Apple Paksa Dev. Game Mobile iOS Buka Persentase Lootbox

Reading time:
December 21, 2017

Lootbox, mendengar nama konsep yang satu ini sepertinya sudah cukup untuk membuat banyak gamer geram. Terlepas dari fakta bahwa banyak game di luar sana, seperti DOTA 2 atau Overwatch yang mengeksekusinya dengan cukup baik, terutama lewat sistem konten yang hanya memuat item kosmetik saja, kata “lootbox” itu sendiri memang punya konotasi negatif saat ini. Apalagi setelah apa yang terjadi dengan EA dan Star Wars Battlefront II milik mereka. Banyak gamer yang merasa bahwa dua buah justifikasi bahwa lootbox bisa diterima hanyalah: satu, ia disuntikkan di sebuah game free to play, atau dua, untuk game mobile yang memang sudah mengaplikasikan ini sejak lama. Namun perjalanan lootbox di iOS racikan Apple tidak akan sesederhana di masa lalu.

Setelah beragam kontroversi yang terjadi selama setidaknya dua bulan terakhir ini, Apple akhirnya memperbaharui guidlines mereka terkait pembelian item di dalam game. Kalimat baru dengan jelas menuliskan bahwa jika pembelian tersebut dihadirkan dalam bentuk lootbox atau format acak lainnya, developer harus menjelaskan dan membuka secara eksplisit berapa persentase kemungkinan untuk mendapatkan setiap item dalam lootbox. Semuanya harus disajikan sebelum konsumen membeli lootbox tersebut. Apa yang dilakukan Apple ini tentu saja memberikan kontribusi positif bagi para calon konsumen game mobile berbasis iOS yang tertarik.

Apple kini mengharuskan game iOS dengan lootbox untuk membuka persentase peluang mendapatkan setiap item.

Ini juga bukan pertama kalinya keharusan membuka persentase ini dilakukan. Pemerintah China di masa lalu juga sempat mendorong game raksasa seperti Overwatch dan DOTA 2 untuk menempuh hal yang sama, membuka berapa sebenarnya peluang untuk mendapatkan item-item tertentu di dalam lootbox. Bagiamana dengan Anda sendiri? Apakah Anda termasuk gamer yang senang dengan informasi peluang ini? Atau Anda termasuk gamer yang tetap merasa bahwa persentase seperti ini seharusnya tetap dirahasiakan untuk membuat lootbox terasa lebih seru?

Source: Apple

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…
December 4, 2020 - 0

Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang…
December 3, 2020 - 0

Preview Immortals Fenyx Rising: Dewa dan Monster!

Perhatian untuk proyek yang satu ini memang terhitung besar ketika…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…