Menolak Mati, Shadow of War dan The Evil Within 2 Gunakan Denuvo

Reading time:
October 11, 2017
shadow-of-war

Secara rasional, sebagian besar dari kita sepertinya setuju bahwa Denuvo memang tidak lagi terlihat sebagai sistem anti-bajakan yang relevan selama beberapa minggu terakhir ini. Bagaimana tidak? Terlepas dari sepak terjangnya yang “menakutkan” di awal iterasi, bahkan cukup untuk membuat kelompok peretas sebesar 3DM dari China angkat tangan, ia kini terlihat begitu rentan. Hampir sebagian besar game rilis terbaru yang menggunakan Denuvo berhasil dibobol dalam waktu yang sangat singkat. Game seperti FIFA 18 misalnya, bahkan berhasil “ditembus” dalam hitungan tak sampai 24 jam. Satu yang cukup membingungkan? Para publisher sepertinya tidak berkeberatan untuk terus mengimplementasikannya.

Berapa biaya yang perlu digelontorkan untuk mengadopsi sistem Denuvo dan seperti apa sistem garansi yang ia usung? Tidak ada yang tahu. Namun satu yang pasti, terlepas dari proses pembobolan yang sudah dilakukan oleh CPY dan Steampunks, banyak game rilis raksasa yang masih tertarik untuk mengimplementasikannya. Dua buah game rilis terbaru di bulan Oktober 2017 ini – Shadow of War dari WB dan The Evil Within 2 dari Bethesda dipastikan akan dirilis dengan Denuvo di dalamnya. Ini tentu saja menjadi pemandangan yang cukup menarik.

Dua buah game terbaru - The Evil Within 2 dan Shadow of War tetap akan menggunakan Denuvo.
Dua buah game terbaru – The Evil Within 2 dan Shadow of War tetap akan menggunakan Denuvo.

Apakah kedua game ini memang menggunakan sistem Denuvo yang baru hingga mereka cukup optimis bahwa kejadian seperti di FIFA 18 tak akan terjadi? Ataukah ini akan jadi sumber bukti baru bahwa Denuvo, memang tidak lagi relevan? Kita tunggu saja.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…