Star Citizen Akan Tinggalkan DirectX

Reading time:
March 20, 2017
star-citizen1-600x338

Membicarakan API tentu akan masuk ke dalam ranah teknis, yang sesungguhnya, juga tak kami mengerti penuh. Namun hampir semua gamer PC sepertinya sudah memahami apa itu DirectX, API dari Windows yang kini menjadi basis untuk banyak game. DirectX 11 menjadi kebutuhan paling minimum untuk itu, sementara DirectX 12 yang ditawarkan oleh Windows 10 menjadi teknologi “baru” yang terus gencar dijual oleh Microsoft. Namun tak hanya DirectX saja, beberapa API baru juga muncul ke permukaan, menawarkan optimalisasi hardware yang tak kalah baik seperti Vulkan misalnya. API yang bahkan cukup untuk membuat Star Citizen – salah satu game eksklusif PC yang paling diantisipasi untuk mempertimbangkannya sebagai fokus.

Hal ini diungkapkan oleh sang developer – Robert Space Industries dalam postnya di forum resmi. Star Citizen menyebut bahwa mereka akan menjadiakn API Vulkan sebagai fokus di masa depan, dan tak lagi tertarik untuk mengimplementasikan DirectX 12 nantinya. Mereka menyebut bahwa keuntungan fitur dan performa yang tak banyak berbeda membuat Vulkan menjadi pilihan rasional, mengingat ia bisa digunakan untuk pengguna Windows 7, 8, 10, bahkan Linux sekalipun. Pelan tapi pasti,  mereka juga akan meninggalkan DirectX 11. DirectX 12 yang saat ini hanya tersedia untuk Windows 10 akan kembali dipertimbangkan jika memang data memperlihatkan keuntungan yang signifikan dibandingkan Vulkan.

Star Citizen akan menjadikan API Vulkan sebagai basis dan meninggalkan DirectX.
Star Citizen akan menjadikan API Vulkan sebagai basis dan meninggalkan DirectX.

Terlepas dari proses pengembangan yang sudah memakan waktu cukup lama, Star Citizen sendiri masih belum memiliki tanggal rilis sama sekali. Selain fokus API untuk Vulkan yang mereka bicarakan saat ini, Star Citizen juga sempat mengubah engine mereka dari CryEngine menjadi Lumberyard beberapa waktu lalu. Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang masih menantikan game yang satu ini?

Source: RSI Forum

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…
December 4, 2020 - 0

Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang…
December 3, 2020 - 0

Preview Immortals Fenyx Rising: Dewa dan Monster!

Perhatian untuk proyek yang satu ini memang terhitung besar ketika…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…