Review Danganronpa – Trigger Happy Havoc: Misterius, Seru, Sadis!

Author
David Novan
Reading time:
February 24, 2016

Gameplay: Klik dan Klik

Permainan yang dapat Anda temui dalam Danganronpa Trigger Happy Havoc mayoritasnya adalah mengklik poin untuk diselidiki. Pada setiap ruangan di dalam game ini, Anda dapat menemukan beberapa titik yang dapat diselidiki dengan menekan klik mouse. Untuk lebih memudahkan Anda, tekan tombol Tab guna melihat semua poin yang dapat diselidiki. Selain itu, Anda juga dapat mengubah sudut pandang dengan menggunakan WASD atau menahan klik kanan mouse sambil menggeser mouse.

Klik obyek di dalam ruangan untuk menyelidiki atau berbicara
Klik obyek di dalam ruangan untuk menyelidiki atau berbicara

Konsep permainan pada Danganronpa Trigger Happy Havoc mirip sekali dengan Graphics Novel. Sama sekali tidak ada action yang membutuhkan refleks atau kombinasi tombol ketika bermain. Kebanyakan waktu Anda akan diisi dengan memeriksa sesuatu atau berbicara dengan karakter yang ditemui. Cara ini tidak berubah pada saat waktu bebas atau Free Time dan saat menyelidiki TKP atau Investigation Time. Hanya pada saat pengadilan saja dibutuhkan reaksi cepat dan ketangkasan.

Pada lorong sekolah, Anda dapat menggunakan WASD untuk berjalan seperti game action
Pada lorong sekolah, Anda dapat menggunakan WASD untuk berjalan seperti game action

Ketika Anda berada di luar ruangan, barulah Anda akan menemui daerah yang dibuat dalam grafis 3D. Pada daerah itu, Anda dapat menggunakan WASD untuk berjalan, mouse untuk mengendalikan kamera, dan Shift untuk berlari. Selain itu, Anda juga dapat membuka peta kapan saja dengan menggunakan Tab. Sebagai tambahan, Anda dapat menekan F1 untuk membuka menu yang memiliki beragam fungsi, seperti membuka catatan mengenai siswa lain serta benda yang dikumpulkan.

Temukan beberapa obyek yang dapat digunakan sebagai petunjuk di dalam game
Temukan beberapa obyek yang dapat digunakan sebagai petunjuk di dalam game

Pada menu peta juga diberikan beberapa keterangan yang sangat berguna. Hal ini sangat membantu ketika Anda sedang mencari lokasi dari karakter tertentu, misalnya untuk diselidiki atau diajak bicara. Peta juga sangat membantu ketika Anda malas berjalan, sebab Anda dapat langsung teleport ke posisi di dalam peta. Namun, tidak selamanya fungsi ini dapat digunakan, terutama ketika sedang menyelidiki TKP.

Peta di layar menu dapat digunakan untuk menemukan lokasi karakter dan teleport
Peta di layar menu dapat digunakan untuk menemukan lokasi karakter dan teleport

Ketika berbicara, Anda akan menemukan satu fitur yang sangat penting untuk menemukan hal penting. Fitur tersebut bernama Re:Action; melalui fitur tersebut, Anda dapat menyelidiki atau menanyakan lebih lanjut mengenai teks dalam percakapan yang berwarna ungu. Hanya dengan menekan klik kanan, Anda dapat memilih teks tersebut untuk ditanyakan. Terkadang, cara ini dapat digunakan untuk menemukan bukti lebih lanjut di dalam kasus pembunuhan. Namun, bisa juga Re:Action tersebut hanyalah basa-basi belaka atau mungkin cara siswa lain untuk menipu Anda! Menariknya, teks yang penting akan diwarnai berbeda supaya Anda dapat mengingatnya untuk dijadikan petunjuk nantinya.

Perkataan berwarna ungu dapat memicu fitur Re:Action guna menemukan dialog ekstra
Perkataan berwarna ungu dapat memicu fitur Re:Action guna menemukan dialog ekstra

Free Time: Waktunya Bergaul

Fase pertama yang akan Anda temui pada game ini adalah Free Time. Waktu luang ini sangat berguna untuk mengenal lebih dalam siswa lain yang terjebak dalam permainan sadis Monokuma. Setiap kali Anda berbicara dengan siswa lain, Anda akan diberikan opsi untuk mengajaknya bicara lebih serius atau tidak. Bila Anda berbicara lebih serius dengannya, maka keintimannya akan bertambah. Semakin dekat Anda dengan karakter lain, maka Anda akan menemukan banyak hal baru mengenai kehidupannya.

Berbicara dengan karakter ketika Free Time guna menjalin hubungan lebih dekat
Berbicara dengan karakter ketika Free Time guna menjalin hubungan lebih dekat

Ketika melakukan pembicaraan dengan karakter lain, Anda terkadang dapat menemukan opsi sebagai jawaban. Bila Anda menjawab benar, maka level keintimannya akan bertambah lebih banyak dari sekadar bicara saja. Untungnya tidak ada penalti yang merugikan bila Anda salah menjawab. Jadi sebaiknya Anda simpan game terlebih dahulu sebelum mulai berbicara dengan target Anda di kala Free Time!

Pertimbangkan dengan matang karakter mana yang akan diajak bicara
Pertimbangkan dengan matang karakter mana yang akan diajak bicara

Cara lain untuk meningkatkan level keintiman adalah dengan memberikan hadiah. Beragam hadiah dapat ditemui di dalam game ini dan semuanya paling mudah didapatkan melalui mesin gacha di toko sekolah. Namun, seperti namanya, mesin gacha di sini mengeluarkan hadiah secara acak. Jadi, Anda tidak selalu bisa mendapatkan apa yang diharapkan. Selain itu, Anda membutuhkan koin monokuma untuk menggunakannya.

Ketika level keintiman bertambah, Anda akan diberitahu melalui teks
Ketika level keintiman bertambah, Anda akan diberitahu melalui teks

Koin tersebut tidak mudah untuk didapatkan. Semua koin di dalam game ini disembunyikan di dalam poin yang bisa diselidiki di ruangan. Posisinya juga terkadang tidak terkira, misalnya di dalam tong sampah, di kamera, atau di baju renang yang sedang dijemur. Itu sebabnya untuk mendapatkan koin tersebut, ada baiknya untuk selalu memeriksa semua poin, terutama bila hari telah berganti.

Temukan koin Monokuma untuk dibelanjakan menjadi hadiah
Temukan koin Monokuma untuk dibelanjakan menjadi hadiah

Jumlah karakter yang bisa diajak pada Free Time juga sangat terbatas. Setelah Anda selesai menghabiskan waktu dengan satu karakter, maka waktu akan bergerak menuju malam. Biasanya, Anda dapat mengajak sampai tiga kali pada saat Free Time tersebut. Apakah Anda akan menghabiskannya untuk satu orang saja atau tiga orang, semua terserah Anda. Namun, perlu diingat, bisa jadi karakter yang tidak Anda ajak akan mendapatk giliran mati berikutnya!

Karakter akan mulai membuka diri ketika level keintiman semakin tinggi
Karakter akan mulai membuka diri ketika level keintiman semakin tinggi

Mengapa sangat penting untuk mengajak siswa yang akan mati untuk berbicara di kala Free Time? Setiap kali Anda mendapatkan level keintiman dari seorang siswa, maka Anda akan mendapatkan skill baru! Ada skill yang dapat membantu dalam persidangan nanti atau meningkatkan jumlah maksimum skill yang bisa digunakan. Maka, kehilangan siswa dengan skill yang berguna dapat merugikan Anda nantinya. Itu sebabnya ada baiknya Anda sering-sering menyimpan game ini dan mengulang kembali permainan!

Setiap karakter dapat memberikan skill yang berguna di persidangan bila menjadi teman dekat
Setiap karakter dapat memberikan skill yang berguna di persidangan bila menjadi teman dekat
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…