Review Razer Leviathan Mini: Ukuran Mini, Suara Monster!

Author
David Novan
Reading time:
April 7, 2016
Razer Leviathan Mini merupakan speaker gaming yang kuat
Razer Leviathan Mini merupakan speaker gaming yang kuat

Bagi gamer, suara yang bisa diandalkan sama pentingnya dengan perangkat gaming lain yang berinteraksi langsung dengan game, seperti mouse dan keyboard. Bila Anda adalah salah satu dari manusia beruntung yang telah merasakan nikmatnya bermain game, maka fakta ini pasti tidak dapat dibantah lagi. Kebanyakan gamer menggunakan perangkat suara yang lebih personal, seperti headphone dan earphone untuk membantu mereka bermain game dengan lebih optimal. Namun, tidak sedikit pula gamer yang lebih memilih menggunakan speaker dan membiarkan suara lingkungan di sekitarnya membaur dengan game, atau hanya karena tidak merasa nyaman ketika menggunakan headphone.

Bahan eksternal Razer Leviathan Mini terlihat begitu kokoh
Bahan eksternal Razer Leviathan Mini terlihat begitu kokoh

Akan tetapi, speaker yang sejatinya dapat disebut sebagai perangkat gaming rasanya tidak terlalu banyak dapat ditemukan di pasaran. Biasanya, speaker seperti ini dibaurkan dengan penggunaan mendengarkan musik saja. Sedangkan untuk keperluan lebih selektif seperti gaming hanya sebagai sampingan. Razer Leviathan Mini mencoba mengubah paradigma tersebut dengan menawarkan speaker gaming bersuara kuat dan di saat bersamaan portable. Jadi kebutuhan untuk bisa mendengarkan suara game ketika bermain di mana saja dapat terpenuhi.

Ukuran dari Razer Leviathan Mini sama persis seperti namanya, mini. Hanya dengan tinggi sekitar 5,6 cm, panjang 8,4 cm dan lebar 5,3 cm, speaker mini ini dapat Anda bawa dengan mudah. Sebagai tambahan, pada paket penjualannya juga disertakan pouch untuk membawanya. Meskipun ukurannya relatif kecil, kekuatan yang ada di dalamnya tidak demikian. Hal ini terbukti dengan jelas ketika kami menggunakannya untuk beberapa keperluan, seperti bermain game, mendengarkan musik, dan berkomunikasi dengan gamer lain. Ya, speaker ini dapat Anda gunakan sebagai media komunikasi, tidak seperti speaker gaming lainnya!

Bagian belakang speaker digunakan untuk keluaran Woofer
Bagian belakang speaker digunakan untuk keluaran Woofer

Bukan hanya ukurannya saja yang mini, beratnya juga dibuat seringan mungkin. Ketika kami mengukur beratnya, kami menemukan Razer Leviathan Mini hanya memiliki berat sekitar 540g saja. Artinya, ia dapat dengan mudah Anda selipkan ke dalam kantong atau tas tanpa menambah beban berlebihan, setidaknya yang dapat terasa. Memiliki berat yang ringan tentu saja dapat ditambahkan ke dalam daftar kelebihannya.

Tangguh dan Dapat Diandalkan

Menilik Razer Leviathan Mini dari eksteriornya, kami dapat melihat jelas ketangguhannya. Bahan yang digunakan untuk memperkuat tampilan luarnya begitu kuat, sehingga kami merasa speaker ini tidak akan mengalami masalah meskipun terbentur sekalipun. Apalagi dengan aksen tambahan berwarna gelap, siapapun yang melihatnya akan dapat merasakan aura ketangguhan yang diberikannya.

Logo Razer menghiasi bagian depan speaker
Logo Razer menghiasi bagian depan speaker

Pada bagian bawahnya, kami juga menemukan adanya landasan karet. Tampaknya landasan tersebut digunakan untuk menjaga agar speaker tidak mudah bergeser ketika digunakan. Selain itu, penggunaan karet tersebut juga memastikan tidak adanya getaran yang terdengar akibat benturan mikro ketika dentuman Bass terjadi. Jadi, Anda bisa memastikan kualitas suara yang prima tidak peduli apapun bahan permukaan dari meja yang Anda gunakan di bawah speaker ini. Setidaknya, itulah yang kami rasakan ketika mencoba mendengarkan lagu yang penuh dengan Bass.

Sedangkan untuk bahan jaring yang menutupi driver speakernya, Razer Leviathan Mini menggunakan bahan yang tidak kalah kuatnya. Pada kedua bagian, di depan dan belakang, speaker mini ini menggunakan jaring yang terbuat dari besi nan kokoh. Lubang yang terdapat pada jaring tersebut dibuat begitu kecil dan berjarak pendek. Artinya, Anda tidak perlu khawatir jaring tersebut menjadi penghalang suara yang keluar dari speaker. Sedangkan di saat bersamaan tidak perlu khawatir pula dengan kemungkinan driver speaker rusak ketika ada benda tajam yang menghantam jaring pelindung speaker.

Tidak begitu tinggi, tetapi cukup untuk menghasilkan suara yang mendentum
Tidak begitu tinggi, tetapi cukup untuk menghasilkan suara yang mendentum

Kualitas Suara Ketika Gaming

Speaker mini ini dirancang Razer untuk menemani gamer ketika bermain. Oleh sebab itu, kami mencoba mendengarkan suaranya ketika bermain game. Untuk speaker gaming, kami merasa yang terpenting adalah kualitas Bass dan detail suaranya. Sebab, melalui dua elemen itu pertempuran yang terjadi akan lebih terasa dan immersive akan tercapai. Tentu saja elemen suara lain juga penting, tetapi tidak setinggi ketika mendengarkan lagu.

Lebarnya yang relatif kecil membuatnya dapat diletakkan di mana saja
Lebarnya yang relatif kecil membuatnya dapat diletakkan di mana saja

Ketika kami mendapatkan Razer Leviathan Mini, satu hal yang menarik perhatian adalah adanya pengakuan mengenai kemampuannya dalam menghasilkan suara rendah yang kuat dan suara tinggi jernih, dan itu kami temui di bungkusnya. Ternyata suara rendahnya memang sangat kuat dan dentumannya begitu besar. Suara seperti itu biasa kami dengar ketika menembak atau melontarkan meriam di game RTS. Semua suara rendah yang dihasilkan oleh speaker ini membuat kami merasa puas!

Sedangkan untuk suara tingginya, Razer Leviathan Mini kembali menepati janjinya. Suara tinggi yang biasanya terjadi ketika denging menghantam dari ledakan Flashbang atau siulan artileri terdengar sangat meyakinkan. Suara lentingan besi yang dihasilkan oleh selongsong peluru juga dapat terdengar dengan jelas ketika kami bermain game shooter seperti Call of Duty: Black Ops III. Terlebih lagi ketika suara volumenya ditinggikan, semakin banyak detail suara yang dapat kami temui.

Panel pengoperasian yang sederhana dan mudah dimengerti
Panel pengoperasian yang sederhana dan mudah dimengerti

Detail suara yang tinggi merupakan satu hal yang sangat kami sukai dari Razer Leviathan Mini. Hal ini kami temukan ketika memainkan game dengan suara lingkungan berkualitas tinggi, seperti pada Tom Clancy’s The Division. Game ini mampu menghasilkan suara lingkungan yang detail, mulai dari suara npc yang mengobrol di pinggir jalan, suara angin, tembakan di kejauhan, sampai suara desisan uap dari pemanas. Semua itu dapat terdengar dengan jelas ketika kami menggunakan speaker ini!

Hanya dari apa yang kami temukan pada The Division, sudah jelas bahwa speaker ini mampu memberikan tingkat immersive yang tinggi pada game dengan lingkungan yang lebih hidup, seperti pada The Witcher 3. Namun karena bentuknya yang kecil dan jarak antara driver speaker yang tidak jauh, maka kemampuan Razer Leviathan Mini untuk menentukan posisi asal suara tidak begitu kentara. Namun, lain lagi bila Anda mampu menyisihkan uang lebih dan membeli dua speaker seharga 2,5 jutaan ini! Sebab, speaker ini memiliki kemampuan untuk menggabungkan dua speaker menjadi satu sistem melalui fitur Combo Play, yang akan kami bahas lebih lanjut nanti.

Tombol multi fungsi yang berguna untuk banyak hal, termasuk menjalankan fitur Combo Play
Tombol multi fungsi yang berguna untuk banyak hal, termasuk menjalankan fitur Combo Play
Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…