Review Danganronpa – Trigger Happy Havoc: Misterius, Seru, Sadis!

Author
David Novan
Reading time:
February 24, 2016

Murder Time!

Pembunuhan pasti terjadi di dalam game ini. Itu sebabnya Anda harus selalu siap untuk mengejar bukti dan mengamankan diri Anda dari hukuman Monokuma dengan menemukan pembunuhnya. Setiap kali pembunuhan terjadi, maka jumlah tersangkanya akan selalu berkurang. Namun, bukan berarti penyelesaiannya akan semakin mudah. Sebab, semua siswa yang ada di sini memiliki kemampuan yang luar biasa dalam bidangnya, dan mereka dapat dengan kreatif membuat pembunuhan yang sulit untuk dipecahkan.

Pembunuhan adalah tujuan Monokuma, maka pasti akan terjadi
Pembunuhan adalah tujuan Monokuma, maka pasti akan terjadi

Ketika pembunuhan telah terlaksana, maka menjadi tugas Anda untuk menyelidikinya. Melalui olah TKP, Anda nantinya akan menemukan bukti yang dapat digunakan untuk menghancurkan pendapat yang ambigu di ruang sidang. Bukti tersebut tersimpan sebagai “Truth Bullet.” Peluru berisi bukti tersebut nantinya akan digunakan dalam persidangan dalam debat ala aksi baku tembak. Terdengar aneh memang, tetapi fitur inilah yang membuat Danganronpa Trigger Happy Havoc begitu seru untuk dimainkan.

Selidiki TKP untuk menemukan bukti kejahatan
Selidiki TKP untuk menemukan bukti kejahatan

Bukti tidak hanya berupa kondisi di TKP saja. Beberapa perkataan dan kesaksian dari siswa lain juga dapat menjadi peluru di ruang sidang nanti. Namun, ada kalanya beberapa bukti justru tidak diperlukan dan hanya memperbanyak jumlah opsi bukti saja nantinya. Jadi, Anda harus siap dan memperhatikan dengan seksama bukti mana yang sebenarnya berguna nanti. Apalagi setelah nantinya daerah sekolah baru dibuka di Chapter berikutnya. Semakin luas daerah pencarian, maka bukti ambigu yang dapat ditemukan juga akan bertambah!

Setiap bukti akan dirangkum menjadi Truth Bullet, yang digunakan di persidangan
Setiap bukti akan dirangkum menjadi Truth Bullet, yang digunakan di persidangan

Persidangan Bersama Monokuma

Pada akhirnya, semua bukti tersebut akan Anda bawa ke ruang sidang. Aksi di ruang sidang akan sangat berbeda dengan sebelumnya. Perubahan gameplay yang sangat kentara tersebut sama seperti mengubah game graphics novel menjadi game shooter. Ya, pada persidangan, Anda akan menggunakan bukti yang didapatkan pada masa investigasi ke dalam Truth Bullet untuk menembak perkataan siswa yang tidak tepat.

Persidangan akan menampilkan debat untuk saling menyalahkan
Persidangan akan menampilkan debat untuk saling menyalahkan

Mulanya, Anda masih dibantu untuk memilih peluru mana yang akan ditembak. Peluru tersebut berisi topik bukti yang ditemukan, misalnya senjata pembunuhannya adalah pisau dapur. Ketika terjadi debat nonstop di antara siswa, menjadi tugas Anda untuk membidik peluru tersebut ke argumen yang tidak tepat. Contohnya, ketika ada yang mengatakan pisaunya tidak diketahui dari mana, padahal ada bukti bahwa pisau yang digunakan adalah pisau dapur. Arahkan bidikan ke perkataan tersebut, yang biasanya berwarna berbeda, dan tembak!

Tembak argumen ambigu dan meragukan dengan peluru bukti!
Tembak argumen ambigu dan meragukan dengan peluru bukti!

Debat nonstop merupakan saat yang dapat membuat bingung. Sebab, mereka tidak akan berhenti berbicara ketika Anda mencerna apa yang sedang terjadi. Meskipun pada awalnya teks dengan warna berbeda dapat membantu untuk menentukan argumen yang lemah, tetapi tidak demikian untuk seterusnya. Karena, nantinya akan banyak perkataan yang diwarnai, tetapi bukan itu sebenarnya target dari bukti Anda! Untungnya, Anda dapat melambatkan waktu dengan menggunakan fitur Adrenalin. Namun, fitur tersebut terbatas waktunya, jadi Anda harus hati-hati menggunakannya.

Pilih bukti sesuai dengan argumen yang sedang dibicarakan
Pilih bukti sesuai dengan argumen yang sedang dibicarakan

Setelah perdebatan memasuki babak yang memanas, Monokuma membuatnya menjadi lebih memusingkan dengan memberikan beberapa peluru bukti untuk dipilih! Jadi, ketika Anda mendengarkan debat nonstop, Anda bukan hanya harus menembak argumen yang tepat, tetapi juga dengan peluru yang tepat! Jumlah peluru yang disertakan akan bertambah bila Anda memilih tingkat kesulitan yang tinggi.

Semakin sulit tingkat kesulitan, opsi bukti untuk ditembak akan semakin banyak
Semakin sulit tingkat kesulitan, opsi bukti untuk ditembak akan semakin banyak

Lalu, apa jadinya bila Anda salah menembak atau menggunakan bukti yang salah? Maka level Influence Anda akan berkurang; bila habis maka argumen Anda tidak akan dipercaya lagi dan game over! Selain itu, perlu diingat bahwa semua yang terjadi di dalam persidangan terjadi dalam real-time dan diberikan waktu. Bila waktunya habis, maka otomatis Anda akan kalah! Oleh karena itu, tidak perlu khawatir bila Anda sering melakukan kesalahan. Selama Anda dapat mengulangnya kembali dengan menggunakan file save sebelum persidangan!

Untuk memudahkan bidikan, Anda dapat melambatkan waktu dengan durasi singkat
Untuk memudahkan bidikan, Anda dapat melambatkan waktu dengan durasi singkat

Argumen Penutup

Sama seperti persidangan sungguhan, setelah semua bukti disampaikan Anda akan diminta untuk menyampaikan argumen penutup. Gunanya untuk meyakinkan siswa lain bahwa tersangka pembunuhan benar-benar pembunuhnya, melalui rangkaian kejadian yang dirangkum ke dalam lembaran komik. Gambar di sana memperlihatkan kejadian langkah demi langkah yang sangat menarik.

Argumen penutup dirangkum ke dalam rangkaian komik yang perlu dilengkapi
Argumen penutup dirangkum ke dalam rangkaian komik yang perlu dilengkapi

Namun, gambar di dalam komik tersebut belum lengkap, karena ada beberapa kolom yang kosong. Kolom tersebut mewakili bukti yang Anda temukan. Untuk melengkapinya, Anda harus memilih salah satu gambar di bagian bawah komik yang merepresentasikan kejadian sesungguhnya. Semakin panjang urutan pembunuhan, maka semakin banyak kolom yang perlu diisi.

Ketika mengisinya, Anda akan mendapatkan bantuan mengenai apa yang seharusnya ada di kolom tersebut. Hanya dengan mengklik kolom kosong, Anda akan menemukan petunjuk mengenai kejadian di kolom tersebut, misalnya senjata apa yang digunakan atau apa yang dilakukan oleh pelakunya. Namun, perlu diingat bahwa semua itu dilakukan dengan batasan waktu. Ketika Anda mulai merangkai komik tersebut, Anda akan diberikan waktu beberapa menit yang dapat ditemukan di pojok atas layar.

Setelah semua kolom terisi, argumen akan ditunjukkan dalam cutscene
Setelah semua kolom terisi, argumen akan ditunjukkan dalam cutscene

Setelah semua terangkum dengan baik, bukan berarti pembunuhnya begitu saja menyerah. Ia masih akan melawan dengan beragam argumen lain yang mudah tidak masuk akal. Anda akan menemukan minigame baru, misalnya menekan tombol klik mouse dengan irama, seperti pada game rythm. Setelah itu, barulah Anda akan melemparkan bukti terkuat yang tidak dapat dilawan lagi dan pembunuhnya tertangkap!

Monokuma memunculkan minigame baru yang berbeda dengan gameplay sebelumnya
Monokuma memunculkan minigame baru yang berbeda dengan gameplay sebelumnya
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…