PlayTest: Gaming Dengan ASUS Turbo GTX 970 OC!

Author
David Novan
Reading time:
April 8, 2016

Ashes of The Singularity

Ashes of The Singularity memiliki tantangan yang terbilang unik dan tidak dapat ditemui pada game lain; game ini memiliki begitu banyak unit yang berperang, hingga ribuan, pada satu layar permainan dan semuanya mengeluarkan efek grafis ketika menyerang! Perbedaan yang sangat mencolok ini tentu saja akan meningkatkan beban pada rig yang kami gunakan, terlebih lagi untuk graphics card yang menempel di sana. Untuk melihat kemampuan kartu grafis ini, kami menggunakan skenario sebagaimana selayaknya game ini dimainkan, yaitu perang antara 6 pemain di peta yang besar. Sebelumnya, berikut spesifikasi minimum untuk memainkan game ini:

  • Prosesor: Intel Quad Core
  • Memory: 6 GB RAM
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 660 @ 2GB / ATI Radeon R7 360 @ 2GB
  • Storage: 13 GB

Mulanya kami masih merasa cukup optimis dengan kemampuan rig gaming kami beserta kartu grafis ini. Ternyata, setting tinggi dan menengah sama sekali tidak mampu mempertahankan game ini untuk dimainkan dalam kondisi yang baik. Karena nilai frame rate yang rendah, terutama setelah enam pasukan saling menghantam di posisi yang berdekatan, kami menjadi tidak dapat dengan leluasa memberikan perintah ke pasukan. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menurunkan setting ke Low dengan resolusi mengikuti desktop, yaitu 1920×1080. Berikut detail lebih jauh mengenai setting yang kami gunakan:

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (23)

Ternyata setting yang rendah seperti inipun masih terbukti cukup berat untuk digunakan. Ketika kami menghadapkan enam pasukan besar di dalam pertempuran, nilai frame ratenya menurun dari 60 hingga 70 fps ketika berada di base, menjadi 38 fps ketika bertempur dengan dahsyat! Walaupun semua efek cahaya telah dikurangi berkat penggunaan setting Low, tetapi saja game ini tidak dapat berjalan dengan baik di dalam pertempuran besar.

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (24) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (25)

Masalah lain terjadi ketika kami mulai melontarkan senjata orbital ke tengah-tengah pertempuran. Nilai frame rate yang dihasilkan bisa turun drastis ke 18 fps akibat keterlibatan senjata pemusnah massal tersebut. Terlebih lagi untuk senjata orbital yang menyebabkan efek daerah, seperti EMP dan Poison. Kami juga menemukan kesulitan untuk menggeser layar permainan karena terasa putus-putus, bahkan pada saat frame rate berada di 70 fps sekalipun. Kami sarankan untuk menggunakan resolusi 1600×900 guna meningkatkan frame rate sekitar 10 hingga 15 fps.

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (26)

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (27)

Grand Theft Auto V

Grand Theft Auto V hingga detik ini terbukti masih menjadi game yang ingin dimainkan oleh banyak gamer. Seperti yang sempat kami singgung pada berita beberapa hari lalu, GTA V masih tetap kuat berada pada posisi keempat chart penjualan meskipun telah mencapai lebih dari 100 minggu semenjak ia dirilis! Itu sebabnya kami merasa GTA V masih menjadi tujuan gamer ketika ingin membangun PC gaming hingga saat ini. Apa saja yang dibutuhkan untuk memainkannya? Berikut spesifikasi minimum untuk bisa memainkan game ini:

  • Prosesor: Intel Core 2 Quad CPU Q6600 @2.40GHz (4 CPU) / AMD Phenom 9850 Quad-Core Processor (4 CPU) @2.5GHz
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics Card: NVIDIA 9800 GT 1GB / AMD HD 4870 1GB (DX 10, 10.1, 11)
  • Hard Drive: 65 GB

Kualitas grafis dari GTA V memang harus diakui sudah ketinggalan dibandingkan game AAA lain di sesi ini. Namun, itu berarti kami dapat menggunakan setting yang sangat tinggi untuk memainkannya. Setidaknya hal itu dapat menutup kekurangannya ketika beradu satu lawan satu dengan game lain. Oleh karena itu, kami dapat menggunakan setting yang sangat tinggi, yaitu Very High dengan resolusi 1920×1080. Bahkan pada beberapa opsi, seperti Reflection Quality, Grass Quality, dan Post FX, kami dapat menggunakan opsi Ultra! Berikut detail lebih lanjut mengenai setting yang digunakan:

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (28) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (29) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (30) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (31)

Ternyata sesuai dengan perkiraan kami, GTA V dapat dimainkan dengan baik pada setting yang sangat tinggi tersebut. Ketika kami berpetualang mengelilingi beragam daerah di Los Santos, frame rate yang dihasilkannya dapat mencapai 70 fps. Angka yang paling rendah ketika berjalan di antara NPC dan kesibukan lalu lintas kota berada pada kisaran 60 fps. Malam hari juga tidak terlalu banyak menurunkan nilainya dan kami masih dapat menikmati GTA V pada kondisi ideal.

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (32) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (33)

Beralih ke permainan yang lebih cepat, kami menemukan game masih dapat berjalan dengan baik ketika berkendara. Bahkan pada saat kami drifting sekalipun, nilai frame rate masih berada di kisaran 56 fps. Nilai yang tidak jauh dari angka ideal ini hanya terjadi sebentar saja, dan tidak lama kemudian angkanya kembali ke kisaran 60 fps. Hal ini membuat berkendara menjadi mudah, karena kameranya dapat terus mengikuti gerakan mobil, tanpa adanya saat terlambat berputar seperti yang terjadi pada saat frame rate di bawah 55 fps.

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (34) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (35)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

August 15, 2022 - 0

Review Digimon Survive: Seru Iya, Bosan Juga Iya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Digimon Survive? Mengapa kami menyebutnya…
July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…