ia belum tahu apakah akan mengembangkan engine baru lagi mengingat Fox Engine kini berada di tangan Konami, atau akan memanfaatkan engine-engine yang sudah tersedia saat ini. Berita yang lebih menyenangkan? Kojima juga secara terbuka mengungkapkan ketertarikannya untuk kembali bekerjasama dengan Del Toro untuk sebuah proyek baru di masa depan. Namun tak hanya terbatas game, ia bisa berakhir jadi film, anime, atau apapun.

Sayangnya, seperti yang bisa diprediksi, tidak ada detail lebih lanjut terkait proyek pertama yang tengah diracik Kojima Productions saat ini atau kapan kita bisa mengantisipasi wujud tampak perdananya di masa depan. Good news for us all, i guess..

Source: IGN

Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…