Review Horizon Zero Dawn: Keindahan yang Misterius!

Reading time:
February 21, 2017

DECIMA Engine

DECIMA engine berakhir jadi pondasi yang fantastis untuk dunia Horizon: Zero Dawn itu sendiri.
DECIMA engine berakhir jadi pondasi yang fantastis untuk dunia Horizon: Zero Dawn itu sendiri.

Untuk memfasilitasi ambisi mereka menciptakan sebuah dunia open-world yang mumpuni, Guerrilla Games memutuskan untuk mengumpulkan semua pengetahuan dan teknologi yang mereka himpun selama menangani franchise Killzone untuk melahirkan sebuah engine baru bernama DECIMA. Engine sama yang akhirnya dipilih sosok Hideo Kojima untuk memvisualisasikan game ambisiusnya, Death Stranding. Namun untuk Anda yang tak familiar dengan engine ini, DECIMA juga merupakan pondasi untuk game eksklusif Playstation 4 yang lain – Until Dawn, yang sayangnya, cukup bermasalah di sisi framerate. Berita baiknya? DECIMA sempurna untuk Horizon Zero Dawn.

Berjalan dengan framerate yang bisa dibilang stabil sepanjang permainan, terlepas dari gempuran cuaca yang dinamis dan sistem siang-malam yang tentu saja hadir dengan efek cahaya dan bayangan yang berbeda pula, Horizon Zero Dawn berjalan cukup stabil, bahkan di Playstation 4 biasa (non-pro) sekalipun. Dan semuanya berhasil mereka capai dengan menawarkan kualitas presentasi visual yang tak ragu langsung kami sejajarkan sebagai salah satu yang terbaik – bersama dengan The Order 1886 dan Uncharted 4: A Thief’s End. Anda akan berhadapan dengan detai wajah karakter dengan tekstur material yang pantas diacungi jempol. Namun bagi kami, pencahayaannya adalah salah satu yang terbaik.

Horizon Zero Dawn pantas dikategorikan sebagai salah satu game Playstation 4 dengan visual terbaik bersama dengan The Order 1886 dan Uncharted 4: A Thief's End.
Horizon Zero Dawn pantas dikategorikan sebagai salah satu game Playstation 4 dengan visual terbaik bersama dengan The Order 1886 dan Uncharted 4: A Thief’s End.
Look at that lighting..
Look at that lighting..
Perubahan cuaca, cahaya, dan sistem siang-malam yang berpengaruh minim pada performa permainan, bahkan di Playstation 4 biasa (non-pro), adalah pencapaian teknis yang luar biasa.
Perubahan cuaca, cahaya, dan sistem siang-malam yang berpengaruh minim pada performa permainan, bahkan di Playstation 4 biasa (non-pro), adalah pencapaian teknis yang luar biasa.

Dunia Horizon Zero Dawn menawarkan salah satu ligthing terbaik yang pernah kami lihat di game manapun. Dengan pergantian siang malam dan cuaca yang dinamis pula, ia selalu membangun atmosfer yang tepat untuk aksi Aloy yang manapun. Ketika hujan, ada kabut tebal dan derap kaki yang berbunyi seolah Aloy tengah berlari di atas tanah yang becek. Ketika petang, cahaya yang menembus pepohonon bergerak lembut dengan bayangan yang juga berpindah seiring dengan matahari yang kian terbenam. Ketika malam, cahaya bulan menjadi satu-satunya penerang di samping cahaya dari mata para robot mekaninal yang bergerak di antara rerumputan. Ketika gurun pasir diterpa angin kencang, maka badai pun siap untuk membuat pandangan Anda sedikit terbatas. Yang membuat DECIMA begitu fantastis adalah fakta bahwa ia mampu menjembatani dunia ini dan mempresentasikannya dengan manis.

Maka seperti game-game RPG pada umumnya, dunia Horizon Zero Dawn juga terbagi ke dalam beberap region besar. Anda yang sering memainkan game-game JRPG sepertinya tahu apa yang kami maksud. Benar sekali, ia juga mengikuti formula desain dunia dari proyek-proyek klasik yang memuat ragam jenis lingkungan, dari gunung salju super dingin, hutan lebat, sabana, hingga gurun pasir sekalipun. Di tengahnya Anda akan berhadapan dengan peradaban dan kebudayaan yang berbeda-beda pula. Ada Nora, suku Anda yang matriarki dan menjadikan wanita sebagai figur dominan. Di belahan region lain ada suku lain seperti Carja yang dipimpin oleh seorang raja. Tiap dari mereka punya sistem budaya, sistem kepercayaan, hingga pakaian yang memperlihatkan identitas itu sendiri. Dunia Horizon Zero Dawn ini punya pondasi yang membuatnya mudah dipercayai.

Dunianya dipenuhi dengan peradaban yang memuat sistem budaya dan religi yang berbeda.
Dunianya dipenuhi dengan peradaban yang memuat sistem budaya dan religi yang berbeda.
Desain binatang mekanikal yang menghuni bumi yang
Desain binatang mekanikal yang menghuni bumi yang “baru” ini pantas diacungi jempol super besar. Tak hanya menarik dari sisi visual, setiap dari mereka juga punya aktivitas, animasi, dan sifat yang berbeda.

Namun di atas dari semuanya, pujian tertinggi pantas untuk diarahkan kepada siapapun mereka yang mendesain setiap binatang mekanikal yang “menemani” perjalanan Aloy itu sendiri. Seperti perpaduan antara fosil, teknologi, dan denyut nadi yang terus menggelitik rasa penasaran Anda, setiap mesin ini didesain dengan begitu manis. Mereka terlihat merepresentasikan satu binatang spesifik seperti yang Anda tahu di dunia nyata, tetapi di sisi lain, memperlihatkan sikap dan tingkah laku yang berbeda di saat yang sama. Mereka yang besar terlihat mengancam, mereka yang kecil juga mampu melakukan perlawanan, apalagi mengingat beberapa dari mereka juga dipersenjatai dengan arsenal yang tak bisa dipandang sebelah mata. Seperti melihat imajinasi terliar yang mungkin bisa Anda bayangkan terkait binatang dan robot, berdiri, bergerak, dan berteriak ke wajah Anda. Luar biasa!

HOLY..
HOLY..

Maka dari presentasi, Horizon Zero Dawn pantas mendapatkan angka penuh, sepenuh yang bisa Anda berikan. DECIMA Engine membantu Guerrilla Games mencapai visi yang mereka dambakan di atas dunia yang magis ini, namun apresiasi tertinggi, tetap terletak pada otak-otak kreatif yang “menciptakannya”. Ini adalah sebuah dunia open-world, mungkin salah satu yang pertama, yang membuat kami terus bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Apalagi ketika Anda melihat reruntuhan peradaban masa lalu kini jadi arena bermain sebuah binatang besar ala Brontosaurus bernama Tallneck.

Kekuatan Cerita

Jika Anda termasuk gamer yang khawatir soal cerita yang ia tawarkan, Anda boleh berlega hati. Guerrilla Games tak hanya merangkai benang merah yang solid, tetapi juga menarik di saat yang sama.
Jika Anda termasuk gamer yang khawatir soal cerita yang ia tawarkan, Anda boleh berlega hati. Guerrilla Games tak hanya merangkai benang merah yang solid, tetapi juga menarik di saat yang sama.

Anda yang cukup mengikuti JagatPlay dan tahu rutinitas review kami tentu saja bingung dengan sub-judul di atas. Pertama, tenang saja, tak ada spoiler di sini. Namun kami merasa bahwa “Plot” adalah sesuatu yang mesti dibicarakan setelah kita membahas dunia Horizon Zero Dawn yang fenomenal. Karena banyak gamer yang khawatir, apalagi melihat sepak terjang Guerrilla Games di masa lalu, bahkan mereka akan gagal menawarkan sebuah benang merah yang menarik untuk digali. Apalagi kita berbicara soal sebuah dunia yang melebur masa lalu dan masa depan di satu ruang yang sama, dengan konsep yang terhitung “gila”. Jika Anda termasuk gamer yang sempat bertanya-tanya soal hal ini, Anda boleh tenang.

Benang merah cerita untuk Horizon Zero Dawn dirajut dengan baik. Bahwa mereka tak hanya menciptakan sebuah dunia yang bisa dipercaya dari sekedar sisi visual saja, tetapi juga memastikannya punya kedalaman tersendiri. Bahwa ada alasan mengapa beragam fenomena yang penting terjadi, dijelaskan dengan sebaik mungkin, dan pada akhirnya – terasa rasional untuk dicerna. Sebagai contoh yang paling baik adalah memahami mengapa Suku Nora yang ditinggali oleh Aloy berwujud Matriarki. Seiring dengan perjalanan Anda, Anda akan mulai paham apa yang terjadi di sini, melihat hubungannya dengan peradaban masa lampau, dan menyimpulkannya sebagai sesuatu yang mungkin terjadi. Atau bagaimana suku yang lain mengembangkan sistem kepercayaan yang berbeda dibandingkan dengan Nora, misalnya.

Maka Horizon Zero Dawn akan melemparkan dan menjelaskan kepada Anda apa yang terjadi pada dunia ini dengan baik. Bahwa Anda akan mendapatkan jawaban hampir untuk semua pertanyaan, termasuk untuk hal-hal kecil dan skenario alternatif yang sempat melintas di otak kami, yang tentu saja tak bisa kami ceritakan di sini. Namun satu yang pasti, Anda tak perlu khawatir bahwa ia akan berakhir menjebak Anda dengan plot klise omong-kosong yang justru membuat Anda berakhir bingung dan tak puas. Horizon Zero Dawn adalah sebuah kisah soal kekuatan dan harapan manusia sebagai sebuah entitas, dari kacamata seorang heroine wanita yang sama seperti Anda, tak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan dunia yang ia tinggali. Aloy mencari jawaban, Anda mencari jawaban lewat Aloy, dan jawabanlah yang akan Anda temukan.

Fenomenal? Kami akan menyebutnya sebagai gaya penceritaan fiksi yang rapi. Sebuah skenario yang sebenarnya sudah dieksplorasi oleh beragam media berulang-ulang, namun kini, dengan ekstra skenario yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Untuk kali ini, Guerrilla Games melakukannya dengan baik. Jadi? Tak perlu khawatir.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…