10 Rekomendasi Anime Terbaik untuk Gamer Penggemar RPG!

Reading time:
October 23, 2017
log-horizon

Menjadi seorang pahlawan yang menyelamatkan dunia, atau sekedar seorang petualang yang punya begitu banyak ambisi untuk mengumpulkan satu equipment kuat ke equipment kuat lain dengan ragam tingkat kelangkaan, hingga sekedar “terlibat” dalam sebuah konflik berkepanjangan atas alasan personal, ada banyak alasan mengapa banyak gamer pencinta genre RPG tetap berkecimpung dengan genre yang satu ini. Genre yang jika diracik tepat oleh sang developer, akan cukup untuk menarik ratusan jam dari hidup Anda demi sekedar menyelesaikannya secara optimal. Beberapa memang jatuh hati pada mekanik gameplay atau beragam spell yang ia suntikkan, misalnya. Namun sepertinya tidak sulit untuk menemukan gamer RPG yang menyukai genre ini karena alasan cerita dan atmosfer permainan yang solid. Percaya atau tidak, Anda bisa menemukannya dengan mudah di media yang lain.

Salah satu media terbaik? Tentu saja film animasi Jepang atau yang lebih dikenal sebagai anime. Mengingat Jepang termasuk salah satu pusat developer / publisher video game yang cukup produktif, RPG, setidaknya menurut interpretasi mereka, adalah sebuah “genre” yang mudah Anda temukan di anime. Banyak yang mengadaptasikan atmosfer fantasinya dengan kental, mempertahankan beberapa elemen RPG seperti sistem level, equipment atau damage, namun sedikit pula yang tidak menyuntikkan hal-hal tersebut tetapi cukup untuk membuat gamer pencinta RPG tetap merasa familiar untuk satu atau dua hal elemen yang ia tawarkan. Sebenarnya, di luar semua “kegilaan” yang ditawarkan anime dengan begitu banyak cerita dan daya tarik, ada beberapa judul yang menurut kami pantas untuk direkomendasikan kepada Anda yang mungkin tak terlalu mengikutinya.

Maka, dari pengetahuan kami yang terbatas, artikel toplist ini meluncur. Tentu saja, kontennya akan terbatas pada judul-judul yang sempat kami tonton, nikmati, dan menurut kami pribadi layak direkomendasikan. Jika ada judul yang menurut Anda pantas masuk ke sini dan berakhir kami lewatkan, maka ada dua kemungkinan yang terjadi: pertama, kami belum pernah menontonnya dan tidak berani merekomendasikannya karena hal tersebut.

Kedua? Kami sudah menyaksikannya dan berdasarkan preferensi pribadi, tidak merasa ia pantas untuk direkomendasikan kepada khalayak umum. Untuk urusan kedua ini, adalah alasan pula mengapa Anda tidak akan menemukan judul seperti Sword Art Online di daftar personal kami ini. Beberapa judul yang kami pilih di sini tentu tidak selalu soal genre yang serius, karena banyak anime bertipe RPG di luar sana yang justru lebih menonjolkan sisi humor yang ada.

Lantas, dari semua anime yang sempat dirilis dan kami nikmati, judul anime-anime apa saja yang tak ragu kami rekomendasikan pada Anda bila Anda termasuk penggemar RPG sebagai genre? Ini dia versi JagatPlay:

  1. Popolocrois

Popolocrois? Memilih sebuah anime yang didasarkan pada franchise yang didasarkan pada video game terlebih dahulu tentu saja curang? Kami mengerti ketakutan Anda. Tetapi harus diakui, berbeda dengan anime yang diadaptasikan dari video game seperti Ragnarok, seri Tales, hingga Persona, banyak gamer Indonesia yang mungkin tidak pernah mencicipi game Popolocrois di masa lalu yang memang tidak ditranslasikan. Beberapa mengenalnya pertama kali lewat seri animasi yang sempat dilepas di televisi swasta Indonesia. Walaupun tidak mengusung elemen RPG dengan kentara di sisi cerita yang ada, namun petualangan fantasi dan lore yang mengakar misterius membuat Popolocrois pantas untuk masuk ke dalam daftar ini. Menikmatinya seperti memerangkap diri Anda sendiri dalam sebuah film “anak-anak” yang tidak terlalu begitu “anak-anak” begitu Anda mendalaminya. Ada banyak ras, ada begitu banyak intrik, dan ada beragam ekspresi yang siap untuk membuat hati Anda terenyuh.

  1. Seven Deadly Sins

Seperti kasus yang terjadi dengan Popolocrois, walaupun tidak eksis dalam format video game terlebih dahulu, Seven Deadly Sins juga bukan seri anime yang menawarkan elemen RPG dengan kental. Anda tidak akan bertemu dengan konsep damage, level, atau karakter hero misalnya. Namun untuk alasan yang misterius, ada atmosfer yang kuat bahwa Anda seolah tengah menikmati sebuah ceirta fantasi yang begitu identik dengan game RPG selama ini. Karakter-karakter overpower yang berkumpul dalam 1 tim, dengan konflik personalnya masing-masing, dan sebuah kerajaan yang sebenarnya bisa dengan “mudah” mereka ratakan jika mereka menginginkannya. Bertarung dan bertemu dalam kelompok dengan dinamika unik ini yang sepertinya menjadi motor pendorong sensasi RPG yang kental, apalagi dengan dunia medieval yang jadi basis.

  1. Danmachi

danmachi

Kami bisa menyebut setidakndya lima alasan mengapa Anda mungkin akan tertarik untuk menonton Danmachi: Hestia, Hestia, Hestia, Hestia, dan Hestia. Apakah kami sudah menyebut Hestia sebelumnya? Karakter dengan pakaian unik yang menonjolkan sensualitas ini mungkin menjadi salah satu alasan Anda terjun ke dalamnya. Namun jika Anda tidak berkeberatan dengan beberapa hal yang mungkin terasa “lemah” di sini, Anda mungkin akan menikmatinya sebagai game RPG dungeon-crawling dengan karakter utama yang terhitung curang dengan pilihan skill / buff yang ia miliki. Pelan tapi pasti, progress karakter utama yang kian menguat, sekaligus karakter “pendukung wanita”-nya – Hestia akan menjadi alasan Anda menikmati Danmachi.

  1. Grimgar: Ashes and Illusions

grimgar

Grimgar mungkin bukan sebuah seri anime yang bisa dinikmati semua gamer RPG. Walaupun basis ceritanya terhitung klise dimana para karakter yang terlibat terbangun di sebuah dunia fantasi tanpa alasan yang jelas, namun Grimgar membawa pendekatan yang berbeda dengan apa yang Anda pikirkan. Bahwa tidak berfokus pada aksi atau mekanik RPG, ia menjadikan pondasi dunia fantasi yang lengkap dengan job dan skill berbeda ini untuk membangu cerita yang lebih berfokus pada interaksi karakter yang ada. Seperti sebuah slice of life untuk karakter petualang yang bahkan masih berjuang keras untuk membangun hidup yang lebih stabil, bahkan dari sisi ekonomi sekalipun. Sebuah pendekatan yang mungkin menarik di mata beberapa gamer.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…