Preview World of Final Fantasy: Unyu-Unyu!

Reading time:
October 27, 2016
world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-1

Square Enix mengerti betul potensi franchise JRPG andalannya – Final Fantasy, sebuah fakta yang tak terbantahkan. Walaupun beberapa seri terakhir dianggap gagal untuk menangkap pesona masa lalu yang juga melambungkan popularitasnya sebagai sebuah franchise, Square Enix tak berhenti. Perjuangan untuk menyelesaikan Final Fantasy XV yang sudah melewati proses pengembangan selama 10 tahun terakhir bukanlah satu-satunya hal yang mereka persiapkan, tetapi juga sebuah seri spin-off yang diharapkan untuk menangkap atmosfer magis-nya. Dan lahirlah, World of Final Fantasy, sebuah seri yang bahkan tak sempat dibicarakan sama sekali terlepas dari pengumumannya di ajang E3 karena pengumuman soal Final Fantasy VII Remake di saat yang sama. Dan kini, kesempatan untuk memahami seri ini lebih dalam akhirnya tiba!

Kesan Pertama

Salah satu hal yang akan langsung diperhatikan adalah pendekatan presentasi yang ditawarkan di World of Final Fantasy. Alih-alih menawarkannya dalam bentuk karakter dengan bentuk proporsional seperti seri serius yang lain, World of Final Fantasy melebur semua karakter dan monster unik Final Fantasy dalam satu ruang yang sama, namun kini hadir dengan bentuk karakter yang chibi. Mereka mengecil dengan ekspresi wajah ala film anime yang menghiasi, namun tetap diikuti dengan detail wajah dan karakter seperti Anda mengenal seri original mereka masing-masing. Ada sedikit kesan bahwa Anda menikmati sebuah daya tarik seperti yang sempat ditawarkan Kingdom Hearts di masa lalu, dimana semua karakter ikonik ini akhirnya bertemu satu sama lain untuk benang merah cerita yang melibatkan sebuah karakter baru.

Namun terlepas dari bentuk imut dan menggemaskan, aka “unyu-unyu” ini, jangan langsung meremehkan bahwa Anda akan bertemu dengan sebuah gameplay JRPG yang sederhana pula. Malah, kami justru melihatnya sebagai pendekatan yang akan membuat penggemar lawas franchise ini lebih tertarik, walaupun dengan elemen baru. Kita melihat kembalinya sistem ATB dengan rangkaian command yang terasa begitu familiar. Namun di atasnya, Anda tak lagi bertarung sendirian. World of Final Fantasy melebur konsep menangkap dan memperkuat monster ala Pokemon atau Ni No Kuni di atasnya. Kerennya lagi? Ada sedikit elemen strategi di dalamnya dengan sistem stacking yang akan mengubah bagaimana cara karakter Anda bekerja, apalagi dengan ragam musuh yang punya kelemahan dan kelebihan mereka masing-masing.

Hal yang paling menarik tentu saja melihat bagaimana karakter-karakter Final Fantasy dalam bentuk super chibi ini saling berinteraksi satu sama lain. Tak berhenti di sana, Square Enix juga menggabungkan ragam dunia untuk seri yang ada, monster, hingga beragam Summon dengan efek khas mereka yang tetap memanjakan mata. Seberapa melebur? Kita berbicara soal Castle Figaro milik Edgar dari Final Fantasy ditenagai oleh Mako dari Final Fantasy VII di bawahnya dengan Vivi dari Final Fantasy IX sebagai penjaga di dalamnya. Anda kemudian berpetualang bersama Shelke Rui dari FF VII: Dirge of Cerberus menemani Anda. Benar sekali, Anda tak salah membacanya, ada karakter dari Dirge of Cerberus di sini!

Sembari menunggu waktu lebih proporsional untuk melakukan review, dengan waktu gameplay kami saat ini yang baru menyentuh angka 15 jam dan baru memiliki 1 Summon saja, izinkan kami melemparkan serangkaian screenshot fresh from oven di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran soal apa itu World of Final Fantasy. Para penggemar Final Fantasy? Bersiaplah untuk jatuh hati!

Klik Gambar untuk Memperbesar!

world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-3 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-13 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-23 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-62 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-84 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-98 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-128 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-135 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-138 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-155 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-160 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-173 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-177 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-224 world-of-final-fantasy-jagatplay-part-1-232
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…