10 Game Terbaik Nintendo Wii U!

Reading time:
March 29, 2017

 

feat-image

Selalu ada perasaan senang dan sedih yang muncul setiap kali platform generasi terbaru muncul ke permukaan. Di satu sisi, peralihan generasi selalu diikuti dengan rilis game baru yang tak selalu berfokus pada peningkatan kualitas visual saja, tetapi juga menyuntikkan ragam inovasi baru yang berbeda. Sementara di sisi lain, ia menjadi sebuah “hukuman mati” untuk platform generasi sebelumnya. Tergantung pada popularitas dan berapa jumlah unit yang sudah terjual ke pasaran, produsen biasanya menunda proses kedua ini cukup lama hingga platform baru memang sudah punya tingkat popularitas dan data penjualan yang positif. Namun sepertinya tidak dengan konsol generasi sebelumnya Nintendo – Wii U.

Sebagai konsol yang bisa dibilang punya “umur pendek” dan sempat memancing kritik karena minimnya game yang ia tawarkan, Wii U berakhir tak diberikan banyak kesempatan oleh Nintendo untuk bertahan hidup setelah rilisnya Switch ke pasaran. Memastikan  Breath of the Wild sebagai game terakhir yang akan tiba di platform yang satu ini, Nintendo Wii U memasuki masa istirahat permanen dengan tak ada lagi game baru yang dipersiapkan Nintendo untuknya. Di masa hidup konsol dengan kontroler yang menyematkan layar sentuh di atasnya ini, ia memang tak bisa dibilang platform dengan library yang padat. Namun tak bisa dipungkiri juga bahwa beberapa di antaranya, pantas mendapatkan acungan dua jempol.

Artikel ini juga bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang baru hendak melompat ke dalam Nintendo Wii U dengan harapan, rilis Switch akan membuat harga konsol dan gamenya menjadi lebih murah dan rasional. Walaupun sudah berada di penghujung hidupnya, library-library game keren yang saat ini belum dipastikan apakah akan dirilis ulang untuk Switch atau tidak, membuatnya menjadi cukup menarik untuk dilirik. Namun tentu saja, tidak semua game yang kami tuliskan di bawah ini memang “hanya” untuk Wii U saja, tetapi juga tersedia di platform Nintendo yang lain – 3DS hingga Switch itu sendiri.

Lantas, dari semua game yang sempat dirilis di Nintendo Wii U, game-game mana saja yang menurut kami pantas dikategorikan sebagai yang terbaik? Berikut adalah daftar versi JagatPlay:

  1. Pikmin 3

pikmin 3

Jika ada satu pengetahuan dasar yang selalu harus Anda ambil tiap kali berbicara soal game Nintendo adalah bahwa bentuk lucunya tidak akan selalu menggambarkan gameplay seperti apa yang Anda dapatkan. Nintendo merupakan kasus “Jangan menilai buku dari sampulnya” yang terbaik, apalagi jika berbicara soal game eksklusif mereka. Salah satunya adalah Pikmin 3. Dengan gameplay ala sebuah game puzzle berbalut strategi yang harus Anda eksekusi secara real-time, kebutuhan untuk mengatur dan memanfaatkan makhluk kecil yang melebur tanaman dan hewan di satu ruang ini menawarkan tantangan yang tak bisa Anda pandang sebelah mata. Apalagi, tiap Pikmin ini punya fungsi dan tugas berbeda, dengan waktu yang juga terus mengejar Anda.

  1. Wonderful 101

wonderful 101

Sebagian besar dari Anda mungkin baru mengenal Platinum Games dari NieR: Automata. Sementara yang lain mungkin sudah mencicipi beberapa game multi-platform mereka yang lain seperti Metal Gear Rising, atau beberapa franchise bersama dengan Activision. Dari semua game racikan Platinum,  Wonderful 101 yang dirilis secara eksklusif untuk Wii U mungkin bisa dibilang yang paling tidak populer. Padahal, game yang meminta Anda untuk  berperan sebagai “gerombolan” hero beragam bentuk dan warna ini punya charm yang tak kalah dengan game Platinum yang lain. Anda seperti tengah berhadapan dengan Viewtiful Joe dalam format yang lebih epik.

  1. Splatoon

splatoon

Siapa yang bilang jika sebuah game shooter harus berujung pada kematian, mayat, dan darah? Untuk memastikan diri bisa mengakomodasi pasar di bawah umur yang cukup mendominasi, Nintendo menghadirkan sebuah ide gila dan unik yang berakhir jadi sebuah seri game shooting yang solid. Benar sekali, kita berbicara soal Splatoon. Dipenuhi dengan karakter imut dengan warna cerah, game shooter ini tidak didesain untuk mendorong Anda membunuh, melainkan bekerja sama untuk mencapai satu objektif – melumuri keseluruhan stage dengan tinta warna tim Anda. Ringan, tanpa kekerasan, imut, tetapi juga menegangkan di saat yang sama, hanya Nintendo saja yang mungkin sempat “memikirkan” ide seperti ini dan menghasilkan game solid darinya.

  1. Super Mario Maker

super-mario-maker-600x338

Berbicara soal Nintendo, maka hampir mustahil untuk tidak berbicara soal ikonnya yang kini sudah tumbuh menjadi ikon industri game itu sendiri – Mario. Dan memang, Nintendo selalu menelurkan seri baru Mario untuk platform yang dirilis, yang masing- masing hadir dengan gameplay, daya tarik visual, dan dunia yang berbeda. Namun tidak di Super Mario Maker. Alih-alih mengerjakannya sendiri, Nintendo melemparkan kesempatan tersebut langsung ke tangan gamer, memungkinkan mereka untuk menciptakan track mereka sendiri, berbagi, dan menjajal track orang lain. Ini adalah sebuah pengalaman Mario hampir tak terbatas, yang bersumber tidak pada kreativitas Nintendo. Sukses besar, Super Mario Maker melahirkan begitu banyak ide yang di masa lalu, tak pernah terpikirkan bisa Anda lakukan dengannya.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…

PlayStation

September 1, 2022 - 0

Wawancara dengan Shaun Escayg dan Matthew Gallant (The Last of Us Part I)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Shuan Escayg dan Matthew Gallant terkait…
August 31, 2022 - 0

Review The Last of Us Part I: Lebih Indah, Lebih Emosional!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Last of Us Part…
August 26, 2022 - 0

Review Soul Hackers 2: Kumpul Iblis, Selamatkan Dunia!

Bagaimana dengan pengalaman yang ditawarkan oleh Soul Hackers 2 ini?…
August 25, 2022 - 0

Review Playstation Plus Tier Baru: Ambil EXTRA, Abaikan DELUXE!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Playstation Plus Tier Baru ini?…

Nintendo

September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…