PlayTest: Gaming Dengan MSI GTX 1070 GAMING X 8G!

Author
David Novan
Reading time:
July 15, 2016
Playtest MSI GTX 1070 GAMING X 8G (1)

Untuk kelas graphics card tunggal, saat ini masih belum ada yang mampu menandingi kemampuan GTX 1080, terutama bila digunakan untuk bermain game. Sayangnya, kemampuan raksasa tersebut diikuti dengan harga yang besar pula. Bisa jadi alasan harga itulah yang membuat gamer, apalagi yang memiliki dana di bawah 10 jutaan, tidak mampu memiliki kartu grafis tersebut meskipun hati ingin. Demi menjawab masalah tersebut, NVIDIA hadir pula dengan varian GTX 1070; kartu grafis dengan kemampuan di bawah GTX 1080 dan memiliki harga di bawahnya pula.

Untuk mengayomi kelas pengguna tersebut, MSI GTX 1070 GAMING X 8G hadir dengan harga yang cukup mengundang selera. Bermodalkan sekitar 8 jutaan, gamer sudah dapat memiliki graphics card khusus gaming ini. Bila dilihat dari kemampuannya, secara kasar bisa dikatakan kartu grafis ini menyamai Titan X dan GTX 980 Ti! Apalagi MSI GTX 1070 GAMING X 8G memiliki ukuran VRAM besar, yaitu 8GB! Untuk sesi bermain kami kali ini, kami menemani kartu grafis ini dengan sistem PC gaming yang seimbang pula, yaitu:

  • Motherboard: Gigabyte X99 SOC Force
  • Prosesor: Intel Core i7 5960X @3.00 GHz
  • RAM: Kingston HyperX 16 GB DDR4
  • Graphics Card: MSI GTX 1070 GAMING X 8G (8192MB) GDDR5
  • SSD: Kingston HyperX Fury 240 GB

Tujuan Playtest kali ini tentu saja sama seperti artikel serupa sebelumnya, yaitu untuk melihat kemampuan graphics card ini, yaitu MSI GTX 1070 GAMING X 8G, dalam memainkan game terbaru. Seperti yang tentu Anda ketahui pula, game AAA terbaru meminta resource grafis yang luar biasa, terutama bila dibandingkan dengan penggunaan aplikasi selain gaming. Melalui artikel ini, kami akan memperlihatkan pada Anda setting seperti apa yang bisa digunakan ketika bermain game di komponen ini, dan permainannya harus mendekati kondisi ideal yaitu sekitar 60 fps.

Game yang kami gunakan pada sesi Playtest kali ini masih tidak berubah bila dibandingkan dengan artikel sebelumnya. Menurut kami, game tersebut masih mewakili keinginan gamer saat ini ketika ingin membangun PC gaming baru. Sedangkan untuk gamenya sendiri adalah Tom Clancy’s The Division, HITMAN, Rise of The Tomb Raider, Warhammer Total War, dan Grand Theft Auto V. Keberadaan Total War: Warhammer menjadi tantangan terberat baru untuk dimainkan, terutama berkat kemampuannya untuk menghasilkan peperangan masif dengan beragam efek visual yang berat.

The Division

Kenyamanan bermain pada The Division sebenarnya bergantung pada dua hal, yaitu kartu grafis yang kuat dan internet yang kuat pula. Bila kartu grafisnya tidak mampu, maka visualnya menjadi tidak menarik. Sedangkan internet menentukan apakah Anda bisa memainkan game ini. Namun, ukuran frame ratenya tentu saja sangat bergantung pada kemampuan komponen grafisnya. Kemudian untuk dapat memainkan game ini, setidaknya PC gaming harus memiliki komponen minimum seperti ini:

  • Prosesor: Intel Core i5-2400 / AMD FX-6100
  • Memory: 6 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GTX 560 2GB / AMD HD 7770 2GB
  • Storage: 40 GB

Hanya dengan melihat perkiraan kemampuan MSI GTX 1070 GAMING X 8G saja, kami sudah dapat menentukan setting seperti apa yang akan digunakan ketika memainkan The Division. Bermodalkan resolusi 1920×1080, kami menggunakan setting Ultra dengan Shadow Quality di posisi NVIDIA HFTS. Berkat penggunaan opsi HFTS tersebut, tampilan yang dihasilkan game ini akan lebih tajam, terutama untuk bayangan yang terefleksi di permukaan jalanan atau tembok. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai setting yang kami gunakan, Anda dapat melihatnya pada screenshot berikut ini:

 

Playtest MSI GTX 1070 GAMING X 8G (3) Playtest MSI GTX 1070 GAMING X 8G (4) Playtest MSI GTX 1070 GAMING X 8G (5) Playtest MSI GTX 1070 GAMING X 8G (6)

Seperti perkiraan awal kami, game ini dapat berjalan dengan baik di setting Ultra tersebut. Ketika bermain, kami menemukan angka frame ratenya berada di kisaran 55 hingga 80 fps. Bahkan ketika bertempur sekalipun kami masih dapat menemukan angka yang tinggi, yaitu sekitar 70 fps. Nilai terendah biasanya terjadi pada saat malam, hujan salju, atau di daerah luas dengan efek cahaya seperti ketika sore hari.

 

Playtest MSI GTX 1070 GAMING X 8G (6) Playtest MSI GTX 1070 GAMING X 8G (7)

Apa artinya untuk pengalaman bermain yang kami temui? Berkat tingginya nilai tersebut, permainan menjadi sangat menyenangkan, dalam arti tidak ada masalah grafis patah-patah ketika kamera digerakkan dengan cepat. Kami juga jadi lebih mudah melawan musuh, karena membidik menjadi lebih luwes dan responsif. Ditambah dengan tingginya kualitas grafis ketika bermain, maka kami dapat tersenyum puas ketika memainkannya.

 

Playtest MSI GTX 1070 GAMING X 8G (8) Playtest MSI GTX 1070 GAMING X 8G (9)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 26, 2022 - 0

Review Uncharted – Legacy of Thieves Collection: Ekstra Tenaga Berburu Harta!

Sebuah seri yang membantu Playstation 3 menemukan posisi yang lebih…
January 26, 2022 - 0

Review WD_BLACK SN850: Upgrade Playstation 5 Jadi 2TB!

Ketika pertama kali dirilis, PlayStation 5 sudah menawarkan storage internal…
January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…