Review Ratchet & Clank: Semua yang Anda Inginkan!

Reading time:
April 26, 2016

Cita Rasa Klasik

Ratchet & Clank kembali hadir dengan cita rasa sebuah game action 3D platformer klasik.
Ratchet & Clank kembali hadir dengan cita rasa sebuah game action 3D platformer klasik.

Anda yang sempat tumbuh di era keemasan Playstation 1 dan Playstation 2 mungkin merindukan cita rasa sebuah game action platformer dengan cita rasa kartun yang menawarkan atmosfer lebih ringan, tidak serius, namun menyenangkan di saat yang sama. Seperti yang sempat ditawarkan oleh game-game seperti Banjo and Kazooie, Crash Bandicoot, Jax & Dexter, dan tentu saja Ratchet & Clank itu sendiri. Ada kekhawatiran bahwa mengikuti tren yang tengah terjadi di industri game saat ini, ia dipaksakan berakhir jadi sebuah game serius dengan tema berat. Atau ada usaha untuk melakukan permak besar-besaran yang justru membuat sensasi dan daya tarik di seri lawasnya justru tak muncul. Ketakutan-ketakutan seperti inilah yang muncul ketika mendengar usaha Insomniac untuk membawa kembali Ratchet & Clank ke Playstation 4. Untungnya, tak satupun keraguan yang terbukti.

Pendekatan yang tak jatuh pada usaha untuk membuat segala sesuatunya jadi lebih
Pendekatan yang tak jatuh pada usaha untuk membuat segala sesuatunya jadi lebih “serius” jadi sesuatu yang kami sambut dengan baik. Ini adalah game dengan tema ringan dan menyenangkan.
Ada begitu banyak dunia dengan atmosfer berbeda jadi
Ada begitu banyak dunia dengan atmosfer berbeda jadi “taman bermain” Anda.

Ratchet & Clank menawarkan semua yang Anda cintai dari game action platformer tiga dimensi klasik dan meraciknya dengan kualitas visualisasi yang lebih baik. Sebagian besar game Anda akan berakhir dengan satu misi spesifik dengan sebuah dunia yang didesain cukup terbuka untuk dieksplorasi. Begitu selesai dengan misi utama yang ada dan mungkin misi sampingan yang ada, Anda berkesempatan untuk pindah ke dunia yang lain. Kerennya lagi? Tak ada rasa monoton di sini karena setiap dunia hadir dengan daya tarik yang berbeda-beda. Anda akan bertemu dengan dunia dengan iklim tropis, yang hadir dengan salju berat, atau sekedar kota dengan teknologi tinggi. Atmosfer dibangun begitu luar biasa untuk game yang satu ini.

Sesi Ratchet dipenuhi dengan sisi aksi.
Sesi Ratchet dipenuhi dengan sisi aksi.
Sementara sesi Clank dipenuhi dengan teka-teki logika yang cukup memeras otak Anda.
Sementara sesi Clank dipenuhi dengan teka-teki logika yang cukup memeras otak Anda.

Sisanya? Seperti yang bisa Anda prediksi, membunuh ragam musuh yang Anda temui sembari berusaha untuk bertahan hidup. Walaupun ada ragam variasi musuh yang muncul, dari sekedar tank hingga robot yang punya arsenal senjata lebih lengkap, tak ada yang benar-benar butuh strategi tertentu untuk ditundukkan. Hidup mereka akan berakhir begitu Anda berhasil menyuntikkan jumlah damage yang cukup dengan rangkaian senjata yang ada. Sesi permainan Ratchet akan didominasi dengan sistem seperti ini. Kerennya lagI? Tak hanya Ratchet saja yang akan jadi fokus. Beberapa titik permainan akan meminta Anda berperan sebagai Clank yang walaupun tak punya senjata sekuat Ratchet, punya kemampuan analisa yang jauh lebih baik. Sesi permainan Clank biasanya didominasi dengan rangkaian puzzle logika untuk bergerak ke ujung level.

Variasi senjata dengan efek keren jadi salah satu nilai jual utama.
Variasi senjata dengan efek keren jadi salah satu nilai jual utama.
DANCE! DANCE! DANCE!
DANCE! DANCE! DANCE!

Ratchet sendiri diperkuat dengan banyak senjata keren racikan perusahaan bernama Gadgetron yang sepertinya, berisikan banyak ilmuwan gila di dalamnya. Varian senjata ini bahkan bisa dibilang merupakan salah satu nilai jual utama Ratchet & Clank itu sendiri. Anda bisa menemukan senjata standar seperti sebuah pistol api dan granat dengan area peledak, tetapi juga senjata-senjata super absurd yang bisa membuat monster apapun berdansa untuk beberapa waktu dengan tarian terbaik mereka, mengubah mereka menjadi monster dalam bentuk visual piksel, hingga yang mampu membuat mereka menjadi domba lugu yang sekedar nongkrong di area secara instan. Semakin dalam progress cerita Anda, semakin banyak pula senjata yang bisa Anda beli lewat bolts yang berfungsi sebagai mata uang di game ini. Bolts sendiri bisa didapatkan dengan menghancurkan rangkaian kotak yang Anda temukan ataupun musuh selama di perjalanan.

Anda bisa membeli senjata dengan bolts yang Anda dapatkan di sepanjang permainan.
Anda bisa membeli senjata dengan bolts yang Anda dapatkan di sepanjang permainan.
Sementara mata uang lain bernama Raritanium bisa digunakan untuk upgrade. Level senjata akan naik seiring dengan frekuensi Anda menggunakannya.
Sementara mata uang lain bernama Raritanium bisa digunakan untuk upgrade. Level senjata akan naik seiring dengan frekuensi Anda menggunakannya.

Kerennya lagi? Senjata-senjata ini tak bersifat statis. Semakin sering Anda menggunakannya untuk menghancurkan musuh yang ada, maka semakin banyak pula experience points yang bisa ia dulang. Begitu di titik tertentu angka exp tersebut cukup, senjata-senjata ini akan mengalami kenaikan level dan akan menawarkan elemen serangan yang lebih kuat. Menggunakan mata uang lain yang disebut Raritanium yang berbentuk seperti kristal, Anda punya kesempatan untuk semakin memperkuat mereka lewat fitur upgrade yang ada dan tentu saja, membuatnya jadi jauh lebih efektif dan mematikan. Anda hampir selalu bisa menggunakan semua senjata untuk membunuh varian musuh manapun, jadi tak pernah ada batasan apa yang harus Anda gunakan dan perkuat untuk melewati stage tertentu.

Variasi level Ratchet & Clank juga berhasil membuatnya tak terasa monoton dan selalu menarik.
Variasi level Ratchet & Clank juga berhasil membuatnya tak terasa monoton dan selalu menarik.
Hoverboard racing!
Hoverboard racing!

Acungan dua jempol juga pantas untuk diarahkan untuk desain level yang ada dan caranya untuk memastikan pengalaman Anda tak berakhir monoton dan membosankan. Kita tak hanya membicarakan soal variasi desain saja, tetapi juga mekanisme gameplay berbeda yang disisipkan di beberapa titik permianan untuk menawarkan sesuatu yang berbeda. Di satu titik Anda mengendalikan pesawat dengan kontrol nyaman untuk menghancurkan pesawat raksasa, di satu titik Anda harus memaksimalkan jet pack yang Anda untuk mengitari dunia yang penuh dengan lava, di titik yang lain Anda harus terlibat dalam aksi grind panjang untuk tiba di area selanjutnya, sementara cerita lainnya mendorong Anda untuk terlibat dalam aksi balap dengan hoverboard. Variasi yang muncul seperti ini membuat Ratchet & Clank tak terasa monoton sama sekali dan terus akan menarik perhatian Anda.

Usaha untuk setia dengan sensasi seri originalnya lah yang membuat versi ini begitu luar biasa. Cita rasa klasik dan baru melebur di satu ruang yang sama.
Usaha untuk setia dengan sensasi seri originalnya lah yang membuat versi ini begitu luar biasa. Cita rasa klasik dan baru melebur di satu ruang yang sama.

Cita rasa klasik yang mungkin tak lagi Anda rasakan untuk waktu yang begitu lama inilah yang jadi daya tarik tersendiri untuk Ratchet & Clank versi Playstation 4 ini. Tak ada usaha untuk membuatnya terasa seperti sesuatu yang “berlebihan” dan “berbeda”. Usaha Insomniac untuk menawarkan sesuatu yang terasa familiar, namun di sisi lain dengan peningkatan yang cukup signifikan dari sisi visual dan gameplay jadi sesuatu yang disambut dengan baik. Di mata kami sendiri, ini adalah penebusan yang mumpuni untuk harapan yang sempat muncul untuk seri Knack di awal rilis Playstation 4 namun berakhir dikecewakan.

Ketagihan!

Walaupun cukup singkat, ia akan membuat Anda cukup tertarik untuk kembali menyelesaikan playthrough kedua atau ketiga untuk mengumpulkan apa yang bisa Anda kumpulkan.
Walaupun cukup singkat, ia akan membuat Anda cukup tertarik untuk kembali menyelesaikan playthrough kedua atau ketiga untuk mengumpulkan apa yang bisa Anda kumpulkan.

Ratchet & Clank memang tak punya mode multiplayer sama sekali dengan gameplay yang bisa Anda selesaikan dalam 10-11 jam dengan menonton setiap cut-scene yang ada. Namun anehnya, setidaknya yang terjadi dengan kami, game ini ternyata cukup menarik untuk dimainkan untuk kedua atau ketiga kalinya. Kami bahkan tak sabar untuk menjajal Challenge Mode – sebuah mode ekstra yang bisa disebut sebagai “New Game +” begitu kami sudah menyelesaikan mode pertama ini. Ada sesuatu yang akan mampu menarik Anda kembali dan tak puas dengan sekedar playthrough pertama saja.

Pertama, tentu saja Challenge Mode. Seperti nama yang ia usung, Challenge Mode tentu menawarkan tantangan ekstra yang tak ditawarkan mode sebelumnya, terutama dari tingkat kesulitan yang ada. Kerennya lagi? Anda berkesempatan untuk membawa progress senjata Anda ke tingkat lebih jauh di mode teranyar ini. Setiap senjata kini punya kesempatan naik hingga ke level 10 atau yang paling optimal, setelah terbatas hingga level 5 saja untuk mode normal. Anda juga berkesempatan untuk membeli varian senjata “Omega” untuk setiap senjata yang tak hanya punya harga super mahal, tetapi juga hadir dengan sistem upgrade yang lebih lengkap.

Ada Challenge Mode yang berfungsi sebagai
Ada Challenge Mode yang berfungsi sebagai “New Game +” dengan tingkat kesulitan tinggi dan varian senjata lebih kuat.
Ratchet and Clank jagatplay PART 2 (71)
Tiap senjata bisa naik ke level 10 dengan varian bernama “Omega” yang lebih kuat.

Walaupun ada ekstra tujuan di sana, sayangnya sistem seperti ini membuat mode Challenge juga berakhir tak semenantang yang dibayangkan. Senjata dengan level 10, apapun variannya, cukup untuk memusnahkan hampir semua varian musuh dengan super cepat. Yang perlu Anda pikirkan hanyalah cara untuk bertahan hidup dari serangan musuh yang kini tentu saja punya damage lebih besar.

Challenge Mode juga jadi kesempatan untuk menyempurnakan koleksi kartu yang bisa Anda temukan di sepanjang permainan, yang hampir mustahil dirampungkan di playthrough pertama. Kartu-kartu yang satu set-nya biasanya terdiri dari tiga buah varian ini akan menghasilkan buff permanen tertentu jika berhasil dikumpulkan, dari kesempatan untuk mendulang lebih banyak untuk Raritanium, bolts, atau membuka varian senjata Omega untuk senjata tertentu. Salah satu set kartu yang berisikan 9 buah kartu bahkan bisa membuka sebuah senjata rahasia yang cukup kuat bernama RYNO untuk Anda gunakan.

Anda juga bisa mengumpulkan set kartu tertentu untuk mendapatkan buff permanen, bahkan senjata yang lebih kuat.
Anda juga bisa mengumpulkan set kartu tertentu untuk mendapatkan buff permanen, bahkan senjata yang lebih kuat.
RYNO!
RYNO!

Sisanya? Menyelesaikan dan mendapatkan kembali semua hal yang mungkin Anda lewatkan di playthrough pertama. Salah satunya adalah Gold Bolt yang berjumlah 28 buah di keseluruhan permainan, yang biasanya butuh ekstra usaha untuk dikumpulkan. Gold Bolt yang berhasil Anda kumpulkan ini akan membuka lebih banyak kesempatan modifikasi penampilan karakter yang super keren, membuka lebih banyak item di mode museum, hingga mengaktifkan mode Cheat tertentu di dalamnya.

Kumpulkan 28 bolts emas untuk kustomisasi kosmetik karakter dan game, dan juga cheat code.
Kumpulkan 28 bolts emas untuk kustomisasi kosmetik karakter dan game, dan juga cheat code.
Anda bahkan bisa mengaplikasikan filter untuk keseluruhan permainan.
Anda bahkan bisa mengaplikasikan filter untuk keseluruhan permainan.
T-Rex dengan baju luar angkasa futuristik, bersenjatakan machine gun dan punya pesawat luar angkasa super modern? WHY NOT!
T-Rex dengan baju luar angkasa futuristik, bersenjatakan machine gun dan punya pesawat luar angkasa super modern? WHY NOT!

Satu hal yang membuatnya terasa adiktif adalah fakta bahwa Ratchet & Clank berhasil menawarkan sensasi yang membuat setiap aksi Anda terasa begitu berharga. Melihat ratusan bolt yang bertebaran di layar ketika Anda berhasil membersihkan varian musuh tertentu, melihat senjata Anda terus menggapai lebih banyak level dan serangan yang lebih kuat, hingga ragam kostum yang bisa Anda gunakan membuat Anda ingin terus kembali ke dunia yang diracik Insomniac Games ini. Menjadi sesuatu yang menyenangkan juga melihat segala sesuatunya ditawarkan tanpa embel-embel DLC sama sekali.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…