JagatPlay: Selamat Datang di V2!

Reading time:
January 1, 2016
jagatplay logo

Tidak terasa, JagatPlay sudah eksis sebagai salah satu situs gaming terbesar di Indonesia untuk waktu yang cukup lama. Terlepas dari fakta bahwa ada semakin banyak gamer Indonesia yang menjadikannya sebagai sumber informasi dan review mereka, JagatPlay memang bisa dibilang “ketinggalan zaman” untuk urusan desain, daru sisi estetika dan beragam fungsi yang ia tawarkan. Tak hanya dari kami pribadi, banyak pembaca yang juga mengeluhkan hal yang sama, bahwa seringkali keinginan mereka untuk menikmati konten yang ada justru dicederai karena masalah desain yang membuat pengalaman mengunjungi situs ini jadi berantakan. Kami memang cukup ”terlambat” menawarkan solusi yang lebih baik. Untuk Anda yang sudah bersedia menunggu selama ini dan terus mengembangkan toleransi karena masalah ini, kami minta maaf sebesar-besarnya dan mengucapkan banyak terima kasih.

Seperti janji yang sempat kami utarakan sebelumnya, tidak ada momen yang lebih tepat lagi bagi JagatPlay untuk mulai berbenah diri, apalagi dengan popularitas yang tumbuh cukup pesat di tahun 2015 dengan jumlah pembaca yang juga konsisten terus bertahan. Bersama dengan datangnya tahun 2016, yang semoga juga hadir dengan potensi dan harapan untuk bergerak ke arah yang lebih baik dan berakhir jadi tahun yang sama unik dan menyenangkannya, JagatPlay berubah desain. Kami mengucapkan selamat datang ke JagatPlay V2, versi terbaru dari sisi desain JagatPlay itu sendiri. Misi utamanya? Tak hanya terlihat lebih “modern”, tetapi juga memastikan pengalaman Anda menjelajahinya akan berakhir jauh lebih nyaman.

Lantas, hal baru apa saja yang ada di JagatPlay V2 ini? Inilah beberapa hal yang pantas untuk dijadikan sebagai highlight:

Desain Kesuluruhan

jagatplay v2
Berusaha mempertahankan identitas warna, namun dengan user interface yang terasa lebih modern.

Ada pertimbangan yang cukup dilematis memang ketika membicarakan desain keseluruhan di JagatPlay itu sendiri. Pertama, soal warna. Orange dan hitam memang bukan terhitung kombinasi “warna” yang elegan, namun sudah menjadi identitas tersendiri dari JagatPlay. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mempertahankannya di V2 ini, tentu saja dengan beberapa penyesuaian, termasuk implementasi warna yang kini disesuaikan untuk memastikan kontras yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Kedua, adalah kebutuhan untuk mulai mencitrakan diri sebagai situs yang lebih “modern”. Dengan lebih banyak memuat gambar untuk artikel yang jadi highlight, kami berharap bisa mencapai misi sederhana yang satu ini. Bagian featured juga kini kami sederhanakan hanya menjadi 5 artikel saja.

Load Time

Load-time V1.. Hampir 6 detik dengan konten gambar lebih minim.
Load-time V1.. Hampir 6 detik dengan konten gambar lebih minim.
Load-time kini dipangkas hampir setengah dari V1, untuk akses lebih cepat walaupun konten gambar lebih banyak.
Load-time kini dipangkas hampir setengah dari V1, untuk akses lebih cepat walaupun konten gambar lebih banyak.

Salah satu keluhan yang sering dilemparkan oleh pembaca JagatPlay adalah load time yang bisa dibilang hampir “tak masuk akal”. Desain baru ini, terlepas dari desain yang sarat dengan gambar, berhasil memangkas elemen menjengkelkan tersebut. Walaupun data yang harus Anda akses lebih besar, namun load time situs kini berada di level yang jauh lebih kecil.

Font

Font adalah salah satu keluhan utama di JagatPlay V1 dan menjadi salah satu concern utama kami sebelum membangun V2 ini.
Font adalah salah satu keluhan utama di JagatPlay V1 dan menjadi salah satu concern utama kami sebelum membangun V2 ini.
Lebih besar, lebih terang, lebih jelas.
Lebih besar, lebih terang, lebih jelas.

Ini mungkin salah satu peningkatan paling signifikan yang bisa kami tawarkan untuk Anda, untuk memastikan pengalaman baca yang lebih baik. Salah satu user sempat mendatangi kami di event Gathering JagatReview tahun lalu dan mengeluhkan soal pilihan font, warna, dan background yang bahkan memaksanya untuk menyalin semua isi artikel ke notepad supaya bisa dibaca dengan nyaman. Keluhan soal hal yang sama juga sudah diutarakan oleh beberapa user lain, terutama mereka yang baru pertama kali “mendarat” di JagatPlay. Kami yakin V2 ini akan menawarkan pengalaman baca lebih baik.

Walaupun tak bisa lepas dari kombinasi warna hitam dan orange, kami mendesain pilihan warna dan ukuran font yang kini lebih jelas, bahkan ketika bersanding dengan warna background gelapnya sekalipun.

Time Machine

Sesi terbaru - Time Machine, menyusuri kembali jejak industri game di tanggal yang sama, 3 tahun sebelumnya.
Sesi terbaru – Time Machine, menyusuri kembali jejak industri game di tanggal yang sama, 3 tahun sebelumnya.

Anda yang cukup familiar dengan JagatPlay tentu bingung dengan kehadiran satu sesi terbaru V2, yakni “Time Machine”. Seperti nama yang ia usung, Time Machine akan membawa Anda pada situs JagatPlay 3 tahun sebelumnya, atau lebih tepatnya, di awal tahun 2013 ketika artikel ini ditulis. Kami akan merilis ulang di lokasi yang sama – artikel-artikel yang meluncur di tanggal yang sama, tiga tahun lalu. Jadi jika Anda membaca JagatPlay di 4 Januari 2016, maka artikel Time Machine akan berisikan semua artikel yang sempat dirilis JagatPlay di 4 Januari 2013.

Tujuannya? Pure fun, nothing else. Dengan semua rumor yang selalu mengitari industri game, berita-berita lawas yang mungkin sempat menimbulkan hype, atau sekedar review game / hardware lawas kami yang mungkin masih menarik untuk disinggahi akan dilempar di sana. Anda masih ingat bagaimana rasa bahagia di masa lalu ketika mendengar Aliens: Colonial Marines akan dirilis? Atau mengingat bagaimana Watch Dogs disebut-sebut akan tampil sebagai salah satu game open-world terbaik dari sisi visual dan gameplay? Time Machine menawarkan pendekatan tersebut secara konsisten. Kami sendiri cukup berharap Anda bisa sedikit bernostalgia dan menikmati beragam rumor atau hype masa lalu ini.

Lebih Mobile-Friendly

Swipe, swipe, swipe.
Swipe, swipe, swipe.

Walaupun V1 bisa dibilang sudah lumayan bersahabat untuk Players yang hanya bisa mengakses JagatPlay via perangkat mobile, kami berusaha menyempurnakannya lebih baik di V2 ini. Tak hanya sekedar menyesuaikan dengan resolusi perangkat mobile Anda, ia juga didesain dengan user-interface yang lebih nyaman dan modern, tentu saja. Tak perlu lagi harus melakukan scrolling jauh ke bawah untuk mencari konten terkini dari beragam kategori yang ada, Anda kini hanya perlu melakukan swipe ke kanan dan ke kiri untuk melakukannya.

Easter Egg

question mark
CLUE: For Extra 30 lives!

 

Bagaimana kesan pertama dengan JagatPlay Versi 2 ini? Apakah ia tampil lebih baik daripada versi 1 yang selama ini sudah menemani Anda, atau Anda masih merasa bahwa V1 lebih baik? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar, kritik, dan saran soal apa yang menurut Anda sebaiknya diimplementasikan untuk membuat V2 ini jauh lebih menarik dan nyaman lagi di masa depan. Kami juga hendak meminta bantuan dan kesediaan Anda untuk melaporkan kepada kami, jika seandainya menemukan bug ataupun sesuatu yang tak berfungsi di versi baru ini. Thank you everyone, enjoy the first day of 2016!

Tags:

Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…