PlayTest: Gaming Dengan ASUS Turbo GTX 970 OC!

Author
David Novan
Reading time:
April 8, 2016

HITMAN

Bila hasil yang diberikan oleh HITMAN dibandingkan antara satu sesi Playtest dengan sesi lain, terkadang angka frame rate terberat yang dihasilkannya dapat terbalik, antara nilai di luar dan dalam ruangan. Terkadang frame rate di luar ruangan lebih berat dibandingkan di dalam, atau kebalikannya. Ternyata, semua itu sangat lekat dengan kemampuan graphics card yang digunakan. Lalu, bagaimana dengan graphics card ini? Sebelum mulai melihat setting apa yang kami gunakan untuk bermain dengan HITMAN, berikut spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk memainkan peran sebagai Agent 47:

  • Prosesor: Intel Core i5-2500K 3.3GHz / AMD Phenom II X4940
  • Memory: 8 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GTX 660 / AMD HD 7870
  • Storage: 50 GB

Sebelum mulai memainkan HITMAN, kami mempertimbangkan setting apa yang paling tepat untuk memainkannya. Melihat kemampuannya dalam menjalankan The Division, kami memutuskan untuk menggunakan setting High dengan resolusi 1920×1080, hampir mirip dengan The Division. Bedanya, kami menggunakan opsi untuk menghidupkan Antialiasing pada FXAA. Sedangkan untuk Texture Filtering, kami menggunakan Anisotropic 4x. Untuk melihat lebih dalam mengenai setting yang kami gunakan, Anda dapat temukan pada screenshot berikut ini:

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (10) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (11)

Pada kartu grafis ini, frame rate di luar ternyata lebih ringan dibandingkan frame rate di dalam ruangan. Ketika kami berada di dalam ruangan dan dikelilingi oleh banyak NPC, nilainya berada pada kisaran 50 fps. Menariknya adalah ketika kami berada di transisi antara ruangan, terutama bila pintu tergambar dekat dengan kamera, nilai frame ratenya dapat menurun sampai ke 45 fps. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena nilai tersebut tidak begitu memengaruhi jalannya permainan dan pastinya tidak ada penurunan nilai drastis dan patah-patah ketika bermain.

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (12) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (13)

Kemudian pada luar ruangan kami menemukan angkanya meningkat cukup tinggi, yaitu sekitar 56 fps hingga 80 fps. Biasanya efek cahaya yang ada di luar ruangan akan memberatkan kerja kartu grafis. Namun, kali ini justru tidak berpengaruh banyak dan kami dapat menemukan nilai yang tinggi. Bahkan ketika berada di tengah banyak NPC sekalipun, nilai tersebut tidak banyak berubah. Kesimpulannya, bermain HITMAN menggunakan kartu grafis ini jauh lebih nyaman ketika berada di luar ruangan!

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (14) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (15)

Rise of The Tomb Raider

Rise of The Tomb Raider adalah game unik yang mampu melayani beragam kalangan gamer, baik yang berasal dari kalangan menengah maupun kelas atas. Itu sebabnya game ini dapat dengan mudah menurunkan skala grafisnya supaya dapat dimainkan oleh gamer dengan PC gaming kelas menengah. Seharusnya kartu grafis ini mampu membawa pengalaman bermain kami menuju kelas atas, setidaknya mampu menggunakan setting yang tinggi. Sebelum mengetahui apakah kami akan mendapatkan Lara yang cantik atau Lara dengan tekstur rendah, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu spesifikasi minimum untuk memainkannya:

  • Prosesor: Intel Core i3-2100
  • Memory: 6 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GTX 650 2GB atau AMD HD7770 2GB
  • Storage: 25 GB

Setelah kami mencoba mengetes setting yang tepat untuk memainkan game ini, kami akhirnya menetapkan pilihan pada resolusi 1920×1080 dengan setting High. Namun, kami menggunakan sedikit koreksi di dalamnya, yaitu dengan menggunakan antialiasing SMAA dan Texture Quality Very High. Sebab, ketika kami memainkannya pada preset High, game ini dapat berjalan dengan nilai frame rate yang sangat tinggi. Itu sebabnya kami meningkatkan teksturnya. Detail lebih lanjut mengenai apa saja yang kami gunakan pada settingnya, dapat Anda temukan di bawah ini:

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (16) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (17) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (18)

Perjalanan kami bersama Lara Croft ternyata menjadi petualangan yang mulus. Nilai frame rate yang kami temui pada daerah yang terbuka menunjukkan pada 65 fps. Terkadang, ketika kami berada di tengah pepohonan, nilainya dapat menurun ke kisaran 50 fps. Namun, hal ini sama sekali tidak menganggu jalannya permainan, terutama ketika kami harus menyerang musuh dengan cepat serta melakukan timing untuk lompat dari satu tebing ke tebing lain.

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (19) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (20)

Sedangkan pada daerah yang cukup gelap, seperti ketika berada di dalam goa atau Tomb, kami menemukan nilainya cukup stabil di 60 fps. Biasanya, nilai di daerah ini lebih rendah dari luar ruangan. Namun, pada kartu grafis ini justru bisa lebih baik dan nilainya tidak berfluktuasi terlalu jauh sehingga mengganggu permainan. Berkat nilai tersebut, kami dapat dengan mudah menyelesaikan beragam tantangan yang ada di dalam Tomb tanpa terganggu oleh nilai frame rate yang rendah.

 

Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (21) Playtest ASUS Turbo GTX 970 OC (22)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

August 15, 2022 - 0

Review Digimon Survive: Seru Iya, Bosan Juga Iya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Digimon Survive? Mengapa kami menyebutnya…
July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…