10 Game yang Sama Rumitnya dengan Ujian Nasional!

Reading time:
April 4, 2016
arma-3-wallpaper1

Selamat berjuang, semoga segala sesuatunya berjalan selancar yang diinginkan, tidak ada lagi yang bisa lebih kami harapkan untuk semua siswa sekolah menengah yang sedang atau akan berkutat dengan Ujian Nasional (UN). Sebuah proses yang melelahkan tentu saja, baik secara fisik ataupun psikologis. Bukan perkara mudah untuk berhadapan dengan standar yang ditentukan oleh orang lain, disusun oleh orang lain, dikembangkan oleh orang lain, untuk sebuah kualitas yang mungkin atau tidak mungkin Anda miliki. Namun seperti kata pepatah, bahwa semua rintangan pada saatnya selalu akan terlewati. Pertanyaannya kini hanya menyisakan pada kesiapaan mental Anda, diikuti dengan semangat juang yang mumpuni untuk menangani setiap tantangan yang tiba.

Belajar selalu jadi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah Ujian Nasional. Bahwa tuntutan Anda untuk  menguasai banyak materi dari ragam mata pelajaran harus membuat Anda menyusuri mereka kembali satu per satu dan berusaha kembali menangkap sesuatu yang besar kemungkinan, berakhir di daftar soal yang ada. Belajar memang selalu identik dengan sekolah, namun tidak selalu. Percaya atau tidak, video game yang notabene menjadi hobi yang menyatukan kita semua, juga seringkali butuh proses belajar yang intensif. Bahwa tidak sedikit game yang menuntut Anda untuk menguasai satu mekanik tertentu tanpa sistem tutorial yang jelas sebelum Anda bisa berakhir menyelesaikannya. Bahwa proses belajar ini akan memakan waktu,melewati banyak proses trial dan error, sebelum Anda bisa menyebut diri Anda sudah “menguasainya”.

Lantas, dari semua game yang sempat dirilis di industri game, game mana saja yang menurut kami sama rumitnya dengan sebuah ujian nasional? Berikut adalah versi  JagatPlay:

  1. Flight Simulator

flight simulator

Oke, pilihan yang satu ini mungkin cukup untuk memicu sedikit pro dan kontra di Anda. Apakah Flight Simulator pantas untuk disebut sebagai video game atau tidak? Jika mengacu pada level interkativitas yang ia tawarkan, game ini tetap bisa disebut video game, bahkan dengan basis fans yang terhitung masif. Berbeda dengan game “pesawat” pada umumnya yang biasanya memungkinkan Anda untuk mengendalikan pesawat semudah mengendalikan mobil, apalagi jika memuat sesi pertempuran di dalamnya, Flight Simulator mengusung kata “Simulator” dengan sangat serius. Ia benar-benar berusaha mewakili apa yang yang akan Anda temukan ketika Anda berusaha menerbangkan sebuah pesawat yang sesungguhnnya. Puluhan tombol dan instruksi yang bisa dirangkum dalam satu buku terpisah adalah apa yang Anda butuhkan untuk “menikmati” game yang satu ini.

  1. Dark Souls

Dark Souls 3 japan release trailer (10)

Secara umum, Souls Series – cita rasa game action RPG khas racikan From Software dan Bandai Namco mmang harus diakui, merupakan salah satu game tersulit di pasaran saat ini. Begitu sulit hingga satu kesalahan kecil saja bisa membuat Anda berakhir dengan kematian dan pengulangan proses kembali dari checkpoint terakhir.  Yang membuat game in menarik adalah bahwa sensasi yang ia tawarkan sebenarnya tak berbeda dengan mengerjakan Ujian Nasional, terutama mata pelajaran yang tak terlalu Anda kuasai. Setiap kali mata memandang satu soal yang berbeda, maka Anda harus berhadapan dengan tantangan yang baru. Kewaspadaan dan kehati-hatian “melangkah” ini jugalah yang jadi kunci Dark Souls itu sendiri. Anda tak bisa sekedar masuk dan mengayunkan pedang sesuka hati dan berharap untuk menang begitu saja. Ia butuh strategi, ia butuh dikuasai secara mekanik, ia butuh strategi dan kesabaran untuk ditundukkan, seperti Ujian Nasional.

  1. Kerbal Space Program

kerbal space program

Meluncurkan sebuah pesawat luar angkasa saja sudah sulit. Bayangkan apa yang harus Anda lalui untuk membuatnya bisa mendarat di bulan dan kembali jika dibutukan. Tantangan seperti inilah yang ditawarkan oleh Kebal Space Program. Walaupun tak merepresentasikan sebuah hukum fisika yang sebenarnya, Kerbal Space Program dipuji karena kemampuannya menyuntikan sebuah mekanik orbit yang cukup representatif terhadap kondisi di dunia nyata. Ada begitu banyak hal yang akan berakhir hancur berantakan, kematian, dan kegagalan jika Anda tak benar-benar memikirkan matang apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.

  1. Skyrim

Skyrim Dragonborn (10)

Skyrim? Anda mungkin sedikit bingung dengan pilihan yang kami sertakan di sini. Dibandingkan dengan game-game RPG di luar sana, Skyrim bisa dibilang tak terlalu sulit dan mudah diselesaikan. Namun di kacamata para pendatang baru, game RPG racikan Bethesda seperti ini bisa berakhir jadi sesuatu yang butuh penguasaan lebih. Anda butuh belajar lagi esensi RPG yang sebenarnya, karena berbeda dengan game RPG yang lain, Skyrim menawarkan kebebasan yang hampir absolut terutama dari interaksi Anda dengan setiap NPC yang Anda. Anda bisa membunuh hampir semua orang, Anda bisa menjelajahi begitu banyak sudut dunia tanpa perlu melanjutkan garis cerita utama sama sekali, Anda juga harus berhadapan dengan sistem leveling unik yang akan naik mengikuti frekuensi penggunaan Anda. Diperkuat dengan fakta bahwa tak ada satu karakter definitif di sini dimana Anda bisa menciptakan karakter sebebas yang Anda inginkan, Skyrim akan membuat para penggemar RPG linear belajar segala sesuatunya kembali.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…