10 Game Keren yang Butuh Mode Battle-Royale ala PUBG!

Reading time:
January 9, 2018
tlou multi 1

PUBG adalah salah satu fenomena industri game terbesar di tahun 2017 kemarin. Game multiplayer yang kini tersedia untuk PC dan Steam tersebut memang menghajar industri game layaknya sebuah tsunami besar yang tidak terelakkan, terlepas apakah Anda termasuk gamer yang tertarik mencicipinya atau tidak. Walaupun masih belum sempurna, ada banyak elemen yang dieksekusi dengan baik oleh Bluehole Studio dan PUBG Corp terkait dengannya, yang di akhir, bergabung menjadi elemen yang menjadikannya sebuah game multiplayer yang menyenangkan, seru, dan adiktif di saat yang sama. Kebijakan untuk tidak mengeksploitasinya lebih jauh untuk sekedar mengejar keuntungan semata juga jadi sesuatu yang pantas untuk disambut baik. Di mata developer dan publisher lain, kesuksesan yang diraih PUBG selama tahun 2017 kemarin adalah sebuah “target” baru yang menarik untuk diikuti.

Tidak sekedar mengikuti kebijakan yang sama, tetapi berusaha menawarkan format yang serupa, semakin banyak game-game yang mulai menyuntikkan mode battle-royale, terlepas apakah ia punya tema yang cocok ataupun tidak. Mengekor popularitas yang diraih oleh PUBG, game seperti Fortnite menjadi awal, kemudian diikuti oleh beragam konten mod di beragam judul, dan akhirnya tiba di game yang tak pernah diprediksi sebelumnya akan mampu memiliki konten battle-royale di dalamnya – Paladins. Apakah proses meniru seperti ini selalu buruk? Tentu saja, tidak. Di mata kami, ada banyak game di luar sana yang sebenarnya, justru bisa saja langsung mengadaptasikan mode yang satu ini ke dalam produk mereka, dan berpotensi berakhir fantastis. Bahkan tidak mungkin, jika dieksekusi dengan tepat, ia akan jadi salah satu daya tarik yang memperkuat atau mengembalikan popularitas yang ada.

Lantas, dari semua game keren yang berada di pasaran saat ini, manakah yang menurut kami pantas untuk mendapatkan mode Battle-royale ala PUBG dan berpotensi berakhir lebih keren? Inilah toplist versi JagatPlay:

  1. Ghost Recon: Wildlands

Ghost Recon Wildlands closed beta 44

Sepertinya sudah jadi pilihan yang terlewat jelas, ini mungkin reaksi pertama sebagian besar dari Anda ketika melihat judul toplist kami kali ini. Dengan dunia super luas yang ia usung dengan tema pertempuran modern dengan rangkaian senjata dan peralatan taktis, termasuk kesempatan untuk menikmatinya dari kacamata orang pertama, tidak ada alasan sebenarnya bagi Ghost Recon: Wildlands untuk tidak mengekor PUBG dan menawarkan mode Battle-Royale di dalam game action yang sebenarnya sudah solid ini. Yang perlu mereka tambahkan hanyalah sebuah dunia kosong yang memuat loot di dalamnya dan mungkin beberapa NPC untuk membuatnya terasa lebih hidup. Sisanya? Tawarkan saja sensasi “standar” Wildlands dalam format Battle-Royale. Sederhana, tepat, dan pastinya, akan membuat game ini punya daya tarik baru yang sulit untuk dikesampingkan begitu saja.

  1. Splatoon 2

Splatoon 2 jagatplay part 1 8

Pernahkah Anda membayangkan apa jadinya jika Nintendo memutuskan bahwa game third person shooter tanpa kekerasan andalannya – Splatoon 2, punya mode battle-royale. Mengingat bahwa ia juga mengusung beragam varian senjata yang bisa digunakan, tidak ada lagi game yang lebih tepat untuk mengaplikasikan mode yang satu ini. Namun alih-alih kendaraan perang, Nintendo bisa saja mengimplementasikan sistem pergerakan lebih cepat menggunakan mekanisme standar dari versi dasarnya – yakni menggunakan tinta sebagai jalur. Dengan menggunakannya, gamer otomatis akan membuka jalur pergerakannya di peta, dan berpotensi membuatnya mudah ditemukan. Sementara gamer yang memilih untuk berlari tanpa menggunakan tinta, bisa lebih aman bermanuver, namun bergerak lambat. Sisanya? Seperti halnya Splatoon 2, bersenang-senang dengan menggunakan rangkaian senjata tinta apapun yang Anda temukan selama proses looting.

  1. Battlefield 1

Battlefield 1 multiplayer jagatplay 95 1 600x338 1

Harus diakui, ada banyak game FPS kompetitif tidak berbasis hero ala Overwatch atau Paladins di luar sana yang sebenarnya potensial untuk mendapatkan mode Battle-Royale dan berakhir mengeksekusinya dengan luar biasa. Dengan popularitas franchise yang mungkin lebih familiar bagi lebih banyak gamer, apalagi jika mereka mempertahankan sensasi dan beragam physics saat memegang senjata yang ada, maka kombinasi nyaris sempurna bisa Anda dapatkan. Battlefield 1 dari DICE dan EA sudah punya pondasi untuk itu. Yang perlu disesuaikan hanyalah dengan menawarkan peta perang klasik sebagai “arena bermain”, dan mengkombinasikannya dengan proses balancing kendaraan berat di darat dan “menghapus” pesawat tempur untuk bisa digunakan. Sisanya adalah sebuah game Battlefield dengan 100 orang di dalam satu peta, berusaha membunuh satu sama lain dengan menggunakan senjata apapun yang mereka dapatkan.

  1. Saints Row IV

saints row iv

Jika game seperti Paladins yang punya sistem hero dengan beragam skill unik bisa dijadikan game battle-royale, walaupun masih belum bisa dibuktikan akan berhasil atau tidak, maka potensi yang sama juga sebenarnya tersimpan di dalam game superhero dari Volition – Saints Row IV. Pertama, ia masih game third person shooter yang masih menitikberatkan diri pada kebutuhan untuk menggunakan senjata yang tepat, yang juga memuat banyak varian aneh dan keren di dalamnya. Kedua? Implementasi sistem superhero bisa membuat mode Battle-Royale diusung menjadi jauh lebih menarik. Bayangkan sebuah skenario perang urban dimana gamer yang ingin melakukan navigasi cepat bisa melakukan lompatan dari gedung ke gedung dengan mudah, namun membuka resiko dimana posisinya akan jadi target pemain yang lain. Atau bayangkan sebuah skenario dimana ketika Anda yang punya kemampuan fisik yang luar biasa, bisa saja melempar kendaraan untuk membunuh player lain ketika senjata tidak ditemukan. Proses balancing yang dibutuhkan mungkin terletak pada pembatasan penggunaan kemampuan superhero itu sendiri.

Tags:

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 26, 2022 - 0

Review Uncharted – Legacy of Thieves Collection: Ekstra Tenaga Berburu Harta!

Sebuah seri yang membantu Playstation 3 menemukan posisi yang lebih…
January 26, 2022 - 0

Review WD_BLACK SN850: Upgrade Playstation 5 Jadi 2TB!

Ketika pertama kali dirilis, PlayStation 5 sudah menawarkan storage internal…
January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…