Kojima: Game Episodik Adalah Masa Depan

Reading time:
July 15, 2016
kojima-sony5-600x338-600x338

Apakah game episodik jadi sebuah tren yang baik atau buruk di industri game? Keputusan tersebut tentu akan bergantung pada genre apa yang ia usung atau preferensi pribadi Anda sendiri. Bagi kami sendiri, beberapa genre seperti game interactive story racikan Telltale atau Dontnod, misalnya, memanen keuntungan tersendiri. Namun ada juga proyek episodik yang memicu tanda tanya, seperti seri terbaru Hitman yang baru dirilis IO Interactive di awal tahun 2016 ini. Namun di mata Hideo Kojima – otak dari Metal Gear Solid yang tengah mempersiapkan proyek baru bernama Death Stranding, game episodik seperti ini adalah masa depan.

Hal inilah yang diungkapkan Hideo Kojima dalam wawancara terbarunya dengan situs gaming – GameSpot. Kojima secara terbuka menyebut bahwa ia melihat game dalam format episodik seperti ini adalah masa depan industri game dan ia sendiri cukup tertarik. Walaupun tak lantas akan ia terapkan di Death Stranding, Kojima melihat ada fenomena yang jelas bahwa penikmat konten multimedia, terutama dari film, memang tak lagi senang dengan konten yang butuh waktu panjang untuk dinikmati. Ia mengacu pada beberapa acara televisi di Jepang yang kini bahkan hanya punya durasi tayang 15 menit saja.

Dengan tren saat ini, Kojima melihat bahwa game episodik akan menjadi masa depan industri game. Ia juga tertarik menjajalnya.
Dengan tren saat ini, Kojima melihat bahwa game episodik akan menjadi masa depan industri game. Ia juga tertarik menjajalnya.

Selain itu, ia juga melihat bahwa game episodik seperti ini akan memungkinkan developer untuk mengembangkan game jauh lebih cepat dalam waktu yang terbatas, merilisnya ke pasaran,  menerima feedback dari gamer secara langsung, dan bebas bekreasi dengannya. Dengan tren seperti ini, ia merasa bahwa memang ke arah inilah industri hiburan akan menuju. Game-game yang butuh durasi lama untuk diselesaikan akan mulai ditinggalkan dan episodik menjadi jawara baru.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah Anda setuju dengan prediksi Kojima yang satu ini?

Source: GameSpot

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…