Review Dragon Ball FighterZ: Game Dragon Ball Terbaik!

Reading time:
January 23, 2018
Dragon Ball FighterZ jagatplay PART 1 1

Sudah berapa seri game Dragon Ball yang Anda cicipi hingga saat ini? Maka percaya atau tidak, jumlahnya akan sesuai dengan usia si gamer itu sendiri. Untuk mereka yang sudah cukup berumur, semuanya dimulai dari pesona era SNES yang mulai mampu memotret sosok sejelas Goku dan Vegeta dengan detail luar biasa. Untuk gamer yang sedikit lebih muda, GT Final Bout selalu menawarkan banyak cerita penuh keluh kesah dan rasa frustrasi, bahkan tak ragu, meninggalkan cedera menyakitkan di jari. Banyak yang memulai dari era Playstation 2 dan jatuh cinta pada Budokai Tenkaichi – game fighting dalam format tiga dimensi yang setia dengan apa yang kita kenal selama ini dari seri anime / manga-nya. Intinya? Ini adalah sebuah ikon yang sudah tumbuh bersama industri game untuk waktu yang cukup lama. Sebuah seri yang tidak bisa ditangani dengan sembarang saja.

Untungnya, Bandai Namco menggaet developer game fighting kawakan – Arc System Works untuk mengerjakan sebuah seri game fighting terbaru – Dragon Ball FighterZ. Anda yang sempat membaca artikel preview kami kemarin sepertinya sudah punya sedikit gambaran apa yang ditawarkan oleh game yang satu ini, dan betapa kami jatuh hati pada yang ia tawarkan. Hampir semua elemen yang ia tawarkan, dari “sekedar” urusan presentasi visual, audio, animasi gerak tiap karakter, hingga eksekusi kombo serangan yang cepat berbasis timing berhasil membuat game ini tidak hanya terlihat indah, tetapi juga seru untuk dicicipi. Sebuah seri game Dragon Ball yang terasa pantas untuk mewakili apa yang kita cintai dari seri manga / anime-nya di masa lalu ataupun masa kini.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon Ball FighterZ ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai seri Dragon Ball terbaik? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Dragon Ball FighterZ jagatplay PART 1 29
Diracik oleh Akira Toriyama sendiri, Android 21 merupakan “tokoh sentral” untuk mode cerita Dragon Ball FighterZ.

Jika Anda mengikuti beragam informasi yang dilepas Bandai Namco selama beberapa bulan terakhir ini, maka Anda tentu sudah tahu bahwa tokoh sentral untuk plot Dragon Ball FighterZ akan berpusat pada karakter baru yang diracik oleh Akira Toriyama secara langsung – Android 21. Namun satu kejutan yang belum mereka bicarakan? Ternyata kisah terkait sosok baru ini tidak hanya menawarkan satu garis cerita saja, tetapi tiga buah dengan karakter protagonis yang berbeda-beda. Tiga buah arc cerita yang di kami, berhasil menawarkan konten gameplay single-player hampir 8 jam tanpa henti, dengan pertarungan demi pertarungan terjadi.

Kisah terkait Android 21 ini akan diambil dari tiga cerita: Protagonis dengan Goku sebagai tokoh sentral, Antagonis dengan Frieza sebagai motor pendorong plot, dan yang terakhir – Android 21 itu sendiri. Ketiganya bukan merupakan satu kisah dengan perspektif berbeda, melainkan tiga kisah berbeda yang masing-masing menawarkan alternatif pendekatan yang semuuanya berpusat pada sosok Android 21. Namun, setiap dari mereka berbagi premis yang sama. Anda bangun tak sadarkan diri dengan sebuah jiwa misterius yang terhubung pada tubuh karakter manapun yang Anda kendalikan. Dunia sedang diancam bahaya, dengan para petarung terkuat yang tiba-tiba lemah dan tertidur pulas, yang kemudian diikuti dengan Clone-Clone mereka dalam wujud gelap yang mulai menciptakan kekacauan di bumi. Tugas Andalah untuk menghentikannya.

Dragon Ball FighterZ jagatplay PART 1 89
Game ini tidak hanya menawarkan satu saja, tetapi 3 arc cerita berbeda di dalamnya!
Dragon Ball FighterZ jagatplay PART 1 39 1
Clone yang tiba-tiba muncul dan menimbulkan kekacauan di bumi.

Walaupun menawarkan tiga buah kisah berbeda, seperti yang bisa diprediksi, Anda tidak akan menemui sesuatu yang unik dan spektakuler di sini. Ia masih berbagi identitas kisah Shonen pada umumnya, dimana satu kekuatan yang lebih baik berjuang untuk mengalahkan kekuatan jahat yang tentu saja, memiliki kemampuan dan energi lebih besar daripada musuh manapun yang Anda hadapi saat ini. Tetapi ada satu fakta menarik. Walaupun ketiganya berdiri sebagai cerita sendiri, namun latar belakang dan penjelasan soal beberapa misteri akan tersebar, disajikan, dan dibuka di arc-arc terpisah ini. Sisanya adalah menikmati perjalanan bersama dengan Bulma yang juga bisa disebut, sebagai tokoh sentral yang akan terus menemani Anda, dalam cut-scene penuh cut-scene di antara pertarungan yang ada.

Dragon Ball FighterZ jagatplay PART 1 143
Belum cukup gila? Cell dan Frieza yang sudah tewas pun hidup kembali!
Dragon Ball FighterZ jagatplay PART 1 147 1
Apa yang sebenarnya terjadi?

Lantas, siapa sebenarnya Android 21? Mengapa tiba-tiba banyak clone tercipta di dunia dengan para petarung yang tertidur? Bagaimana pula musuh-musuh Goku dapat hidup kembali setelah tewas di pertarungan masa lampau? Semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini tentu bisa Anda dapatkan dengan memainkan Dragon Ball FighterZ ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…