Memperkenalkan PC Baru JagatPlay – SI HITAM MK.I!

Reading time:
July 3, 2017
Si Hitam MKI Components 102

Anda yang sering mengikuti aktivitas JagatPlay di sosial media, terutama Facebook sepertinya sudah mengetahui satu berita baik yang kami pribadi sudah lama nantikan. Seiring dengan nama yang tampaknya semakin dikenali sebagai salah satu situs review game di Indonesia, kami akhirnya mendapatkan dukungan PC Gaming untuk dua aktivitas produktif utama: mencicipi game-game PC terkini dalam format terbaik dan tentu saja, mengerjakan artikel dan semua aplikasi pendukung yang dibutuhkan untuknya. Kita berbicara soal kemampuan untuk menangani aplikasi sekelas Photoshop atau OBS Software untuk proses streaming, misalnya. Berita baiknya? Dukungan tersebut akhirnya tiba dari salah satu distributor perangkat keras terbesar di Indonesia dengan beberapa brand raksasa yang ia tangani – PT. Nusantara Jaya Teknologi.

Beberapa hari sebelum libur Idul Fitri kemarin, “jeroan” untuk meraciknya sudah tiba dan kami juga sempat menjajalnya. Kami juga sempat melemparkan update singkat ke sosial media untuk memperlihatkan nama apa saja yang menjadi tulang punggung PC baru ini, sekaligus meminta saran untuk nama yang akan ia usung. Respon yang diterima cukup banyak dan aktif dengan beragam saran nama keren yang mengikutinya. Kami ingin mengucapkan terima kasih terlebih dahulu untuk semua pembaca JagatPlay yang secara antusias menyuarakan suara mereka, walaupun pada akhirnya, kami sendiri juga harus memilah. Karena sejujurnya, kami punya mimpi besar untuknya.

Filosofi

Si Hitam MKI Components 94

Di awal, ada ambisi untuk membangun sebuah PC Gaming dengan spesifikasi yang benar-benar di luar nalar. Bahwa tidak lebih dari sekedar sebuah PC gaming yang juga dibutuhkan untuk pekerjaan sehari-hari, ia juga bisa dijadikan sebagai “sumber baru untuk menyombongkan diri”, sebuah spesifikasi PC kelas atas yang bisa jadi, tak akan Anda atau saya pribadi, nikmati sepanjang hidup. Sebuah PC Gaming dengan harga super tinggi, dengan komponen yang tak lagi dipedulikan akan dimanfaatkan secara optimal atau tidak. Sebuah PC yang tak lebih dari representasi harga diri tanpa memperlihatkan fungsi sama sekali. Namun setelah pertimbangan yang begitu panjang, niat ini ditahan.

Menjadi sesuatu yang rasional untuk membangun sebuah PC Gaming yang justru menurut kami, merefleksikan apa yang mungkin dibutuhkan dan dikejar oleh para pembaca JagatPlay dalam sebuah jarak harga yang masih dibawa nalar. Bahwa sama sekali tidak ditujukan untuk sekedar menyombongkan diri, memperlihatkan prestige dan kemewahan, ia didesain dengan tiga buah tujuan utama: memenuhi apa yang dibutuhkan JagatPlay, hadir dalam harga yang terjangkau, tetapi di sisi lain – tetap mampu menangani rilis game-game terbaru dalam skala tertentu. Kami tentu saja juga mempertimbangkan nama besar komponen dan kualitas tiap dari mereka yang sudah terbukti di pasaran.

Apalagi daya tahan termasuk salah satu bahan pertimbangan terbesar kami. Sebagai “mesin” yang akan terus menyala dalam waktu lama untuk menunjang hidup JagatPlay, baik dari aktivitas gaming, proses streaming, uji peripheral gaming, atau sekedar aktivitas hiburan seperti menikmati seri televisi atau anime dalam definisi tinggi, PC Gaming ini akan menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan dari JagatPlay itu sendiri. Sebuah urat nadi yang mengalir keluar dari jantung yang berupaya untuk terus berdetak.

Si Hitam MK.I

Si Hitam MKI Components 96

Lantas, mengapa nama? Tentu, bukan sekedar untuk alasan klise saja. Nama menurut kami melambangkan sebuah personifikasi, atau dalam hal ini, pengakuan bahwa PC Gaming yang ditawarkan kepada kami ini bukan lagi sekedar benda atau objek “tanpa nyawa” yang bisa diperlakukan tanpa butuh pertimbangan. Bahwa seperti sebuah motor untuk seorang pembalap, sebuah senapan untuk pemburu, dan pahat untuk pengrajin kayu, memberikan nama bagi PC adalah sebuah pengingat yang jelas bahwa seperti halnya proses simbiosis mutualisme, Anda tak bisa hidup tanpa satunya. Terlalu aneh bagi Anda? Percaya atau tidak, inilah yang kami rasakan. Sebuah eksistensi cukup penting hingga nama menjadi sesuatu yang esensial.

Alasan kedua? Untuk menjadi point referensi bagi Anda di masa depan jika Anda tertarik untuk mengejar PC dengan spesifikasi yang sama. Kami memang masih belum cukup percaya diri bahwa hampir semua toko retail akan pernah membaca atau mengenal siapa itu JagatPlay, namun idenya adalah bahwa ketika budget Anda sudah cukup, Anda bisa tinggal menyebut nama “SI HITAM” untuk menjelaskan spesifikasi PC dengan jeroan seperti apa yang ingin Anda bangun dengan PC Personal Anda.

Dengan setiap review game PC di masa depan yang juga akan didasarkan pada performa PC ini, Anda juga bisa mencari tahu seberapa reliable ia untuk menangani game-game terbaru yang ada, dari sisi visual dan framerate. Idenya adalah membangun sebuah mesin masuk akal yang secara rasional, bisa Anda bangun dan inginkan di masa depan. Kemudahan menyebut, memanggil, dan mendapatkan gambaran PC seperti apa yang Anda inginkan dengan hanya menyebut “SI HITAM” saja adalah tujuan kami.

Lantas, kenapa dengan “MK.I” aka “MARK I”. Alasan pertama, tentu saja karena keren. Hampir semua film / novel / game sci-fi seringkali memberi nama produk mereka dengan embel-embel di belakang ini untuk memberikan kesan bahwa ini bukan versi terakhir. Dan itu pula yang hendak dikejar oleh JagatPlay. MK.I adalah versi pertama SI HITAM. Mengingat kebutuhan game yang akan terus merangkak naik seiring dengan rilis terbaru dan pergantian generasi di masa depan, SI HITAM juga akan dituntut untuk tumbuh dan berkembang. Akan tiba saatnya, ketika “jeroan” miliknya harus diganti dengan varian lebih baru, lebih cepat, dan lebih kencang di masa depan. Sesuatu yang akan kami tandai dengan peningkatan angka MK itu sendiri. Lagipula, jika Anda tertarik membangun PC yang sama, tentu akan lebih mudah untuk merujuk ke varian seperti apa yang Anda impikan.

Walaupun aksi memberi nama ini lebih ke arah personal dan juga di sisi lain, membantu Anda yang memang tertarik menjajal spesifikasi yang sama, ini tentu saja jadi langkah “eksperimental” tersendiri untuk JagatPlay. Karena di sisi lain, ia juga berarti komitmen ekstra untuk mulai menangani game AAA terbaru dengan mencicipi versi PC-nya dan tak hanya di Playstation 4 saja.

Ketika Anda pergi ke toko komputer dan mengutarakan bahwa Anda hendak membangun “SI HITAM MK.I” dari JagatPlay, dan mereka mengangguk mengerti. Maka di situlah, mimpi JagatPlay dengan langkah eksperimental ini terpenuhi.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…