Stardew Valley Laku Keras

Author
David Novan
Reading time:
April 14, 2016
002-600x339

Kesuksesan sebuah game ternyata bukan hanya berasal dari sesuatu yang superficial, seperti grafis 3D yang mendekati dunia asli, fitur komunitas secara masif melalui koneksi Internet, ataupun konsep open world. Satu hal yang paling dicari gamer, elemen yang terkadang dilewatkan oleh developer, adalah gameplay yang “klop” di hati pemainnya. Pendapat ini dibuktikan secara langsung oleh Stardew Valley, game berbasis 2D dengan elemen bertani, bertarung, dan romansa berkat keberhasilannya menjual lebih dari sejuta copy!

Angka ini mungkin untuk beberapa kalangan terlihat biasa saja, sebab game besar lain juga bisa mencapainya. Namun, bagaimana bila kami katakan bahwa game tersebut dibuat oleh satu orang, dan angka tersebut tercapai hanya dalam jangka waktu 2 bulan saja semenjak rilisnya! Informasi yang diberikan Chucklefish Games kepada Polygon melalui email tersebut bahkan memberikan angka pastinya, yaitu 1.007.000 copy terjual semenjak 26 Februari 2016. Pada minggu kedua semenjak game ini dirilis, Stardew Valley telah berhasil dijual sebanyak 400.000 copy. Untuk game yang dibuat oleh satu orang saja, jumlah itu sudah luar biasa!

Stardew Valley laku keras. Game adiktif yang satu ini berhasil menyentuh angka 1 juta copy!
Stardew Valley laku keras. Game adiktif yang satu ini berhasil menyentuh angka 1 juta copy!

Stardew Valley juga tercatat sebagai rilis game terbesar di Steam tahun ini, setelah H1Z1: King of The Kill, Ark: Survival of The Fittest, dan Sven Coop, sesuai dengan angka yang didapatkan oleh Steam Spy. “Kami sangat senang berhasil menolong mengangkat nama game ini supaya diperhatikan gamer, dan sukses tersebut sangat pas diberikan untuk orang yang tepat,” jelas Chucklefish Games. Sebagai rencana kedepannya, orang yang mengembangkan game ini, Eric Barone (ConcernedApe) juga akan menambahkan fitur bermain cooperative.

 

Source: GameSpot

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…