GameFight: Rise of the Tomb Raider VS Uncharted 4

Reading time:
May 20, 2016

 

rottr-vs-uc4

Anda dan kami tahu bahwa ini jadi pertarungan yang tak lagi terhindarkan. Dua buah game yang mungkin menawarkan karakter utama dan cerita yang berbeda, tetapi mengusung mekanik dasar gameplay yang hampir sama. Keduanya bercerita tentang penjelajah yang berusaha mengejar artifak kuno dengan janji sebuah harta karun yang bahkan tak bisa ditemukan oleh penjelajah legendaris sekalipun. Dan tentu saja, keduanya tak akan bisa melakukannya dengan mudah apalagi dengan sosok antagonis yang sepertinya berusaha mengejar hal yang sama. Baik Uncharted dan Rise of the Tomb Raider mengusung sisi aksi, eksplorasi, dan sedikit bumbu puzzle di dalamnya. Menariknya lagi? Kedua bersaing dengan cita rasa yang serupa di tahun yang sama, yang membuat artikel GameFight menjadi pertarungan yang mau tak mau, harus terjadi.

Anda yang sempat membaca review kami sebelumnya, baik untuk Rise of the Tomb Raider maupun Uncharted 4, tentu bahwa kami jatuh hati dengan dua buah game ini. Rise of the Tomb Raider adalah penyempurnaan dari seri pertama yang kini menawarkan sosok Lara Croft yang lebih tangguh dengan konflik misterius yang lebih personal. Hampir semua hal yang disukai gamer dari seri pertamanya diperkuat di seri kedua ini dengan ragam inovasi yang memukau. Sementara Uncharted 4: A Thief’s End juga tak berbeda. Dikembangkan oleh tangan dingin Naughty Dog, ia berakhir jadi sebuah game super solid yang memenuhi hampir semua hype yang sempat tercipta sebelum rilis resminya. Kami tak ragu menyebutnya sebagai salah satu alasan solid untuk mulai memikirkan Playstation 4 sebagai konsol pilihan karena kualitasnya yang pantas dipuji. Keduanya hadir dengan peningkatan yang lebih baik dari rilis seri sebelumnya.

Dengan semua persamaan elemen dan kualitas yang hampir serupa ini, Rise of the Tomb Raider dan Uncharted 4: A Thief’s End pantas untuk masuk ke dalam ring pertarungan untuk artikel GameFight kali ini. Siapakah yang menurut kami berhasil tampil lebih baik? Kami akan membahasnya dari setiap elemen yang ada, termasuk kelemahan, kekurangan, dan siapa yang berhak mendominasi dari setiap kategori tersebut.

Plot

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (75)Uncharted 4 new story trailer (41)

Seperti yang sempat kami bicarakan sebelumnya, Rise of the Tomb Raider dan Uncharted 4 sebenarnya berbagi sebuah konsep yang sama – seorang penjelajah yang berusaha mencari harta karun klasik untuk sebuah harta karun / kekuatan yang menakjubkan. Menariknya lagi? Keduanya juga berusaha mengeksplorasi pendekatan cerita yang lebih personal  dengan menggali masa lalu atau rahasia karakternya yang tak pernah dibicarakan sebelumnya. Lara Croft berusaha mempelajari masa lalu sang ayah dan artifak yang berakhir menjadi obsesinya. Di saat yang sama, ia juga “diburu” oleh sebuah organisasi misterius yang sepertinya mengejar hal yang sama dan berakhir dengan sebuah plot twist. Namun sayangnya di mata kami, ini tetap berakhir jadi sebuah game action dengan alur cerita yang klise. Sementara di sisi lain, lewat seri keempatnya, Uncharted mulai mendewasa. Ini bukan lagi sekedar soal Nathan Drake yang terlibat aksi gila untuk petualangan terakhirnya, tetapi juga soal pengkhianatan, pengorbanan, dan sebuah kesimpulan dari kisah yang terbangun selama ini. Untuk urusan plot, Uncharted 4 jadi jawara.

Rise of the Tomb Raider (0) VS Uncharted 4 (1)

 

Visualisasi

Rise-of-the-Tomb-Raider-jagUncharted 4 jagatplay PART 1 (159)

Baik Rise of the Tomb Raider maupun Uncharted 4 adalah sebuah game yang secara visual, memang tampil memesona. Keduanya dibangun dengan platform generasi saat ini sebagai fokus hingga ada kesempatan untuk menawarkan sebuah game yang lebih indah dari sisi estetika. Tekstur yang lebih baik, lingkungan yang lebih luas, efek cahaya, ledakan, dan kehancuran di sana-sini, serta detail wajah yang kini tampil lebih baik. Pendekatan kamera yang sinematik di beberapa titik juga cukup untuk membuat kita merasa tengah menikmati sebuah film ber-budget tinggi di layar lebar. Namun jika harus mencari siapa yang terbaik, maka Uncharted 4 juga harus diakui memenangi kategori yang satu ini. Implementasi physics, detail kualitas tata cahaya, hingga kemampuannya untuk menangkap emosi tiap karakter lewat detail ekspresi wajah yang memesona membuatnya terasa lebih mengagumkan daripada Rise of the Tomb Raider itu sendiri. Tak hanya itu saja, efek lumpur atau sekedar rambut yang basah juga membuat Uncharted 4 terlihat mengagumkan.

Rise of the Tomb Raider (0) VS Uncharted 4 (2)

 

Gameplay

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (225)Uncharted 4 jagatplay PART 1 (266)

Gameplay mungkin satu-satunya yang tak terlalu naik signifikan dari Uncharted 4 dan jauh lebih menarik di Rise of the Tomb Raider. Naughty Dog memang berusaha menawarkan sesuatu yang lebih inovatif lewat konsep dunia yang linear tetapi lebih luas dan sistem grappling hook untuk ekstra aksi di dalamnya. Namun pada akhirnya, walaupun dengan handling senjata yang lebih baik sekalipun, ia tak terasa punya banyak peningkatan dibandingkan seri-seri sebelumnya. Hal inin terasa berbeda dengan Rise of theTomb Raider yang kini mengeksplorasi lebih jauh sensasi game open-world yang ada. Dunia luas yang bisa Anda kunjungi kapanpun Anda inginkan, weapon handling yang terasa lebih realistik apalagi dengan panah yang jadi andalan, hingga kebutuhan untuk mencari resource secara konsisten untuk memperkuat diri adalah kombinasi yang berakhir jauh lebih kompleks dan menarik. Uncharted 4 memang punya puzzle yang lebih solid, tetapi bukan berarti Rise of the Tomb Raider tak menguji otak Anda di beberapa titik permainan.

Rise of the Tomb Raider (1) VS Uncharted 4 (2)

 

Character Design

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (77)Uncharted 4 jagatplay PART 1 (50)

Desain karakter tak pernah hanya soal seperti apa tampilannya di luar, pakaian, aksesoris, atau senjata seperti apa yang digunakan. Karena pada akhirnya, berbeda dengan game-game yang mengeksplorasi sisi mitologi atau fantasi dengan makhluk raksasa di dalamnya, baik Rise of the Tomb Raider maupun Uncharted 4 tetaplah berfokus pada sosok “manusia biasa” dengan petualangan yang luar biasa. Kategori ini justru bersinar dari seberapa baik mereka memproyeksikan karakter yang mereka tawarkan dalam kapasitas mereka sebagai manusia biasa. Untuk urusan yang satu ini, Naughty Dog adalah rajanya. Ia meramu sebuah cerita dimana karakter berjalan dan bereaksi sebagaimana manusia yang selama ini Anda tahu. Elena sedih ketika Nathan berbohong padanya dan Anda bisa melihat semua hal itu jelas lewat ekspresi yang ada, atau Sully yang semakin tua dan terlihat semakin bijaksana, hingga Nadine yang seolah bisa Anda kenali kekuatannya dari sekedar proporsi tubuh dan stance-nya ketika bertarung. Rise of the Tomb Raider sendiri terlalu berfokus pada sosok Lara Croft hingga tak ada celah bagi karakter lain untuk bersinar. Berita buruknya untuk Lara Croft? Sebagian besar ekspresinya, setidaknya 85% darinya, berisikan erangan dan teriakan rasa sakit.

Rise of the Tomb Raider (1) VS Uncharted 4 (3)

 

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…