Akhirnya, Kojima Bicarakan Gameplay dan Cerita Death Stranding!

Reading time:
December 12, 2017
death stranding2

Seperti sebuah puzzle besar yang kepingannya tak pernah lengkap, hingga membuat Anda sulit untuk melihat gambar apa yang sebenarnya tengah Anda antisipasi, tidak ada lagi kalimat yang lebih tepat untuk menjelaskan apa itu Death Stranding. Game yang satu ini memang begitu dinanti mengingat nama besar Hideo Kojima yang berdiri di belakangnya. Kebebasan kreatif sepeninggal dirinya dari Konami, franchise lain di luar nama Metal Gear Solid, dan sejauh ini teaser super menggoda menjadi motivasi utama. Namun sayangnya, alih-alih mendapatkan jawaban lebih jelas, trailer terbaru yang ia lepas di The Game Awards 2017 kemarin justru mengundang lebih banyak tanda tanya. Berita baiknya? Setidaknya kita sekarang punya sedikit kejelasan.

Tidak membiarkannya menggantung begitu saja, Hideo Kojima akhirnya angkat bicara. Dalam wawancara terbarunya dengan IGN, Kojima memberikan penjelasan untuk pondasi cerita dan gameplay yang akan diusung oleh Death Stranding nantinya. Ia juga mengekspresikan emosinya terkait beragam reaksi yang ia dapatkan di dunia maya. Lantas, apa yang menarik di sana? Berikut adalah penjelasan point-point penting, seperti yang dirangkum oleh situs gaming – Gematsu:

  • Tema utama Death Stranding adalah soal hidup dan mati. Kojima ingin gamer menyadari bahwa di game ini, mati bukan akhir segalanya.
death stranding3
Anda akan diteleportasi ke dunia yang berbeda setiap kali Anda tewas.
  • Di trailer terbaru, Anda bisa melihat karakter Norman Reedus – Sam tiba-tiba terteleportasi ke sebuah dunia penuh air setelah melihat ledakan besar dari sebuah raksasa. Kojima menyebut bahwa inilah yang akan terjadi setiap kali Anda mati di Death Stranding. Bahwa, Anda akan dibawa ke sebuah dunia yang berbeda.
  • Kerennya lagi? Dunia “kematian” ini juga bisa Anda eksplorasi. Sam memiliki kemampuan untuk bergerak di luar tubuhnya, mengambil kembali item misalnya. Di posisi ini, Kojima menyebut Anda berada di pertengahan antara hidup dan mati. Ia menyebutnya mirip dengan layar “Continue?” dengan hitung mundur ala game lawas.
d92a13f8 d67e 4c57 b85f 64c65b87267d
Berbeda dengan game kebanyakan yang menggunakan checkpoint, Anda akan hidup kembali di kondisi terakhir Anda tewas.
  • Ketika Anda sudah siap, Anda bisa kembali ke tubuh Anda. Namun tidak seperti game lain yang membawa Anda kembali ke checkpoint sebelumnya, Anda akan hidup kembali ke kondisi terakhir Anda tewas. Hal ini memberikan atmosfer keberlangsungan yang lebih kuat. Jika di trailer Anda melihat kawah yang tercipta setelah ledakan, Anda tewas, pas Anda kembali, kawah tersebut akan tetap ada. Jadi jumlah kawah ledakan yang ditemukan dan diciptakan setiap player akan berbeda satu sama lain nantinya.
rain timefall
Hujan di sini disebut sebagai “Timefall”
  • Hujan akan memainkan peran penting di dalam Death Stranding. Di trailer terbaru, Anda bisa melihat bagaimana hujan ini menghasilkan efek manipulasi waktu yang membuat tumbuhan berkembang cepat dan manusia menua begitu saja. Kojima menyebut hujan ini sebagai “Timefall” , dan merupakan salah satu bagian utama cerita. Karakter utama – Sam kabarnya punya hal unik terkait Timefall, walaupun Kojima menolak untuk berbicara lebih jauh.
  • Bayi yang muncul di teaser pertama saat di pantai, bayi yang muncul dalam tabung yang dipegang karakter Del Toro di teaser kedua, dan bayi yang berada di dalam kerongkongan Norman Reedus di trailer terbaru = dipastikan merupakan bayi yang sama.
death stranding4
Bayi di teaser pertama, kedua, dan trailer terakhir Death Stranding = bayi yang sama.
  • Bayi ini disebut Kojima akan berhubungan dengan cerita dan mekanik gameplay itu sendiri.
  • Robot “kelap-kelip” yang terhubung dengan Sam dan karakter yang lain punya namanya sendiri, namun Kojima menolak untuk membagikannya sekarang.
  • Kojima juga menyebut bahwa mode online akan menjadi bagian besar dari Death Stranding, dan ia berencana untuk menjajal sesuatu yang berbeda dengannya. Untuk saat ini ia masih belum bisa berbicara banyak.
  • Death Stranding tetap game yang berfokus pada single-player.
proter
“Porter”
  • Tulisan “Porter” yang tertulis di pakaian Sam untuk trailer terakhir tidak berhubungan dengan nama belakang atau pekerjaannya.
  • Cerita di trailer The Game Awards 2017 akan terjadi sesaat setelah prologue, dan merupakan salah satu sesi gameplay paling awal yang Anda temukan.
  • Mogok kerja yang terjadi di SAG-AFTRA beberapa waktu lalu, melibatkan capture dan voice-actor juga mempengaruhi Death Stranding. Kojima menyebut bahwa dirinya tidak bisa bekerja penuh terlepas dari dorongan Norman Reedus dan Mads Mikkelsen. Untungnya, mogok ini sudah berakhir, dan proses performance capture sudah berjalan penuh dari minggu lalu.
  • Kojima membantah bahwa apa yang ia lakukan saat ini hanyalah jalan-jalan dan bersenang-senang, sekedar membuang waktu dan uang. Ia menegakan bahwa saat ini ia hanya menunggu waktu yang tepat untuk memperlihatkan gameplay kepada publik. Proses pengembangan berjalan sesuai rencana.
  • Selama tahun 2017, Kojima Productions juga terus menyempurnakan engine dari Guerrilla Games – Decima Engine. Mengingat bahwa mereka menggunakannya untuk fungsi yang berbeda, mereka terus saling berkomunikasi untuk memanfaatkan engine ini secara optimal. Sejauh ini, kerjasama keduanya berjalan baik.
death stranding5
Kojima mengaku sedih melihat komentar bahwa ia hanya main-main dan menghambur-hamburkan uang saat ini.
  • Kojima mengaku merasa sedih setiap kali mendapatkan komentar dari fans bahwa ia sekedar main-main dan membuang-buang uang. Ia menyebut bahwa alih-alih yang dipercaya tersebut, proses pengembangan Death Stranding justru bisa dibilang terhitung cepat. Ia sudah punya perusahaan, ia sudah punya engine, ia sudah punya alat dan tim untuk meraciknya. Tetapi ia juga mengaku bahwa sudah menjadi standar bahwa sebuah game AAA butuh waktu 3-5 tahun untuk rampung. Untuk beberapa game bahkan, ia bisa menyentuh 10 tahun.
  • Jika Anda masih bingung soal trailer terbaru yang dirilis, Kojima menegaskan bahwa pada saatnya nanti, semuanya akan masuk akal, semuanya akan bisa Anda mengerti.

Sayangnya, belum ada pembicaraan soal rilis atau kapan-kapan kiranya kita bisa melihat gameplay Death Stranding secara langsung. Death Stranding saat ini diumumkan hanya untuk Playstation 4 saja, dengan informasi soal versi PC yang tidak pernah lagi mengemuka. Wow!

Source: IGN via Gematsu

Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…