Preview Horizon Zero Dawn: Secantik yang Dibayangkan!

Reading time:
February 20, 2017
Horizon Zero Dawn jagatplay (5)

Menyebutnya sebagai salah satu game yang paling diantisipasi tahun ini memang tak berlebihan. Sang developer – Guerrilla Games yang selama ini dikenal sebagai otak di belakang franchise Killzone memang dikenal akan satu hal, kemampuan mereka untuk meracik game action dengan mekanik dan visualisasi yang pantas untuk diacungi jempol. Namun lewat proyek terbaru mereka yang sudah diperkenalkan cukup lama – Horizon Zero Dawn, mereka terpanggil untuk menempuh satu tantangan baru. Tak ada lagi game action linear dengan sudut orang pertama, melainkan sebuah dunia terbuka yang melebur teknologi dan alam liar dalam sebuah pondasi gameplay action RPG yang solid. Kami berkesempatan untuk menjajalnya lebih awal.

Kesan Pertama

Satu yang pasti meluncur dari mulut Anda ketika pertama kali mencicipi game ini? Adalah betapa indahnya presentasi yang dilemparkan Guerrilla Games untuknya. Mencicipinya di Playstation 4 non-Pro saja sudah cukup memasukkannya sebagai tiga besar game Playstation 4 paling memanjakan mata yang pernah kami mainkan sejauh ini, selain The Order 1886 dan Uncharted 4: A Thief’s End. Namun kita tak sekedar berbicara bagaimana implementasi engine mereka – DECIMA mampu menghasilkan sebuah game dengan detail memesona, terutama dari sisi lighting. Namun kita berbicara soal bagaimana mereka membangun dunianya yang misterius. Sebuah dunia yang di satu sisi menyisakan peradaban yang Anda kenali, di sisi lain peradaban yang bertolak belakang dari apa yang kita sebut “masa depan”.

Apa yang terjadi ketika manusia tak lagi punya kendali atas teknologi? Bahwa teknologi memutuskan utnuk berevolusi dan hidup sebagai entitas terpisah? Di Horizon Zero Dawn, konsep tersebut dieksplorasi lewat desain dunia yang fantastis. Seperti layaknya game-game RPG “klasik”, dunianya sendiri terbagi ke dalam beberapa region dengan tema spesifik, seperti gurun pasir atau hutan tropis dengan cuaca yang juga dinamis. Namun yang fantastis adalah bagaimana mereka mendesain robot-robot hewan yang Anda temui ini. Seperti kerangka yang dibalut dengan keping metalik dan kabel yang berperan sebagai urat nadi, tiap mereka dari terlihat hidup dan mengancam di saat yang sama. Seperti bertemu dengan sesuatu yang tak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Lantas, bagaimana dari sisi gameplay? Untuk Anda yang takut akan bertemu dengan game open-world setengah hati yang “mengunci” dunianya dan mengharuskan Anda mencapai progress cerita tertentu untuk menikmatinya, Anda tak perlu khawatir. Horizon Zero Dawn memungkinkan Anda untuk menikmati dunianya secara penuh begitu kesempatan awal itu tiba. Sementara sensasinya sendiri, secara sederhana, seperti mengkombinasikan elemen terbaik dari Far Cry dan The Witcher 3 di dalamnya. Far Cry untuk esensi di sisi eksplorasi dan crafting, sementara The Witcher dari sisi pertempuran melawan para robot dinosaurus yang setiap dari mereka, punya titik kelemahan dan strategi tertentu untuk ditundukkan. Apalagi Anda juga akan diperkuat varian senjata yang akan memfasilitasi hal tersebut.

Kami sendiri sebenarnya sudah menyelesaikan game ini dan sudah siap melemparkan review untuknya. Namun di sisi lain, kami sendiri tak ingin melewatkan kesempatan untuk memperlihatkan kepada Anda secara langsung, seperti apa magisnya dunia dan kualitas visual Horizon Zero Dawn itu sendiri. Review penuhnya sendiri akan meluncur esok sore untuk membahas beragam elemen ini lebih dalam. Sembari menunggu, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran apa itu Horizon Zero Dawn. It’s gorgeous!

Klik Gambar untuk Memperbesar!

Horizon Zero Dawn jagatplay (295) Horizon Zero Dawn jagatplay (4) Horizon Zero Dawn jagatplay (14) Horizon Zero Dawn jagatplay (22) Horizon Zero Dawn jagatplay (64) Horizon Zero Dawn jagatplay (98) Horizon Zero Dawn jagatplay (121) Horizon Zero Dawn jagatplay (147) Horizon Zero Dawn jagatplay (153) Horizon Zero Dawn jagatplay (176) Horizon Zero Dawn jagatplay (195) Horizon Zero Dawn jagatplay (197) Horizon Zero Dawn jagatplay (211) Horizon Zero Dawn jagatplay (267) Horizon Zero Dawn jagatplay (292)
Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…