10 Game Adaptasi Kartun Barat Klasik Idaman dari Platinum Games!

Reading time:
January 18, 2016
10-Game-Adaptasi-Kartun-Barat-Klasik-Idaman-dari-Platinum-Games!

Platinum Games adalah salah satu developer game action terbaik di industri game saat ini. Sebuah klaim yang tentu saja tidak berlebihan jika melihat serangkaian produk yang lahir dari tangan mereka. Kualitas sama yang membuat tiga nama raksasa – Activision, Microsoft, dan Sony untuk memercayakan mereka dengan sebuah proyek game untuk dibangun. Microsoft punya Scalebound – sebuah game action RPG dengan naga raksasa sebagai companion yang rencananya akan dirilis eksklusif untuk Xbox One, sementara Sony diperkuat dengan Nier Automata yang memuat pertarungan seorang cyborg wanita berwajah manis melawan serangkaian makhluk alien yang juga akan eksklusif untuk Playstation 4. Namun dari semua proyek ini, kerjasama antara Platinum Games dan Activision bisa dibilang menjadi yang paling menarik.

Activision dan Platinum saat ini tengah berusaha menciptakan sebuah tren baru yang pantas disambut baik, sebuah game adaptasi film kartun barat dengan identitas gameplay yang memang mengakar pada ciri khas Platinum itu sendiri. Ia menawarkan gameplay ritme cepat dengan kombinasi serangan yang butuh kecekatan untuk dieksekusi, lengkap dengan tingkat kesulitan yang cukup menantang. Terlepas dari apakah mereka berhasil mengembangkan sebuah game dengan cerita yang solid atau tidak, kerjasama keduanya berhasil melahirkan Legend of Korra dan Transformers, serta Teenage Mutant Ninja Turtles yang rencananya akan dirilis tahun ini. Ini tentu saja jadi kerjasama unik yang mengandung segudang potensi untuk dieksploitasi lebih jauh.

Bagi kami, ada harapan besar bahwa kerjasama seperti ini akan terus berlanjut di masa depan dengan fokus tren yang tetap bertahan – bahwa mereka akan mengambil franchise film kartun barat yang potensial dan mengadaptasikannya menjadi video game action hack and slash yang berkualitas. Sebuah harapan yang juga memunculkan toplist kali ini. Bukan berarti semua list film kartun ini tak pernah diadaptasikan dalam video game sebelumnya, tetapi kami merasa, bahwa terlepas dari apapun produk game yang sempat muncul di masa lalu, ia akan jauh lebih keren jika dikembangkan lagi oleh Platinum.

Lantas, dari semua film kartun Barat yang sempat bertebaran selama 30 tahun terakhir ini, film kartun barat mana yang menurut kami akan tampil luar biasa jika diadaptasikan menjadi video game action oleh Platinum Games? Berikut adalah versi JagatPlay:

  1. The New Adventures of Zorro

zorro

Sebagian dari Anda mungkin mengenal sosok Zorro – sang ksatria bertopeng dan berkuda dengan gerakan pedang khasnya dari film layar lebarnya yang menjadikan Antonio Banderas sebagai pemeran utama. Bagi mereka yang tumbuh besar di era tahun 80 dan 90-an, Zorro lebih dikenal sebagai tokoh protagonis dari seri film kartun yang membawa aksinya lebih dikenal. Berbeda dengan cerita “Superhero” pada umumnya, Zorro adalah manusia biasa dengan kemampuan pedang dan keberanian yang luar biasa. Signature movenya yang menyabet huruf “Z” di pakaian lawannya menjadi salah satu yang membuatnya begitu dikenal. Bayangkan jika konsep seperti ini diadaptasikan oleh Platinum yang memang sudah membuktikan diri mampu mengeksekusi game action berbasis pedang seperti Metal Gear Rising dengan begitu luar biasa. Bayangkan Zorro dalam sebuah game hack and slash super cepat, sistem counter mumpuni, dan kemampuan untuk melayangkan sabetan huruf “Z” untuk setiap musuh demi efek tertentu. Tambahkan sedikit segmen berkuda di dalamnya, dan Anda akan mendapatkan basis untuk formula game action racikan Platinum yang mumpuni.

  1. Captain Planet and the Planeteers

captain planet

Di masa lalu, ketika isu soal lingkungan masih belum jadi perdebatan yang hangat, Captain Planet hadir sebagai seri kartun klasik yang justru mengangkat masalah tersebut ke permukaan. Polusi, kehancuran hutan, dan ragam masalah lingkungan yang mungkin tak terdengar penting di kala itu berusaha dipecahkan oleh lima orang remaja yang masing – masing menguasai satu elemen kehidupan. Bersama, mereka bisa memanggil seorang superhero yang kuat – Captain Planet untuk menyelesaikan masalah yang ada. Platinum sebenarnya bisa mengadaptasikan Captain Planet menjadi sebuah game berbasis kombo dengan variasi serangan beragam yang bisa diganti kapanpun Anda mau layaknya yang mereka terapkan di seri Legend of Korra beberapa waktu yang lalu. Jika mereka berhasil mengusung kualitas visual klasik ala yang mereka terapkan di Transformers, sebuah poin plus yang akan sangat menarik untuk dinikmati.

  1. Jackie Chan Adventures

jackie chan adventures

Anda tahu Anda adalah orang yang sangat populer, ketika lebih banyak media hiburan, termasuk film kartu dan video game mulai menjadikan Anda sebagai tokoh protagonis utama. Hal inilah yang terjadi dan memang pantas bagi sosok Jackie Chan – sang jenius film action Hongkong dengan akrobat dan aksinya yang super keren. Jackie sebenarnya sudah beberapa kali masuk ke dalam video game, termasuk dari adaptasi seri kartun yang mengusung dirinya – Jackie Chan Adventures di era Playstation 2 dulu. Namun sayangnya, adaptasi tersebut berakhir buruk dan gagal memproyeksikan aksi Jackie yang cepat dengan kombinasi serangan yang pintar. Dua masalah yang seharusnya bisa diselesaikan oleh Platinum Games yang dikenal karena dua elemen tersebut – permainan yang lebih cepat dan kombinasi serangan yang jadi kekuatan permainan. Membayangkan sebuah game Platinum berbasis Jackie Chan saja sudah cukup untuk membuat kami kegirangan.

  1. Freakazoid!

freakazoid

Sebagian dari Anda mungkin masih ingat dengan wajah dan perawakannya, namun mulai melupakan namanya yang begitu ikonik di masa lalu. Hampir serupa dengan kepribadian Mask dari Jim Carrey, Freakazoid! adalah seorang superhero dengan kemampuan luar biasa yang hanya punya satu daya tarik – minimnya kewarasan yang ia tunjukkan. Walaupun lebih berfokus pada konten komedi dan jarang memperlihatkan sisi aksi yang pantas untuk diacungi jempol, Freakazoid! berpotensi untuk menawarkan sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh Platinum Games sebelumnya – menggabungkan kombinasi gameplay solid via kekuatan super yang mampu dilakukan Freakazoid dengan ragam animasi dan percakapan yang mampu mengundang gelak tawa. Hampir mustahil memang, namun Freakazoid akan jadi sebuah ekstra tantangan bagi Platinum jika berhasil diracik.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…