Dibajak, Dev. Game PS Vita Ini Justru Bahagia!

Reading time:
September 25, 2016

 

ps 4 ps vita

Pembajakan memang masalah “klasik” di beragam media hiburan yang ada, tak hanya video game. Apakah ia punya kontribusi positif tertentu di luar efek negatif di sisi penjualan? Itu yang selalu jadi pertanyaan utama tanpa ada jawaban pasti karena kurangnya  data yang muncul. Sejauh ini, pembajakan memang jelas menyakiti game-game dari developer raksasa. Tak heran jika mereka mulai membubuhkan sistem anti-bajakan yang mumpuni untuk mencegahnya. Namun di tangan developer yang lebih kecil, pembajakan ternyata bisa berakhir menjadi sesuatu yang positif. Setidaknya itulah yang dirasakan dan diekspresikan oleh PM Studios.

Seperti yang kita tahu, suntikan homebrew kini memang memungkinkan handheld andalan Sony – PS Vita untuk memainkan game-game bajakan seperti pendahulunya. Game bajakan yang seharusnya bisa menyakiti sisi penjualan banyak publisher justru dilihat sebagai sesuatu yang positif untuk PM Studio yang merilis Superbeat Xonic di pasar Barat. Mengapa? Karena  versi bajakan berhasil membuat game “kecil” ini mendapatkan perhatian yang besar. Alih-alih marah, mereka justru berterima kasih dan mengajak gamer yang tertarik untuk membeli versi original game mereka.

Pembajakan berhasil membuat game ritme PS Vita mendapatkan perhatian kembali.
Pembajakan berhasil membuat game ritme PS Vita mendapatkan perhatian kembali.

Ini tentu saja respon yang tak pernah kita prediksikan sebelumnya, bahwa sebuah publisher game justru akan berterima kasih pada pembajak karena  membuat game mereka kembali menjadi perhatian. Namun apakah respon keren dari PM Studios ini akan diterjemahkan menjadi peningkatan penjualan untuk Superbeat Xonic? Semoga saja.

Source: Destructoid

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…