Review I Am Setsuna: Kesederhanaan yang Menjanjikan!

Reading time:
August 3, 2016
I Am Setsuna Jagatplay PART 1 (5)

Antisipasi yang tinggi, kalimat yang satu ini memang pantas menggambarkan reaksi sebagian besar gamer penggemar JRPG ketika Square Enix mengumumkan eksistensi studio developer baru mereka – Tokyo RPG Factory. Berbeda dengan proyek mereka sebelumnya yang berusaha mendefinisikan diri sebagai sebuah seri game modern di tengah persaingan platform generasi saat ini yang semakin populer, Tokyo RPG Factory mengemban sebuah tugas “suci” untuk menawarkan apa yang selama ini diminta oleh gamer pencinta JRPG klasik. Sesuatu yang mungkin tak terasa relevan lagi di tengah perkembangan industri game yang begitu pesat, namun tetap punya daya tarik nostalgia untuk dijual. Jawaban dari tantangan ini akhirnya meluncur lewat I Am Setsuna.

Anda yang sudah sempat membaca preview kami sebelumnya soal game ini tampaknya sudah punya sedikit gambaran apa yang ditawarkan oleh I Am Setsuna ini. Setidaknya, misi yang diemban oleh Tokyo RPG Factory seolah terealisasi sejak pertama Anda mencicipinya. Ia mampu menawarkan sensasi sebuah game RPG yang klasik, namun juga modern di sisi yang sama. Budget pengembangan yang kecil memang cukup terasa dari pendekatan visual yang tak seberapa istimewa, namun untungnya, diperkuat oleh banyak elemen lain yang akan membuat pecinta JRPG jatuh hati. Musik, gameplay klasik, hingga cerita “berat” yang sama sekali tak diprediksi sebelumnya jadi nilai jual yang sulit untuk diabaikan. Impresi pertama yang ia tawarkan memang terhitung sangat positif.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh I am Setsuna ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang mampu menghadirkan kesederhanaan yang menjanjikan? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Lupakan sementara bentuk karakter chibi yang ia usung, karena I Am Setsuna mengusung esensi cerita yang cukup
Lupakan sementara bentuk karakter chibi yang ia usung, karena I Am Setsuna mengusung esensi cerita yang cukup “berat”.

Cerita mungkin menjadi elemen terkuat dan paling mengejutkan dari I Am Setsuna. Dengan kualitas visualisasi yang ia tawarkan, terutama dari desain karakter chibi yang ada, Anda mungkin akan merasa bahwa Anda akan berhadapan dengan sebuah game JRPG yang “ringan”. Namun berita baiknya, Tokyo RPG Factory tak ragu untuk memutarbalikkan emosi Anda di game yang satu ini. Di luar tampilannya yang begitu manis, I Am Setsuna memuat cerita yang tak main-main.

Selamat datang di dunia Setsuna, dimana ketika anak perempuan seusianya berpikir soal cinta dan hidup, ia harus bercengkerama dengan kematian untuk menyelamatkan semua orang.
Selamat datang di dunia Setsuna, dimana ketika anak perempuan seusianya berpikir soal cinta dan hidup, ia harus bercengkerama dengan kematian untuk menyelamatkan semua orang.
Namun tak semua orang menginginkan hal yang sama. Endir - seorang pembunuh bayaran ditugaskan untuk menghabisi Setsuna sebelum ia tiba di The Lost Lands.
Namun tak semua orang menginginkan hal yang sama. Endir – seorang pembunuh bayaran ditugaskan untuk menghabisi Setsuna sebelum ia tiba di The Lost Lands.

Seperti namanya, ini adalah kisah seorang wanita bernama Setsuna. Namun tak seperti anak perempuan lainnya yang menikmati masa remaja, dewasa, jatuh cinta, dan menghela nafas terakhir di atas ranjang tuanya, Setsuna terpilih untuk mengemban sebuah tanggung jawab yang sangat besar. Di dunia yang dipenuhi dengan kekacauan dan kerusakan yang disebabkan oleh monster yang tak terkendali ini, Setsuna terpilih sebagai seorang kurban. Benar sekali, ia harus menyerahkan nyawanya sendiri untuk memastikan kondisi yang lebih baik untuk semua orang. Sebuah nasib yang mau tak mau, harus ia terima.

Di tengah usahanya untuk memantapkan hati, Setsuna tiba-tiba diserang oleh seorang pembunuh bayaran tanpa hati bernama Endir. Untungnya, para pelindung Setsuna berhasil menyelamatkannya di saat yang paling genting. Hukuman mati seolah menanti, namun Setsuna justru meminta Endir untuk menemani ziarah dan misi suci yang ia jalani, memastikan dirinya hidup dan berkorban di The Lost Lands. Perjalanan yang tak mudah tersebut pun dimulai, apalagi dengan pihak-pihak yang secara misterius, seolah tak ingin Setsuna bisa menyentuh tempat suci tersebut.

Namun pengampunan yang ia terima justru membuat Endir berakhir jadi pengawal misi suci Setsuna. Di perjalanan, ia mulai mendapatkan lebih banyak companion.
Namun pengampunan yang ia terima justru membuat Endir berakhir jadi pengawal misi suci Setsuna. Di perjalanan, ia mulai mendapatkan lebih banyak companion.
Lantas, apa yang menunggu Setsuna di Lost Lands? Siapa pula yang berusaha mencegah perjalanannya?
Lantas, apa yang menunggu Setsuna di Lost Lands? Siapa pula yang berusaha mencegah perjalanannya?

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi dengan dunia yang ditempati Setsuna ini? Berhasilkan ia menyelamatkan dunia dengan nyawanya? Ancaman seperti apa yang akan muncul? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut bisa Anda dapatkan dengan memainkan I am Setsuna tersebut.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…