Lost Soul Aside – Game Indie Keren Racikan 1 Orang!

Reading time:
August 1, 2016

Mengembangkan sebuah game tentu bukan perkara mudah. Memikirkan konsep, menentukan pendekatan visual, mekanik gameplay, hingga sekedar mendesain user-interface yang bersahabat membutuhkan sebuah proses pemikiran yang panjang dan kompleks. Semakin besar jumlah anggota tim di dalam sebuah developer, biasanya berasosiasi kuat dengan kualitas akhir yang kita dapatkan. Namun bukan berarti game yang dikembangkan satu orang saja, tak bisa tampil memukau. Sebagai contoh? Anda masih ingat dengan game strategy – Banished yang bisa dibilang cukup mengagumkan? Hal yang sama juga ternyata dilakukan oleh salah satu developer asal Korea Selatan bernama – YangBing.

Seorang diri dan terinspirasi dengan apa yang ia lihat dari Final Fantasy XV, YangBing  menciptakan sebuah game action dengan visualisasi yang memesona berbasis Unreal Engine 4 – Lost Soul Aside. Dengan karakter mirip seri Final Fantasy yang familiar dan cita rasa gameplay actio yang dekat dengan Ninja Gaiden, Lost Soul Aside menjadi bahan perbincangan hangat. Tak hanya sekedar konsep, game yang sudah ia kembangkan selama dua tahun tahun terakhir ini bahkan sudah memperlihatkan trailer gameplay perdananya. Hasilnya? Ia sama sekali tak terlihat seperti sebuah game yang dikembangkan oleh hanya satu orang saja.

Lantas, bagaimana proses mengembangkannya? Lewat serangkaian tweet yang ia lemparkan, YangBing berbagi lebih banyak informasi soal game racikannya ini. Tak ingin dibandingkan dengan Final Fantasy XV yang tak ragu ia akui jauh lebih baik, ia ingin mengingatkan gamer yang tertarik pada proyeknya bahwa Lost Soul Aside tetaplah sebuah game indie. Sementara ini, ia tidak ingin menjajal opsi pendanaan ala Kickstarter sebelum ia yakin bisa menyelesaikannya. Game ini sudah ia kembangkan selama dua tahun dan masih berada di level prototype. Ia menggunakan banyak aset dari marketplace Unreal Engine 4, sehingga memungkinkan ia untuk mengembangkan game ini sendirian.

Dikembangkan oleh 1 orang indie developer asal Korsel - YangBing, game action dengan atmosfer FF yang kentara - Lost Soul Aside terlihat memukau.
Dikembangkan oleh 1 orang indie developer asal Korsel – YangBing, game action dengan atmosfer FF yang kentara – Lost Soul Aside terlihat memukau.

Satu yang menarik, YangBing juga mengaku sebagai seorang fans Final Fantasy yang sudah menunggu game tersebut sejak era Final Fantasy XIII Versus. Ia ingin gamer berhenti mengejek Final Fantasy XV dan menegaskan bahwa ada kemungkinan gameplay Lost Soul Aside itu sendiri tak akan sebagus dan semenarik yang diperlihatkan di trailer. Untuk saat ini, ia belum bisa berjanji apapun selain berjuang untuk menyelesaikannya. Tak ada lagi yang bisa ia berikan selain ucapan terima kasih untuk perhatian yang ia dapatkan selama beberapa hari terakhir.

Apakah kita akan melihat Lost Soul Aside ini di masa depan? Ataukah ia akan berakhir jadi proyek “cantik” yang tak akan pernah memperlihatkan batang hidungnya sama sekali? Kita tunggu saja. That looks awesome..

Source: DualShocker

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…