Review Taiko No Tatsujin – Drum Session: Bergendang Senang!

Reading time:
November 11, 2017
Taiko PS4 jagatplay 21

Berapa banyak dari Anda yang pernah mendengar nama Taiko sebelumnya? Dibandingkan dengan ratusan game AAA yang tersebar di pasaran saat ini, namanya tentu tidak akan pernah mendapatkan perhatian yang terpusat jika Anda memang tidak familiar sejak awal. Namun bagi gamer yang sempat aktif di mesin-mesin arcade, termasuk Indonesia sekalipun, sepertinya tidak akan asing lagi dengan nama yang satu ini. Benar sekali, Taiko no Tatsujin merupakan game “bedug / gendang” berbasis ritmik yang sempat muncul di mesin Arcade. Intinya sendiri mirip dengan game ritmik kebanyakan yang meminta Anda untuk memukul sang gendang dalam beragam titik sesuai dengan ketukan yang dituntut. Pengalaman arcade yang kini tersedia di Playstation 4.

Di bawah bendera raksasa Bandai Namco yang secara aktif terus membawa dan mempromosikan game yang satu ini di beragam event gaming yang ada, bahkan di E3 dan TGS sekalipun, Playstation 4 mendapatkan Taiko no Tatsujin. Setelah penantian yang cukup lama, ia akhrinya tersedia di pasaran. Anda bisa mendapatkannya sebagai sebuah game standalone yang memberikan ruang bagi Anda untuk menikmatinya melalui DualShock 4. Tetapi di sisi lain, Bandai Namco juga mendistribusikan sebuah kontroler terpisah berbentuk bedug terpisah cara definitif untuk menikmati game ritmik yang satu ini. Kami kebetulan mendapatkan versi yang terakhir ini.

Lantas, apa yang ditawarkan oleh Taiko no Tatsuji ini sendiri? Mengapa kami menyebutnya sebagai game bergendang senang? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Ritmik dengan Kustomisasi

Taiko PS4 jagatplay 9
Buat Anda yang tak terlalu familiar, Taiko adalah game ritmik dari Bandai Namco.

Taiko No Tatsujin adalah sebuah game ritmik. Untuk Anda yang tidak terlalu familiar dengan genre ini, Anda bisa menyebutnya sebagai game yang menjadikan ketukan di dalam lagu / irama spesifik sebagai pondasi gameplay. Intinya adalah menekan tombol yang muncul di layar dengan tepat, sesuai dengan lagu yang ada. Tiap lagu akan menawarkan tantangan tersendiri lewat kecepatan lagu, dempetnya ketukan, dan variasi yang biasanya menuntut Anda untuk mengeksekusi beragam aksi dalam gerak cepat. Anda yang mulai menikmatinya di beragam game terbaru mungkin menemukan konsep yang sama di game Project Diva milik Hatsune Miku misalnya. Atau Anda yang lebih “tua” akan menikmatinya di game seperti Bust a Groove atau si klasik – Dance Dance Revolution.

Maka hal ini pulalah yang ditawarkan oleh Taiko No Tatsujin. Variasi tantangan yang didistribusikan lewat tingkat kesulitan yang ada akan siap menawarkan tantangan untuk koordinasi mata dan tangan Anda. Di tingkatan kesulitan yang rendah, ketukan berjalan luang dari satu titik ke titik lainnya dengan hanya setidaknya dua atau tiga kombinasi tombol yang perlu Anda eksekusi. Namun seiring dengan meningkatnya tingkat kesulitan yang ada, maka kecepatan dan kepadatannya akan meladeni Anda. Tujuan utamanya? Tentu saja menyelesaikan sang lagu dengan mencapai jumlah skor yang dibutuhkan. Semakin banyak kombo yang Anda capai dari kemampuan untuk menekan setiap ketukan dengan tepat, maka semakin tinggi pula peluang Anda untuk menaklukkannya.

Taiko PS4 jagatplay 20
Ragam tingkat kesulitan untuk setiap lagu siap menantang Anda!
Taiko PS4 jagatplay 12
Versus Heihachi! Because, why not?!

Sisanya? Tentu saja menikmati memainkan lagu-lagu populer yang mereka pilih, tanpa harus membuka setiap dari mereka terlebih dahulu lewat rangkaian proses achievement dan sejenisnya. Beberapa lagu akan hadir dengan “lawan” untuk Anda tundukkan, selayaknya pertarungan melawan boss yang harus Anda menangkan, dan ia datang dari banyak franchise keren yang tak pernah Anda prediksi sebelumnya. Anda bisa bertarung melawan Hatsune Miku, Doraemon, Hello Kitty, hingga Heihachi dari Tekken sekalipun. Jika berhasil menang, maka Anda akan mendapatkan reward kosmetik.

Bahkan reward kosmetik ini bisa dibilang sebagai salah satu “daya tarik” yang mungkin mendorong Anda untuk terus mencicipi Taiko No Tatsujin. Lewat kemenangan yang Anda raih, Anda akan mendapatkan resource in-game yang bisa ditukarkan dengan semacam sistem box yang akan berisikan rangkaian item secara acak. Lewatnya, Anda bisa memodifikasi tampilan karakter gendang yang menemani Anda dengan cukup bebas, dari sekedar mengubah warna, memberikan karakter companion, hingga bahkan – menambahkan wig dari karakter-karakter ikonik yang Anda kalahkan untuknya.

Taiko PS4 jagatplay 30
Ragam item kosmetik ini bisa Anda dapatkan dengan sistem RNG, tentu melalui source uang in-game yang Anda dapatkan dari sesi bermain.
Taiko PS4 jagatplay 26
Bedug bentuk Miku? Nicee..

Mengingat lagu yang ia tawarkan, pengalaman untuk jangka panjang memang lebih diarahkan untuk mode kompetitif online yang tersedia. Bersama dengannya, Anda bisa berkompetisi melawan player lain dalam format ranked yang formatnya tentu saja standar – dimana lebih banyak kemenangan akan membawa Anda meraih level lebih tinggi dan bertemu dengan lawan setara yang punya pengalaman yang sama, begitu juga sebaliknya. Lagu yang ditandingkan selama proses online match ini juga acak, hingga tidak ada keuntungan untuk masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya. Proses sederhana dengan aura kompetitif yang kuat.

Taiko PS4 jagatplay 39
Ia hadir dengan mode multiplayer kompetitif.

Sisanya? Bersenang-senang. Jika Anda termasuk gamer perfeksionis, Anda bisa berusaha menjajal setiap lagu yang ada dengan jumlah ketukan sesempurna mungkin, yang tentu saja tidak akan bisa Anda lakukan begitu saja di tingkat kesulitan tertinggi. Berita baiknya? Proses ini kami yakini tidak akan membosankan jika mengingat lagu-lagu yang ia tawarkan.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…