Review HyperX Alloy Elite: Berat di Nama!

Reading time:
October 11, 2017
HyperX Alloy Elite
HyperX Alloy Elite

Penting atau tidaknya keyboard gaming untuk aktivitas Anda sehari-hari sebenarnya akan bergantung pada fakta apakah Anda pernah menjajalnya atau tidak. Gamer yang skeptis seringkali melihat beragam fitur yang ia tawarkan tak berakhir lebih dari sekedar gimmick yang hanya meningkatkan harga jual dan “menarik” untuk gamer yang sekedar hendak memamerkan identitas mereka. Namun sebagian besar gamer yang sudah menjajal keyboard gaming, terutama yang berbasis switch mekanikal, biasanya akan setuju pada satu atau dua klaim utama terkait peripheral yang satu ini. Bahwa terkadang tak hanya soal fungsi saja, ini juga soal kenyamanan. Sesuatu yang berusaha ditawarkan oleh HyperX dengan keyboard gaming terbaru mereka – Alloy Elite.

(Diuji dan di-review dengan SI HITAM MK.I)

Desain dan Fitur

Untuk Anda yang familiar dengan desain keyboard HyperX lain, tidak ada yang istimewa di sini.
Untuk Anda yang familiar dengan desain keyboard HyperX lain, tidak ada yang istimewa di sini.

Jika melihat dari sekedar permukaan saja, Anda mungkin akan langsung hadir dengan dua impresi utama. Anda yang tak terlalu familiar dengan keyboard HyperX selama ini mungkin akan melihatnya sebagai keyboard dengan desain yang tak terlalu unik. Bentuk konvesional yang besar dengan semua ekstra tombol yang Anda butuhkan tetap ditawarkan di sini. Sementara untuk Anda yang cukup familair dengan produk HyperX, Anda akan bertemu dengan pendekatan desain yang tak banyak berbeda. Sebuah logo kecil di bagian kanan atas dengan kesan keyboard yang garang dan jelas, menjadikan fungsi sebagai prioritas utama.

Frame besi membuatnya terlihat kokoh dan reliable.
Frame besi membuatnya terlihat kokoh dan reliable.
Tak mendukung RGB, ia hanya mengusung LED berwarna merah sebagai pencahayaan.
Tak mendukung RGB, ia hanya mengusung LED berwarna merah sebagai pencahayaan.

Dengan posisi tuts yang cukup tinggi dan steel frame sebagai basis, ia terlihat kokoh dan reliable. Sebuah keyboard yang sepertinya siap untuk menemani aktivitas gaming Anda secara konsisten, untuk waktu yang sangat lama. Berita baiknya? Anda yang mengejar sisi kosmetik masih mendapatkan desain yang mungkin akan membuat mata Anda sedikit termanjakan. Di tengah desain konvensionalnya yang tak terihat menarik ini, HyperX Alloy Elite menambahkan sebuah bar LED di bagian agak atas seperti sebuah sungai lava yang membelah antara dua area berbeda. Ia memperkuat identitas yang ada, walaupun tak diperkuat dengan varian warna LED yang lain. Benar sekali, ini bukan keyboard RGB.

Ekstra tombol lain untuk mengatur fungsi berbeda.
Ekstra tombol lain untuk mengatur fungsi berbeda.

Bersama dengan bentuk ini, Anda akan bertemu dengan mekanisme tambahan untuk menambahkan palm rest di bagian bawah dan beragam tombol tambahan di atas “seberang sungai lava” yang ada untuk mengakses beragam fungsi secara  instan. Ada rangkaian tombol untuk fungsi multimedia dan tiga buah tombol ekstra untuk mengaktifkan / mematikan fitur lainnya yang akan kita bicarakan nanti.

Lantas, bagaimana dari sisi spesifikasi itu sendiri? Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh HyperX Alloy Elite ini? Ini dia:

  • Switch: Cherry MX
  • Type: Mechanical
  • Backlight: Single Color, Red
  • Light Effects: 6 LED Modes and 4 Brightness Levels
  • Connection Type: USD 2.0
  • UBS 2.0 Pass-through: Yes
  • Polling Rate: 1000Hz
  • Anti-ghosting: 100% anti-ghosting
  • Key Rollover: N-Key Mode
  • Media Control: Yes
  • Game Mode: Yes
  • OS Compatibility: Windows 7, 8, 8.1, 10
  • Cable length: 1,8m
  • Cable Type: Attached, Braided
  • Width: 444.00mm
  • Depth: 226.80mm
  • Height: 36.30mm
  • Weight: 1467g

HyperX Alloy Elite, Seberapa Nyaman?

HyperX Alloy Elite, seberapa nyaman?
HyperX Alloy Elite, seberapa nyaman?

Gamer PC yang biasanya sudah menggunakan keyboard mekanikal akan sulit untuk kembali mencicipi keyboard membran, walaupun tidak sedikit pula kasus unik yang akan menyangkal pernyataan kami yang satu ini. Harus diakui, ada banyak gamer di luar sana pula yang selalu ingin menjajal keyboard mekanikal yang datang dari brand yang bisa dipercaya, dengan kualitas yang terjamin, dan ketahanan yang bisa diandalkan, namun tak pernah punya keberanian untuk masuk dan mulai memilih. Mereka yang tidak butuh banyak sisi kosmetik dan hanya menginginkan sesuatu yang bisa nyaman mereka gunakan untuk tidak hanya aktivitas gaming saja, tetapi juga aktivitas produktif sehari-hari. Melihat dari komposisi desain dan fitur yang ada, ini sepertinya dimana HyperX Alloy Elite ini bersinar.

Anda tidak akan menemukan desain
Anda tidak akan menemukan desain “gila” di sini. Kenyamanan masih menjadi faktor utama yang ditonjolkan.
Mengusung CherryMX sebagai switch, kualitas sepertinya menjadi jaminan untuk keyboard yang satu ini.
Mengusung CherryMX sebagai switch, kualitas sepertinya menjadi jaminan untuk keyboard yang satu ini.

Keputusan untuk menggunakan Cherry MX – switch asal Jerman dengan kualitas dan reliabilitas yang bisa diandalkan sepertinya adalah keputusan yang pantas untuk diacungi jempol. Walaupun berakhir tidak bisa dijual dengan harga semurah keyboard kompetitor yang menggunakan switch lain atau bahkan switch “original” beberapa brand yang ada, Cherry MX memang terasosiasi kuat dengan daya tahan yang fantastis. Tidak hanya satu, HyperX Alloy Elite sebenarnya menawarkan tiga buah varian warna switch – Blue, Brown, dan Red yang masing-masing darinya, tentu saja menawarkan sensasi tekan berbeda. Kami sendiri mendapatkan versi Red yang terasa seperti switch Red yang sepantasnya. Walaupun secara pribadi kami lebih “memilih” switch Blue untuk pekerjaan sehari-hari.

Dengan ragam fitur lain seperti anti-ghosting misalnya, Anda tidak akan lagi berhadapan pada resiko bahwa perintah cepat yang Anda suntikkan akan berakhir tak diterjemahkan dengan baik oleh keyboard yang satu ini. HyperX Alloy Elite ini juga menyediakan satu slot USB 2.0 di bagian bealkang untuk membantu Anda menghubungkan perangkat berbasis USB Anda yang lain, atau sekedar untuk mengisi ulang baterai untuk perangkat pintar Anda.

Slot USB di bagian belakang.
Slot USB di bagian belakang.
Nama Elite bisa terbilang
Nama Elite bisa terbilang “berat” untuk sebuah keyboard yang walaupun punya kualitas bagus ini, tidak mengusung fitur yang “lengkap”.

Sementara fungsi yang lain? Seperti yang bisa Anda prediksi dari sebuah keyboard gaming. Di luar tambahan keycaps untuk Anda yang memang mengganti beberapa tombol spesifik yang menurut kami tak signifikan, HyperX Alloy Elite memang punya satu kelemahan yang kami rasa cukup besar – mengusung nama yang terlalu “berat”. Mengapa? Karena dengan nama Elite yang ia usung, Anda mungkin mengantisipasi bahwa keyboard ini akan menawarkan sesuatu yang begitu unik dan berbeda. Namun pada akhirnya, semua fitur yang ia tawarkan sebagai keyboard gaming justru tak sefantastis itu.

Pertama, berbeda dengan keyboard gaming yang lain, HyperX Alloy Elite ini tidak didukung dengan perangkat lunak tambahan. Jadi, Anda tak akan mendapatkan fitur dan fungsi tambahan seperti makro misalnya, untuk beradaptasi dengan genre gaming apapun yang ada. Kedua, dari sisi kosmetik, pilihan untuk hanya menyertakan LED berwarna merah tentu saja terhitung sederhana di tengah banjir keyboard gaming yang kini mulai terlihat seperti pelangi. HyperX Alloy Elite juga tidak menawarkan satu fitur atau fungsi spesifik yang benar-benar membuatnya terasa berbeda sebagai sebuah peripheral gaming. Namun INGAT, kami tidak menyebut bahwa produk ini buruk. Hanya saja, dari apa yang ia tawarkan, nama “Elite” justru lebih banyak mengundang tanda tanya daripada merefleksikan apa yang akan Anda dapatkan. Berpotensi misleading. HyperX seharusnya bisa hadir dengan nama yang lebih pantas, dan menyisakan kata “Elite” ini untuk varian yang mungkin menawarkan fitur lebih penuh dan lengkap di masa depan.

Tanpa dukungan perangkat lunak, tanpa fungsi makro.
Tanpa dukungan perangkat lunak, tanpa fungsi makro.
Efek lampu LED dan intensitasnya diatur lewat area tombol ini.
Efek lampu LED dan intensitasnya diatur lewat area tombol ini.

Di tengah keterbatasan tersebut, HyperX Alloy Elite ini masih menawarkan beragam fitur ekstra yang memang memperkuat identitasnya sebagai keyboard gaming. Anda memang tidak bisa mengubah warna LED yang ada, namun ada satu tombol yang didedikasikan khusus untuk menawarkan beragam efek pencahayaan untuknya. Anda bisa mendapatkan efek dari Breathing, Static, hingga Wave. Sementara satu tombol lainnya ditujukan untuk mengatur intensitas pencahayaan yang ada, apakah Anda ingin ia lebih gelap atau terang benderang, atau bahkan, mati sama sekali. Di samping kedua tombol yang terletak di sebelah kiri atas keyboard ini, muncul sebuah tombol untuk mengaktifkan Game Mode, yang juga jadi fungsi yang sepertinya mulai awam ditawarkan.

Dari sisi performa, tak perlu Anda khawatirkan.
Dari sisi performa, tak perlu Anda khawatirkan.

Namun untuk urusan performa, Anda tidak perlu meragukan kemampuan keyboard yang satu ini. Kualitas switch CherryMX dan fitur anti-ghosting yang ada, HyperX Alloy Elite akan “melahap” semua jenis game PC yang Anda tujukan untuknya, terutama jika Anda memang tak butuh banyak makro. Lagipula, Anda berhadapan dengan sebuah keyboard gaming konvensional yang sudah mengusung hampir semua tombol yang ada, yang tentu saja, bisa memfasilitasi perubahan skema kontrol yang Anda butuhkan via opsi di dalam game. Kami sendiri menjajalnya dengan dua buah game dengan pendekatan berbeda- PUBG dan Divinity: Original Sin 2 yang masing-masing tentu punya charm berbeda. Hasilnya? Tak perlu lagi diragukan.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 23, 2021 - 0

Review Death Stranding – Director’s Cut: Paket Baru Definisi Tinggi!

Antara Anda benar-benar menyukainya atau benar-benar membenci apa yang ia…
September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…