Review Ratchet & Clank: Semua yang Anda Inginkan!

Reading time:
April 26, 2016
Ratchet and Clank jagatplay PART 1 (1)

Apakah sebuah game platformer tiga dimensi ala Crash Bandicoot atau Jax & Dexter masih jadi sebuah genre yang relevan di industri game saat ini? Dimana hampir sebagian besar game yang meluncur berakhir jadi game action super serius dengan karakter yang lebih melekat ke dunia nyata. “Kesenangan” muncul dari kesempatan untuk menyelamatkan kawasan atau bahkan dunia sendiri dari sebuah konflik mematikan yang dicitrakan begitu gelap dan berbahaya. Untuk pertanyaan pertama yang kita lontarkan tersebut, Insomniac Games tampaknya punya jawabannya. Dengan keberanian untuk menawarkan cita rasa klasik dengan pendekatan yang baru, mereka merilis sebuah seri terbaru Ratchet & Clank untuk platform generasi ini. Menariknya lagi? Walaupun terasa seperti sebuah reboot, ia sebenarnya merupakan sebuah game adaptasi untuk versi film yang akan keluar akhir bulan ini, yang tentu saja bersumber dari versi originalnya yang sempat dirilis di era Playstation 2 dulu.

Anda yang sempat membaca preview kami sebelumnya tentu saja sudah mendapatkan sedikit gambaran soal apa yang ditawarkan oleh game yang satu ini. Ada kekaguman tersendiri berhadapan dengan fakta bahwa Insomniac hampir mengeksekusi setiap elemen yang ada dengan nyaris sempurna. Kami berangkat dengan ekspektasi yang rendah dan berakhir dengan sensasi gaming yang menyenangkan bersama dengan game yang juga mengusung kualitas visual yang cukup memanjakan mata ini. Ia menawarkan apa yang membuat Ratchet & Clank begitu dicintai di masa lalu, meramunya dengan kualitas visualisasi lebih baik, dan tak berusaha mengubahnya menjadi sesuatu yang bukan dirinya hanya untuk ikut arus industri game saat ini yang berusaha membuat segala sesuatunya terasa lebih serius.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan dari Ratchet & Clank ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang menawarakan semua hal yang Anda inginkan dari franchise ini? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Anda tak bisa berharap akan menemukan sebuah cerita kompleks untuk game seperti ini. Bahkan salah satu konten yang seharusnya jadi plot twist sudah diperlihatkan sejak awal permainan.
Anda tak bisa berharap akan menemukan sebuah cerita kompleks untuk game seperti ini. Bahkan salah satu konten yang seharusnya jadi plot twist sudah diperlihatkan sejak awal permainan.

Untuk sebuah game dengan cita rasa seperti ini, Anda tentu tak bisa mengharapkan sebuah garis cerita yang cukup untuk “meledakkan” isi otak Anda karena kompleksitas yang ada. Bahkan, konten cerita yang seharusnya berakhir jadi plot twist untuk Ratchet & Clank justru sudah dibuka sejak awal permainan. Garis cerita bergerak maju lewat narasi Captain Qwark – sang superhero yang seharusnya berperan sebagai orang baik ketika berbagi sel tahanan dengan seorang karkater penjahat bernama Shiv Helix.

Anda akan berperan sebagai Ratchet - seorang Lombax yang bermimpi untuk jadi Galactic Ranger.
Anda akan berperan sebagai Ratchet – seorang Lombax yang bermimpi untuk jadi Galactic Ranger.
Dan tentu saja Clank - si warbot cerdas yang memegang kunci rencana jahat dari Drek.
Dan tentu saja Clank – si warbot cerdas yang memegang kunci rencana jahat dari Drek.

Maka Qwark pun menceritakan awal kisah petualangan Ratchet & Clank sejak awal hingga aksi yang membuatnya ditahan. Tertarik untuk menjadi seorang Galactic Ranger – pasukan khusus yang didesain untuk mempertahankan galaksi dari para super villain yang selalu punya rencana jahat untu menguasai atau bahkan menghancurkannya, benang nasib ternyata mengikat Ratchet pada rangkaian sekuens kejadian yang membuatnya tampil sebagai “bintang”. Ia bahkan bertemu dengan seorang warbot bernama Clank yang berhasil menyelamatkan diri dari markas besar Drek untuk melaporkan rencana jahat mereka untuk menghancurkan Galactic Ranger. Si petualangan besar pun dimulai.

Mampukah Ratchet & Clank  menggagalkan rencana jahat Drek? Siapa yang bertanggung jawab di belakangnya?
Mampukah Ratchet & Clank menggagalkan rencana jahat Drek? Siapa yang bertanggung jawab di belakangnya?

Dari seorang yang bukan siapa-siapa menjadi seorang Galatic Ranger yang siap untuk menyelamatkan galaksi, Ratchet & Clank pun berusaha untuk menghentikan niat jahat pasukan Drek. Drek ternyata sedang mengembangkan sebuah senjata berukuran kolosal bernama Deplanetizer yang mampu menghancurkan planet apapun secara instan.

Mampukah Ratchet & Clank menghentikan rencana jahat ini? Mengapa pula Captain Qwark justru masuk ke dalam sel tahanan di awal cerita? Siapa yang menjadi dalang di balik semua rencana jahat ini? Anda bisa menemukan jawabannya dengan memainkan Ratchet & Clank terbaru ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…