10 Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Game RPG!

Reading time:
July 25, 2016
feat-image-toplist

RPG memang bukanlah sebuah genre yang bisa “dinikmati” oleh semua gamer, itu yang pasti. Kesempatan untuk bermain peran sebagai karakter yang memang sudah ditentukan sejak awal atau sebuah karakter baru yang Anda racik sendiri dalam sebuah cerita kompleks dan butuh waktu lama untuk diselesaikan memang akan berakhir membuat beberapa gamer menyerah di tengah jalan. Namun untuk mereka yang sudah jatuh hati dengan genre yang satu ini, setiap seri baru yang meluncur di pasaran jadi proyek yang selalu diantisipasi, apalagi muncul dari sebuah franchise raksasa. Menariknya lagi? Selain cerita, mekanik, dan cerita cukup “berat” yang hampir menjadi identitas genre ini terlepas dari developer yang bekerja di belakangnya, RPG selalu punya nilai-nilai memorable yang pantas untuk diserap.

RPG memang genre yang unik. Bahkan pendekatan developer Barat dan Jepang untuk genre ini saja sudah menghasilkan dua produk yang punya ciri khasnya masing-masing. RPG Barat biasanya identik dengan kisah perjalanan karakter yang Anda racik sendiri, dengan satu garis cerita yang memungkinkan Anda untuk memilih satu opsi dan berhadapan dengan konsekuensi yang ada. Sementara RPG Jepang berjalan linear dengan gameplay yang khas, tetapi punya kekuatan cerita emosional yang terkadang berakhir mengejutkan. Walaupun demikian, keduanya berbagi “kedalaman” yang sama, dimana ia terkadang berakhir menawarkan nilai-nilai dan pelajaran hidup yang sebenarnya secara tak langsung, bisa Anda aplikasikan dalam hidup untuk pemahaman yang lebih baik.

Dari semua game RPG yang pernah dirilis di pasaran, pelajaran hidup apa saja yang bisa Anda petik darinya? Berikut adalah list versi JagatPlay:

  1. Sedia Payung Sebelum Hujan

inven list

 

 

Salah satu kunci untuk “memenangkan” sebuah game JRPG adalah untuk memahami bahwa tidak ada hal yang lebih penting selain mempersiapkan diri sebaik mungkin. Anda tentu sudah tahu soal peribahasa “Sedia Payung Sebelum Hujan”, salah satu nilai yang paling relevan untuk diasosiasikan dengan genre yang satu ini. Mengapa? Karena Anda tak pernah tahu soal ancaman dan hal buruk seperti apa yang akan Anda hadapi di perjalanan. Untuk mengantisipasi hal terburuk, Anda mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk mengatasi setiap skenario yang bisa saja muncul. Sebagai hasilnya, sudah menjadi pemandangan umum bahwa gamer RPG akan punya stock item segudang untuk mempersiapkan diri. Anda akan mulai menyimpan Potion, Ether, segala jenis penyembuh untuk semua status effect yang muncul, mempersiapkan item revive, atau membangun karakter support yang dibutuhkan dengan varian skill yang ada. Lantas, mengapa tidak melakukan hal yang sama di dunia nyata?

  1. Teman Selalu Bisa Diandalkan

persona 4

Anda mungkin boleh punya kekuatan dan kemampuan yang luar biasa sebagai seorang individu, namun pada akhirnya ancaman akan lebih mudah untuk diselesaikan jika Anda memang punya teman yang bisa diandalkan. Pernahkah Anda terbayang jika harus menyelesaikan sebuah game RPG, Jepang ataupun Barat, tanpa seorang companion? Bahwa semua musuh yang hadir dalam kuantitas yang banyak atau boss-boss dengan ragam skill mematikan tersebut harus Anda lawan seorang diri? Pada akhirnya, Anda akan selalu bisa mengandalkan teman Anda untuk membuat proses yang panjang dan melelahkan ini menjadi lebih mudah. Menariknya? Anda tak pernah bertemu dengan karakter RPG yang punya prioritas pertemanan yang lebih berfokus pada jumlah daripada kualitas. Setiap karakter utama RPG mungkin hanya akan punya maksimal 6-8 orang teman baik yang siap untuk terjun ke neraka bersama untuk sebuah tujuan dan kepentingan yang baik. Daripada hanya mengandalkan seorang diri untuk berhadapan dengan beban dunia yang menuntut, lebih rasional untuk membaginya bersama dengan mereka yang peduli.

  1. Tak Ada Musuh yang Mustahil

nameless king

Sama seperti halnya sebuah game RPG, hidup memang bukan hal yang mudah. Perjalanan menuju akhir yang tak pernah akan Anda tahu ini memang butuh dedikasi tersendiri untuk dijalani. Satu yang pasti, Anda akan bertemu dengan banyak tantangan yang berat di dalamnya yang levelnya hampir sama dengan pertarungan boss di dalam game RPG. Salah satu yang menarik dari game RPG seperti ini adalah, sesulit apapun boss yang Anda lawan, baik dari cerita utama ataupun boss rahasia, tidak ada yang didesain mustahil untuk diselesaikan. Anda mungkin akan melewati proses kegagalan berkali-kali, namun Anda selalu menyerap sedikit pengetahuan soal pattern serangan atau mungkin kelemahan darinya, yang berujung pada sesi pertarungan selanjutnya yang berjalan sedikit lebih mudah. Intinya? Terkadang semuanya berakhir pada dua kata untuk dijalani, “Git Gud”.

  1. Strategi Memecahkan Masalah

Star Ocean Integrity and Faithlessness jagatplay (191)

 

Bercermin dari kasus di nomor delapan, gamer RPG biasanya akan punya satu kebiasaan yang positif ketika berhadapan dengan tantangan sulit di game yang mereka mainkan – analisa. Ketika tantangan mulai terasa seperti sesuatu yang mustahil, kita biasanya mulai memecahkan tantangan tersebut ke dalam pecahan-pecahan lebih kecil yang masing-masing akan punya solusi dan strateginya sendiri untuk dilawan atau diselesaikan. Musuh A melakukan animasi A? Ini adalah saat yang tepat untuk melakukan gerakan roll dan menyerangnya dari belakang. Musuh B adalah tipe monster dengan serangan magic yang super kuat? Saatnya menggunakan magic Reflect ke semua anggota party. Musuh C selalu membunuh karakter dengan HP terendah di party Anda? Saatnya membuat agro berfokus di karakter dengan HP tertinggi. Sebuah masalah besar biasanya terdiri dari kumpulan beberapa masalah kecil yang masing-masing butuh penanganan khusus. Begitu elemen-elemen kecil ini ditangani, pelan tapi pasti, masalah utama pun akan menghilang.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…