Denuvo: Tak Ada Sistem Keamanan yang Tak Bisa Dibobol!

Reading time:
October 18, 2016
denuvo logo

Tahun 2016 ini memang jadi tahun yang cukup “menyeramkan” bagi gamer bajakan. Setelah sempat tunduk di versi kedua, sistem anti-bajakan Denuvo berhasil memperkuat diri dengan jauh lebih baik di tahun 2016 ini. Hasilnya? Sebagian besar game yang mereka lindungi berujung tak bisa dibajak untuk waktu yang cukup lama. Walaupun demikian, sensasi kemenangan tersebut akhirnya harus ternodai dengan beberapa kejadian runtut yang fatal selama setidaknya tiga bulan terakhir ini. Dari sekedar Voksi yang berhasil menemukan bypass hingga kelompok CPY yang merilis crack yang sebenarnya untuk beberapa game yang ada. Lantas, bagaimana tanggapan Denuvo itu sendiri?

Berbicara dengan MCVUK, Director Sales and Marketing – Thomas Goebl menyebut bahwa Denuvo tak pernah mengklaim dirinya sebagai sistem anti-bajakan yang tak bisa dibobol. Bahkan ia menyebut, bahwa secara realistis, tak ada sistem proteksi yang tak bisa dipecahkan. Denuvo didesain dengan satu tujuan utama – untuk mencegah game-game ini dibobol di hari-hari pertama rilis. Hal ini memberikan ruang “tanpa bajakan” bagi developer dan publisher selama mungkin untuk menjamin mereka bisa menjual game tersebut.

Terlepas dari efektivitasnya, Goebl sendiri mengakui bahwa Denuvo sebenarnya hanyalah keping puzzle untuk membantu developer mengoptimalisasi penjualan demi setidaknya, mencapai titik balik modal. Solusi lain seperti menjual game tanpa DRM atau menetapkan tingkat harga yang lebih murah di beberapa region adalah keputusan marketing dan strategi yang bisa ditempuh developer. Namun begitu mereka menginginkan sebuah proteksi yang mumpuni, Denuvo selalu siap di sana. Mereka menyebut bahwa game-game tanpa sistem proteksi mau tak mau harus berkompetisi dengan versi bajakan di hari pertama rilis jika tak didukung sistem proteksi, yang bisa jadi berakhir mencederai diri mereka sendiri. Terutama untuk game-game yang berfokus di pengalaman single-player.

Denuvo menyebut bahwa dirinya tidak pernah didesain untuk tak dapat dibobol. Ia didesain untuk membuat developer dan publisher punya
Denuvo menyebut bahwa dirinya tidak pernah didesain untuk tak dapat dibobol. Ia didesain untuk membuat developer dan publisher punya “hari tanpa bajakan” selama mungkin.

Melawan para pembajak, Denuvo mengaku bahwa ia sebenarnya tak banyak berbeda dengan permainan kucing-tikus. Begitu hacker berhasil memecah dan meretas game yang mereka lindungi, analisa akan langsung dilakukan dan update akan langsung mengikuti. Tak hanya peningkatan teknik dan teknologi setiap harinya, Denuvo juga terus mengimplementasikan ide baru setiap bulannya untuk memastikan pelayanan yang terbaik. Menariknya lagi? Mereka tertarik untuk membawa teknologi ini di luar industri game. Goebl menyebut bahwa di luar sana ad begitu banyak software bisnis berharga yang sebenarnya bisa mereka lindungi.

Dengan efektivitasnya saat ini, banyak publisher memang mulai mengandalkan Denuvo untuk melindungi produk mereka termasuk Bandai Namco yang belum pernah melakukannya sebelumnya. Apakah sang peretas – CPY yang akan keluar sebagai “pemenang”? Ataukah konsistensi Denuvo akan membuat mimpi buruk 3DM bahwa tak akan ada lagi game yang bisa dibajak dalam dua tahun ke depan terbukti? Kita tunggu saja.

Source: MCVUK

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…