10 Fakta Menarik Playstation 4 PRO!

Reading time:
May 23, 2017
Playstation-4-Pro-JagatPlay

Seperti yang kita ketahui, generasi konsol saat ini memang berbeda dengan pendekatan yang ditawarkan di generasi-generasi sebelumnya. Iterasi baru memang tetap menghiasi di tengah peralihan,  namun kini diikuti dengan varian yang ternyata menawarkan spesifikasi dan performa yang berbeda dibandingkan dengan versi dasarnya. Alasannya? Baik Sony maupun Microsoft mungkin bisa membungkusnya dengan kata “premium”, namun kita semua tahu bahwa ia menjadi sesuatu yang esensial untuk berhadapan dengan game-game AAA pihak ketiga yang semakin berat. Lantas, apakah ia  menjadi sebuah upgrade yang esensial? Keputusan tersebut akan dikembalikan kembali kepada gamer itu sendiri.

Anda yang sudah membaca review kami soal Playstation 4 PRO yang merupakan jawaban Sony untuk fenomena yang satu ini sepertinya sudah mendapatkan gambaran yang lebih jelas soal apa yang bisa atau tidak bisa ia lakukan. PRO berhasil muncul sebagai mesin gaming 4K yang memberikan keuntungan tersendiri di rilis game terbaru, baik untuk Anda yang punya perangkat keras pendukung untuk mengoptimalkan fitur yang ia usung ataupun tidak. Namun tak bisa dipungkiri, bahwa masih banyak salah paham yang terjadi karena minimnya pengetahuan yang ada. Ada banyak fitur yang gagal dibicarakan yang jelas dan salah paham yang berujung pada kesimpulan yang keliru di akhir. Padahal sejatinya, setidaknya dari pengalaman kami menjajalnya sejauh ini, ia berujung sebagai “alternatif” konsol yang fantastis.

Lantas, dari semua hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh Playstation 4 PRO, apa saja yang menurut kami menarik darinya? Inilah 10 fakta menarik terkait Playstation 4 PRO menurut JagatPLay:

  1. Better Network

Playstation 4 Pro JagatPlay 18 1

Jika kita berbicara soal satu fitur ekstra yang seringkali gagal dibicarakan di setiap kali pembahasan soal Playstation 4 PRO adalah kehadiran jaringan Wi-Fi lebih baik. Berbeda dengan versi standar yang dirilis di awal, yang kemudian juga diperbaiki di versi Slim, Playstation 4 Pro mendukung Wi-fi 5 GHz yang menjamin koneksi internet yang lebih bebas masalah dan cepat. Dukungan ini membuat koneksi nirkabel yang ia usung menjadi lebih bisa diandalkan dibandingkan dengan versi standar, tentu saja selama perangkat keras pendukung Anda mampu menawarkan hal tersebut.

  1. Keuntungan untuk Pengguna PSVR

Summer Lesson jagatplay (102)

Tak hanya untuk game-game standar dan konvensional saja, performa ekstra yang ditawarkan Playstation 4 Pro juga akan berkontribusi positif pada pengalaman game-game PSVR Anda. Walaupun tidak akan menangani game-game ini di resolusi lebih tinggi mengingat keterbatasan layar di PSVR itu sendiri, Anda yang sudah memiliki perangkat “futuristik” ini tetap akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Game-game sekelas Resident Evil 7 ataupun Summer Lesson kini mendapatkan visualisasi yang lebih halus dengan detail yang lebih menonjol dibandingkan dengan versi PS4 biasa. Salah satu hal yang paling jelas adalah hilangnya gerigi-gerigi pada permukaan tekstur render yang terkadang muncul dengan PSVR di Playstation 4 biasa.

  1. HDR

SONY DSC
SONY DSC

Ini memang bukan fitur “eksklusif” untuk Playstation 4 Pro, karena Sony juga menyertakan dukungan tersebut via sebuah update perangkat lunak untuk versi Playstation 4 biasa. Namun untuk menikmati fitur HDR di resolusi 4K yang tentu saja akan membuat visualisasi game yang tengah Anda cicipi lebih natural, Anda tentu membutuhkan versi PRO. HDR secara sederhana bisa dijelaskan sebagai teknologi yang membuat warna menjadi lebih kaya dan padat, kualitas tata cahaya lebih natural, dan detail lebih baik melalui teknologi yang ditawarkan oleh sang televisi. Namun tentu saja, untuk memaksimalkannya, Anda membutuhkan televisi yang memang mendukung fitur ini, yang sayangnya masih ditawarkan di harga yang cukup tinggi.

  1. Lebih Baik untuk Game Streamer

PS4 Pro jagatplay - Games and Features (37)

Berbeda dengan era sebelum internet mulai masuk sebagai kebutuhan primer untuk manusia modern saat ini, konsol tidak lagi diasosiasikan sebagai mesin gaming “personal” yang ditujukan untuk Anda nikmati sendiri. Jalur karir yang menarik untuk dikejar dengan bayaran yang fantastis begitu Anda menembus jumlah penonton / subscriber tertentu membuat banyak gamer yang tertarik untuk menjadi streamer, baik di Youtube ataupun Twitch. Tak lagi harus terjebak di resolusi 720p60fps seperti halnya versi PS4 biasa, Anda kini bisa melemparkan konten hingga 1080p60fps dengan Playstation 4 Pro. Dengan demikian, “penonton” Anda pun berkesempatan untuk menikmati kualitas game yang Anda cicipi dalam format lebih baik. Tentu saja, Anda tetap harus memikirkan dan mempersiapkan koneksi internet yang cepat dan bisa diandalkan untuk  menanganinya.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…