GameFight: Rise of the Tomb Raider VS Uncharted 4

Reading time:
May 20, 2016

Music

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (223)Uncharted 4 jagatplay PART 1 (90)

Sebutkan satu music yang paling Anda ingat ketika selesai memainkan Rise of the The Tomb Raider? Anda dan saya mungkin berakhir garuk-garuk kepala karena memang lagu latar belakang yang Anda temui selama mencicipi petualangan Lara Croft ini bukanlah sesuatu yang bisa dibilang memorable. Uncharted 4 sendiri sebenarnya terlibat dalam situasi yang hampir serupa, namun harus diakui punya setidaknya beberapa ekstra lagu yang cukup melekat di otak Anda. Namun kekuatannya adalah bagaimana music yang ditawarkan ini justru memperkuat atmosfer dari petualangan yang Anda jalani. Menyelami kota tua penuh misteri yang seharusnya memuat banyak harta karun di dalamnya dan justru menemukan kejutan di sana-sini, OST Uncharted 4 memerangkap sensasi misteri ada dengan jauh lebih baik. Ada sensasi petualangan dan usaha mencari jawaban yang lebih kentara di sana.

Rise of the Tomb Raider (1) vs Uncharted 4 (4)

 

World Design

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (105)Uncharted-4-jagatplay-PART-1-215-600x338

Anda tak akan bisa membicarakan sebuah game petualangan penuh kebudayaan dan reruntuhan kuno seperti Rise of the Tomb Raider dan Uncharted 4 tanpa membicarakan desain dunia yang ia tawarkan. Karena pada akhirnya, ada kebutuhan untuk membuat gamer percaya dan tertarik untuk mengeksplorasi reruntuhan kuno yang jadi tema utama mereka. Walaupun bergerak ke banyak tempat dengan varian lingkungan yang berbeda, sensasi dunia yang ditawarkan oleh Rise of the Tomb Raider terasa serupa satu sama lain dan sekedar berbeda dari sisi tekstur atau atmosfer yang berbeda belaka. Sementara di Uncharted 4, variasi ini terasa lebih kuat dan menarik. Anda akan menyelami sebuah hutan lebat dengan kota yang hancur berantakan, pada luas Madagascar dengan ekstra lumpur di sana-sini, kota dengan pasar ramai, hingga masa lalu yang kini sudah dikuasai kembali oleh alam dengan genangan air dan rumput tinggi di sana-sini. Kombinasi tempat yang “dingin” dari Rise of the Tomb Raider sulit untuk menundukkan variasi yang ditawarkan Naughty Dog di Uncharted 4, yang bahkan memuat sesi eksplorasi untuk sekedar melihat seperti apa kehidupan sehari-hari Nathan Drake di masa pensiunnya. Seandainya Anda bisa menjelajahi isi rumah Lara Croft untuk sekedar mencari latar belakang cerita soal ayahnya.

Rise of the Tomb Raider (1) vs Uncharted 4 (5)

 

Epicness

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (171)Uncharted 4 jagatplay PART 1 (164)

Game mana yang berakhir lebih epic? Karena kita tahu, banyak gamer yang sempat membandingkan cita rasa seri Tomb Raider reboot di 2013 lalu dengan apa yang ditawarkan seri lawas Uncharted. Dimana tak hanya harus berhadapan dengan musuh-musuh saja, Anda juga harus melawan kondisi ekstrim dan hancurnya lingkungan yang semuanya seolah didesain untuk mengakhiri hidup Anda secepat mungkin. Lantas, siapa yang berakhir lebih epic? Siapa yang mampu menawarkan lebih banyak situasi yang tak hanya sekedar berakhir dramatis, tetapi juga penuh kejutan di sana-sini? Untuk urusan yang satu ini, Uncharted 4 kembali mendominasi. Bukan berarti Rise of the Tomb Raider buruk, tetapi ia menawarkan porsi sesi aksi yang menurut kami, berakhir kalah epic dengan apa yang ditawarkan Uncharted 4. Salah satu contoh? Ketika Nathan dan Sam bertarung melawan Nadine, ketika Nathan “tak sengaja” merobohkan menara penuh lonceng untuk meraih sebuah clue baru, atau ketika mereka harus  bertarung di tengah badai hujan. Rise of the Tomb Raider memang menawarkan beberapa scene epic, namun fakta bahwa ia berakhir lebih banyak sebagai cut-scene dan bukan sesuatu yang bisa Anda rasakan secara langsung cukup mengecewakan. Bahkan, kami tak ragu menyebut bahwa Uncharted 4 menawarkan salah satu scene game action paling fenomenal yang pernah kami temui ketika Nathan berusaha mengejar Sam yang tengah diburu oleh truk dan sepeda motor bersenjata dengan lumpur dimana-mana.

Rise of the Tomb Raider (1) vs Uncharted 4 (6)

 

And the Winner is: Uncharted 4!

rise of the tomb raideruncharted-4-cover-600x789

Sebuah pertarungan ketat antara dua buah game yang tak hanya berhasil menawarkan sesuatu yang jauh lebih baik daripada rilis seri sebelumnya tetapi juga menetapkan standar untuk sebuah game action yang cukup tinggi. Namun dengan semua keterbatasan yang ada, Uncharted 4 membuktikan kualitas yang membuatnya pantas menyabet gelar pemenang dari sesi GameFight kali ini. Ia mungkin tak terlalu memesona dari sisi gameplay dengan musik yang juga tak seberapa istimewa, namun hampir semua elemen lain yang ditawarkan oleh Naughty Dog berakhir nyaris sempurna. Konklusi cerita yang memuaskan, kualitas visualisasi yang memesona, salah satu scene terbaik di game action yang pernah kami temui, hingga sisi emosi karakter yang terproyeksikan begitu jelas dan kuat membuat kami akhirnya memilih Uncharted 4: A Thief’s End.

Jika Anda termasuk gamer yang pernah memainkan kedua game ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika Anda merasa bahwa penilaian di atas menganut indikator yang dirasakan tidak berimbang. Apalagi jika Anda merasa bahwa Rise of the Tomb Raider tampil jauh lebih sempurna dibandingkan Uncharted 4. Tidak ada yang lebih menarik bagi seorang gamer selain membuka diri dan bertukar sudut pandang ketika menikmati game-game terbaik yang ditawarkan oleh industri game saat ini. Please feel free to discuss!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…