Review Uncharted – The Lost Legacy: Tidak Kalah Menegangkan!

Reading time:
August 17, 2017

Lebih Eksotis

Uncharted: The Lost Legacy masih menggunakan engine serupa dengan Uncharted 4.
Uncharted: The Lost Legacy masih menggunakan engine serupa dengan Uncharted 4.

Masih menggunakan engine yang sama dengan apa yang ditawarkan Naughty Dog di Uncharted 4, Anda sepertinya sudah bisa memprediksi seperti apa kualitas visualisasi yang diusung oleh Uncharted: TLL ini. Seperti halnya Uncharted 4, Uncharted: TLL ini juga secara otomatis mengukuhkan dirinya sebagai salah satu game eksklusif Playstation 4 dengan kualitas visualisasi terbaik saat ini. Ia terlihat mengagumkan lewat rangkaian detail tekstur dan efek visual yang ia tawarkan di dalamnya. Kami bahkan tidak ragu untuk menyebut bahwa ia berakhir terlihat lebih indah dan mengagumkan karena satu hal – setting yang ia tawarkan.

Entah karena seberapa dekatnya kita pada kebudayaan Hindu yang sempat menguasai peta Nusantara di masa lalu, atau memang karena ia memuat mitologi yang lebih menggoda secara personal, namun sulit untuk menyangkal bahwa setting Hoysala Empire yang ditawarkan Uncharted: TLL ini menghadirkan pengalaman yang lebih megah dan mengagumkan dibandingkan dengan Uncharted 4. Kita berbicara soal kerajaan yang secara terbuka mengekspresikan kekaguman mereka pada mitologi dewa-dewa Hindu yang epik. Tidak hanya dalam bentuk patung kecil atau sekedar arsitektur saja, tetapi patung-patung raksasa yang seolah mengukuhkan status kedewaan mereka.

Detail yang siap untuk membuat Anda kagum.
Detail yang siap untuk membuat Anda kagum.
Dengan mitologi Hindu sebagai basis, Anda akan bertemu dengan setting yang terasa lebih eksotis.
Dengan mitologi Hindu sebagai basis, Anda akan bertemu dengan setting yang terasa lebih eksotis.

Kerennya lagi? Detail visual yang ditawarkan engine ini mampu membuatnya terlihat realistis, terutama dari material yang dibangun. Batu, perunggu yang berkarat, atau sekedar kain divisualisasikan dengan sangat baik di Uncharted: TLL ini. Efek tata cahaya yang ada juga akan membuat beberapa scene petualangan Anda berakhir jauh lebih epik dan dramatis. Maka seperti yang terjadi di Uncharted 4, Uncharted: TLL juga menyediakan Photo Mode untuk Anda yang ingin menangkap keindahannya dengan lebih pasti, dengan ragam efek visual yang akan tersedia sebagai unlockables begitu Anda menyelesaikan mode single player yang ada.

Anda tetap bisa menangkap keindahannya lewat fitur Photo Mode yang juga tersedia.
Anda tetap bisa menangkap keindahannya lewat fitur Photo Mode yang juga tersedia.

Meminjam apa yang fantastis dari Uncharted 4, menyempurnakannya, dan membalutnya dengan setting yang lebih eksotis membuat Uncharted: TLL terlihat lebih memesona dari apa yang kami harapkan di awal. Menyelami budaya timur yang diperkuat dengan mitologi yang lebih menggoda membuatnya terasa lebih bersinar.

Expansion? DLC? Game Penuh?

Uncharted: The Lost Legacy adalah sebuah game penuh terpisah, bukan DLC / expansion pack. Anda tidak butuh Uncharted 4 untuk bisa mencicipinya.
Uncharted: The Lost Legacy adalah sebuah game penuh terpisah, bukan DLC / expansion pack. Anda tidak butuh Uncharted 4 untuk bisa mencicipinya.

Sebelum kita berbicara lebih dalam soal apa yang ditawarkan oleh game yang satu ini, ada baiknya jika kita “membersihkan” terlebih dahulu kesimpangsiuran yang mungkin terjadi karena komunikasi dari Naughty Dog yang mungkin terasa ambigu dan tidak efektif. Kami melihat masih banyak banyak gamer yang bertanya dan bingung soal status dari Uncharted: The Lost Legacy itu sendiri. Apakah kita berbicara soal sebuah DLC? Expansion pack? Atau sebuah game penuh yang memang berhasil diracik oleh Naughty Dog hanya dalam waktu satu tahun saja? Jawabannya adalah yang terakhir.

Uncharted: TLL adalah sebuah game penuh, bukan DLC ataupun expansion. Anda tidak membutuhkan Uncharted 4: A Thief’s End untuk mencicipinya, dan ia juga hadir dengan mode multiplayernya sendiri. Sebagai gambaran, ia berukuran tak lebih dari 40 GB untuk versi digital, yang menjadi testimoni bahwa Uncharted: TLL memanglah sebuah game Uncharted terpisah. Kerennya lagi? Tidak “sekedar” seperti apa yang ditawarkan oleh Infamous First Light sebagai standalone dari Infamous: Second Son, Uncharted: TLL menawarkan setting berbeda, karakter berbeda, dan juga – beberapa mekanik gameplay baru di atasnya.

Maka pilihan terbaik yang tepat untuk menjelaskan Uncharted: TLL selain kata “Standalone” yang mungkin membingungkan beberapa gamer adalah spin-off. Bahwa ia adalah sebuah game action dengan durasi penuh, yang memuat cerita dan settingnya sendiri, namun bergerak di luar cerita utama yang selama ini memang berfokus pada sosok Nathan Drake. Cerita yang ditawarkan oleh Uncharted: TLL juga tidak berkontribusi apapun pada sosok yang satu ini, dan lebih berfokus pada usaha untuk mengeksplorasi apa yang terjadi dengan “karakter pendukung” yang memang sempat memancing tanda tanya besar dari gamer ketika Uncharted 4 dirilis ke pasaran. Namun pada akhirnya, Uncharted: TLL adalah sebuah game action lengkap dengan cita rasa Uncharted yang selama ini Anda inginkan.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…