10 Trailer Game Paling Menipu Sepanjang Masa!

Reading time:
August 22, 2016
  1. Eve Online

Berbeda dengan game-game di atas, “penipuan” yang dilakukan CCP Games soal game MMO luar angkasanya yang luar biasa – Eve Online memang bisa dihitung sebagai kasus yang berbeda. Mereka tidak berbohong soal kualitas visual atau mengklaim sebuah gameplay yang tidak pernah mereka janjikan sama sekali. Namun unsur penipuan tersebut bisa muncul ketika Anda menonton trailer mereka yang luar biasa – This is Eve. Di kacamata seorang gamer, trailer “This is Eve” adalah sebuah kesempurnaan. Sebuah trailer yang dibangun dari interaksi gamer di dalam game, lengkap dengan visualisasi yang cukup untuk membuat Anda berteriak kegirangan. Namun sayangnya, gameplay yang Anda temukan tak akan seperti ini jika Anda mencicipinya secara langsung. Eve Online adalah salah satu MMORPG terkompleks yang pernah ada, dimana sistem ekonomi, faksi, hingga sistem politik yang muncul tak berbeda dengan apa yang Anda temukan di dunia nyata. Anda memang bisa menemukan gameplay seperti di trailer ini, namun akan sangat sangat jarang terjadi. Sisa permainan Anda akan berakhir menjadi sebuah perjalanan penuh tugas rutin yang membosankan, yang bahkan tak ragu untuk memaksa Anda untuk membuat data sheet Anda sendiri.

  1. Aliens: Colonial Marines

“What the..”, adalah reaksi pertama yang muncul dari kami ketika mencicipi Aliens: Colonial Marines di Xbox 360 beberapa tahun yang lalu. Gearbox Software seharusnya merepresentasikan sebuah kualitas, setidaknya dari apa yang sudah mereka tawarkan via Borderlands, membuat antisipasi soal game ini semakin tinggi. Di tahun 2011, mereka bahkan merilis sebuah trailer gameplay berdurasi 9 menit yang memuat semua hal yang kita inginkan. Visual ciamik, atmosfer yang menyeramkan, sisi aksi yang kental, semua hal yang Anda ingikan dari sebuah game Aliens. Namun hasil akhirnya? Cukup untuk membuat Anda mengumpat Gearbox Software, apalagi jika Anda membayar harga penuh untuk game yang satu ini. Seberapa buruk? Cukup untuk membuatnya terlihat seperti sebuah game tak selesai yang dipaksa untuk dirilis ke pasaran tanpa alasan jelas. Semua hal yang bertolak belakang dari demo gameplay itu muncul, dari visualisasi buruk hingga AI musuh yang terasa seperti lelucon.

  1. Project Natal / Milo

Peter Molyneaux, sebuah nama yang berubah dari pahlawan menjadi penipu setelah beberapa kasus dan kontroversi yang terjadi selama beberapa tahun terakhir ini. Molyneaux memang seringkali menjanjikan sebuah konsep yang fantastis di atas kertas, namun berakhir tak bisa mereka penuhi di versi final. Kebohongan terbesarnya? Tentu saja demo sebuah game Kinect yang ia perlihatkan di ajang E3 2009 lalu – Project Natal aka Milo. Ketika pertama kali diperkenalkan, Project Natal adalah masa depan industri game yang belum pernah ada di industri game sebelumnya, sesuatu yang bahkan terasa seperti muncul dari film sci-fi. Project Milo sendiri mengklaim bahwa Anda akan bisa berinteraksi dengan seorang karakter digital bernama Milo seperti Anda berinteraksi dengan manusia biasa. Ia bisa menjawab apapun pertanyaan Anda, meresponnya dengan halus, berinteraksi untuk aktivitas tertentu, hingga mengenali gambar yang Anda gambar di dunia nyata. Satu game yang tak pernah memperlihatkan batang hidungnya dan pantas diberi label “omong kosong”.

  1. No Man’s Sky

18 quintillion planet, jumlah yang bahkan tak akan bisa Anda eksplorasi satu per satu hingga akhir hayat Anda, walaupun Anda berhasil menemukan satu planet baru setiap detiknya. Bukan hanya itu saja, namun tiap planet ini akan memuat eksosistem uniknya sendiri, cuaca yang berbeda, hingga ragam resource unik yang bisa Anda tambang. Mendengar konsep ambisius yang belum pernah ada di industri game seperti ini, gamer mana yang tak akan merasa tertarik dan jatuh hati dengan No Man’s Sky? Apalagi di trailer pengenalan awal, Hello Games juga menjanjikan konsep multiplayer dengan bentuk binatang yang cukup untuk mengundang decak kagum Anda. Lantas, apa yang terjadi di versi finalnya? Tak ada satupun hal ini yang berakhir muncul. Gameplay repetitif dengan sensasi eksplorasi yang tak terasa seru, planet yang serupa satu sama lain, sisi aksi yang tak terasa seseru trailer awal, hingga konten multiplayer yang “hilang” membuat trailer awal dan semua informasi yang muncul selama satu tahun terakhir ini jadi sekedar klaim tanpa bukti. What happen, Murray??!

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…
March 19, 2024 - 0

Review Unicorn Overlord: Kuda, Tahta, Wanita!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Unicorn Overlord ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…