Review Hyper Light Drifter: Luar Biasa Sulit!

Author
David Novan
Reading time:
April 20, 2016

Permainan Cepat dan Penuh Aksi

Ketika memainkan game ini, Anda akan diberikan kebebasan untuk menggunakan keyboard dan mouse atau menggunakan controller. Pada dasarnya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, menurut kami game ini jauh lebih mudah dikendalikan ketika menggunakan controller. Sebab, semua gerakan yang dilancarkan melalui controller lebih mudah diarahkan dibandingkan ketika menggunakan mouse. Rasio kematian yang kami temui juga menurun drastis dibandingkan ketika menggunakan keyboard.

Dash adalah satu-satunya cara untuk melewati jurang dan menghindari serangan musuh
Dash adalah satu-satunya cara untuk melewati jurang dan menghindari serangan musuh

Mengapa demikian? Game ini mengedepankan aksi yang cepat dan akurat. Artinya, semua serangan dan gerakan harus tepat sasaran. Termasuk juga ketika menghindar dari serangan musuh. Ketika menggunakan mouse untuk mengarahkan gerakan menghindar, kami seringkali salah posisi atau telat menghindar. Sedangkan ketika menggunakan controller, arah yang kami ambil pada thumbstick kiri menjadi arah gerakan karakter dan arah menghindarnya. Berbeda dengan metode kendali lain, yang menggunakan WASD untuk menggerakkan karakter dan mouse untuk arah menghindar.

Banyak daerah tersembunyi yang bisa ditemukan setelah melewati jurang
Banyak daerah tersembunyi yang bisa ditemukan setelah melewati jurang

Kembali ke gameplay-nya, Hyper Light Drifter memiliki permainan yang sebenarnya sederhana. Anda hanya diminta untuk menghidupkan node yang tersebar di empat daerah, yang tersebar di atas, bawah, kanan dan kiri dari kota yang aman dari musuh. Namun, untuk menghidupkannya, Anda harus melalui beragam rintangan, seperti melewati jurang, musuh, jebakan, dan boss. Arah yang Anda ambil juga bebas, sama sekali tidak ada keharusan untuk mengambil jalan mana terlebih dahulu.

Musuh tidak tanggung-tanggung ketika menyerang Anda
Musuh tidak tanggung-tanggung ketika menyerang Anda

Ketika melalui beragam rintangan, misalnya jurang, Anda harus menggunakan Dash yang mampu melemparkan tubuh karakter ke depan dengan cepat. Namun perlu diperhatikan pula bahwa Dash tersebut memiliki jangkauan yang terbatas. Bila Anda tidak sampai ke ujung jurang yang ingin dilewati, maka karakter akan jatuh! Kejamnya adalah, HP karakter akan berkurang bila jatuh ke jurang. Jika tidak hati-hati, bukan hanya musuh saja yang bisa merenggut nyawa Anda!

Daerah rahasia bisa saja disembunyikan di dalam tempat yang tidak mencurigakan
Daerah rahasia bisa saja disembunyikan di dalam tempat yang tidak mencurigakan

Dash tersebut juga bisa digunakan untuk menghindar dari serangan musuh. Ketika menyerang, menggunakan Dash untuk menghindar adalah keharusan. Bila Anda hanya melakukan “button mashing” tanpa melihat pola serangan musuh, maka Anda dapat dengan mudah mati. Seperti yang kami katakan sebelumnya, Anda dapat dengan mudah mati di dalam game ini. Sebab, serangan musuh begitu mematikan dan ia dapat dengan mudah membunuh Anda dengan dua hingga tiga serangan saja.

NPC akan memberikan deskripsi boss yang akan Anda temui, dalam gambar tentu saja
NPC akan memberikan deskripsi boss yang akan Anda temui, dalam gambar tentu saja

Serangan yang bisa Anda lancarkan pada dasarnya terbagi dua, yaitu serangan menebas dengan pedang dan serangan proyektil. Serangan pedang adalah jarak dekat dan membutuhkan kecekatan Anda untuk melihat gerakan musuh. Sedangkan serangan proyektil adalah serangan jarak jauh. Bedanya, serangan proyektil dibatasi oleh peluru, yang hanya bisa terisi dengan menyerang menggunakan pedang!

Sedangkan untuk kekuatan serangnya, kedua jenis serangan tersebut tidak jauh berbeda. Namun serangan jarak jauh dengan proyektil jauh lebih aman dibandingkan dengan serangan pedang. Selain itu, ada pula musuh yang hanya bisa diserang dengan menggunakan proyektil, misalnya musuh yang terbang. Musuh tersebut tidak tersentuh pedang ketika terbang, dan hanya bisa diserang dari jarak dekat ketika mereka menukik, dan durasinya sangat ringkas!

Peta dunia hanya memberikan perkiraan posisi Anda saja
Peta dunia hanya memberikan perkiraan posisi Anda saja

Kekuatan serangan musuh juga bertingkat jenisnya. Serangan proyektil dari musuh mungkin tidak begitu menyakitkan, misalnya hanya menghilangkan satu blok HP dari total 5 blok HP Anda. Namun, serangan tersebut dilancarkan dengan cepat dan dapat mengikis nyawa Anda. Sementara itu, musuh lain akan tetap menyerang Anda dari dekat! Musuh yang lebih kuat dapat menghilangkan dua blok sekali pukul, bahkan sampai mampu melancarkan serangan instant death alias langsung mati! Serangan dahsyat tersebut juga terjadi dalam kecepatan yang tinggi, tidak seperti game lain yang biasanya membutuhkan waktu cast untuk melancarkan serangan instant death. Biasanya, jeda waktu antara daerah yang ditandai musuh untuk serangan instant death sampai serangan tersebut dilancarkan hanya sekitar sedetik saja!

Bahkan untuk menyembuhkan diri sekalipun Anda harus berhati-hati
Bahkan untuk menyembuhkan diri sekalipun Anda harus berhati-hati

Musuh Pintar

Kerasnya hantaman musuh tidak menjadi satu-satunya tantangan yang akan Anda hadapi. Musuh yang Anda hadapi juga pintar dan mampu melihat kondisi di dalam pertempuran. Bila Anda bertemu dengan lebih dari satu jenis musuh secara bersamaan, maka Anda harus segera mempersiapkan diri untuk kemungkinan mati! Sebab, mereka dapat mendukung rekan mereka untuk melancarkan serangan bertubi-tubi.

Beberapa daerah akan menjebak Anda sampai semua musuh dikalahkan
Beberapa daerah akan menjebak Anda sampai semua musuh dikalahkan

Sebagai contoh, Anda dapat bertemu dengan musuh yang dengan sengaja mendekati Anda untuk melancarkan serangan melee. Sementara, musuh lain yang memiliki kemampun serangan jarak jauh, seperti serangan sihir, akan bertahan di garis belakang. Ketika Anda menyerang musuh dengan melee, serangan jarak jauh akan terus dilancarkan dengan akurat ke posisi Anda. Seringkali musuh juga dapat bertambah banyak dan mengalirkan bala bantuan baru untuk menghabisi Anda!

Anda dapat menemukan daerah rahasia dengan platform yang tembus pandang!
Anda dapat menemukan daerah rahasia dengan platform yang tembus pandang!

Musuh juga dapat dengan cerdik mengantisipasi serangan Anda. Pada saat Anda menyerang dengan serangan jarak jauh, musuh dapat menghindari serangan Anda! Selain menjadi percuma, Anda juga membuang peluru proyektil yang berharga. Musuh yang menyerang dalam jumlah besar juga dapat melancarkan serangan hit-and-run, menyerang kemudian mundur untuk memberikan ruang bagi rekannya untuk menyerang Anda!

Tidak selamanya musuh dapat dikalahkan dengan pedang!
Tidak selamanya musuh dapat dikalahkan dengan pedang!

Musuh yang sulit tersebut menjadi alasan yang kuat untuk selalu berhati-hati ketika bertarung. Setiap pertarungan tidak perlu diselesaikan dengan cepat, bila berakhir dengan luka di HP Anda. Apalagi pada game ini benda untuk mengisi kembali HP, yang kami sebut dengan First Aid, sulit untuk ditemukan. Setelah diambil, First Aid bisa muncul kembali di lokasi yang telah diambil, tetapi waktunya acak.

Beragam jebakan yang langsung membunuh dapat ditemukan di sini
Beragam jebakan yang langsung membunuh dapat ditemukan di sini

Terkadang, membiarkan karakter mati adalah satu cara untuk menjaga jumlah First Aid yang dibawa tetap banyak. Sebab, ketika karakter mati maka Anda akan dilemparkan kembali ke checkpoint. Biasanya titik tersebut ada di awal daerah yang dimasuki. Sadisnya, semua musuh akan dikembalikan ke tempat semula dan Anda harus kembali melawan mereka semua untuk sampai ke posisi Anda mati! Setidaknya, jumlah HP dan First Aid kembali ke posisi ketika Anda sampai ke checkpoint itu.

Koin kuning berguna untuk upgrade dan membuka kunci menuju daerah rahasia
Koin kuning berguna untuk upgrade dan membuka kunci menuju daerah rahasia

Timing Adalah Segalanya

Ketatnya serangan yang dilancarkan oleh musuh di dalam Hyper Light Drifter seringkali tidak memberikan Anda waktu untuk bernafas. Musuh di sini menyerang dengan cepat dan selalu mengarah ke posisi karakter Anda. Untuk itu, menghindar dengan menggunakan Dash adalah hal yang terpenting. Menentukan kapan Anda menghindar dan menyerang juga tidak kalah pentingnya, terutama bila Anda melawan musuh dalam jumlah banyak atau boss.

Hanya dengan menghidupkan node di semua daerah saja Anda bisa menyelesaikan misi Anda
Hanya dengan menghidupkan node di semua daerah saja Anda bisa menyelesaikan misi Anda

Ketika diserang dari berbagai posisi, Dash tentunya akan seringkali digunakan. Namun, Dash ternyata punya satu kekurangan, yaitu Anda tidak dapat langsung menggunakannya berurutan! Setelah Dash dilancarkan, Anda butuh waktu sekitar setengah sampai satu detik untuk dapat menggunakannya lagi! Bila Anda melompat ke posisi yang ditandai oleh musuh sebagai area serangan, maka Anda bisa terkena damage! Untungnya, ketika berada di dalam Dash sendiri, Anda akan kebal dari serangan musuh. Setidaknya bila Anda tidak meng-update game ini dengan patch baru, yang membuat Dash kehilangan kekebalan dari serangan musuh!

Benda penyembuh jumlahnya terbatas!
Benda penyembuh jumlahnya terbatas!

Timing juga dibutuhkan ketika Anda mengisi HP dengan menggunakan First Aid. Ketika Anda menekan tombol untuk menyembuhkan, animasi karakter akan mengambil waktu sekitar sedetik dan pada saat itu, Anda tidak dapat menggerakkan karakter! Itu sebabnya Anda harus yakin bahwa serangan musuh tidak akan menghantam Anda pada saat ingin menyembuhkan diri. Sebab, bisa jadi serangan musuh tersebut akan membuat penyembuhannya sia-sia atau mungkin pula Anda keburu mati sebelum HP tersembuhkan!

Melawan musuh di daerah dengan lantai yang bisa hilang begitu sulit!
Melawan musuh di daerah dengan lantai yang bisa hilang begitu sulit!
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

August 16, 2022 - 0

Review ROLLERDROME: Sepatu Roda Haus Darah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh ROLLEDROME? Mengapa kami menyebutnya…
August 15, 2022 - 0

Review Digimon Survive: Seru Iya, Bosan Juga Iya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Digimon Survive? Mengapa kami menyebutnya…
July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…