15 Game “Shio Anjing” Paling Keren!

Reading time:
February 19, 2018

Kami tentu saja hendak mengucapkan Selamat Imlek dulu untuk semua gamer yang merayakan hari raya tersebut. Walaupun Anda tak merayakannya, sepertinya hampir mustahil untuk “mengelak” dari beragam informasi terkait hari besar suku Tionghua ini dari dunia maya ataupun berita-berita budaya yang menghampiri layar kaca televisi Anda. Salah satu informasi yang sudah pasti Anda dengar? Bahwa tahun 2018 ini akan menjadi tahun “Anjing Tanah”,  dari sistem Shio yang sepertinya melekat pada sistem kultural suku Tionghua itu sendiri. Secara sederhana, anak-anak yang lahir di tahun Anjing akan mendapatkan shio Anjing yang kemudian diasosiasikan dengan takdir peruntungan, jodoh, pekerjaan, hingga kepribadian itu sendiri. Tak masuk akal di telinga Anda? Sangat bisa dimengerti mengingat ini adalah salah satu sistem kepercayaan yang sudah mengakar selama lebih dari ribuan tahun. Lantas, apa hubungannya dengan video game?

Anda tahu apa yang menarik dari sistem Shio orang Tionghua? Bahwa ia adalah sebuah siklus yang akan berulang setiap 12 tahun untuk bertemu dengan binatang Shio yang sama di masa depan. Jika tahun 2018 merupakan tahun anjing, maka baru di tahun 2030 mendatang kita baru akan bertemu dengan tahun Anjing kembali, namun dengan elemen berbeda yang mengikutinya. Hal yang sama juga terjadi  secara retrospektif. Kerennya lagi? Dengannya, Anda juga bisa memprediksi usia mereka yang ber-shio Anjing dengan mudah tahun ini karena kelipatan serupa bisa diaplikasikan. Jika seseorang menyebut mereka memiliki shio Anjing di tahun 2018 ini, maka mereka bisa saja berumur 12, 24, 36, 48, atau 60 tahun. Neato, right?

Berangkat dari pengetahuan ini pula lah, kami merangkum game-game apa saja yang jika mengikuti standar Shio suku Tionghua, sebenarnya memiliki “Shio Anjing”. Mengingat industri game baru mulai memasuki pasar industri hiburan mainstream via arcade di awal tahun 1980-an, maka kita harus menghitung mundur game-game yang berdiri antara 1980-an dengan tahun 2018, yang notabene merupakan game-game yang lahir dalam siklus 12 tahun-an. Maka kita bertemu dengan game-game “Shio Anjing” yang dirilis di tahun 1982, 1994, dan terakhir – 2006. Tahun-tahun berbeda generasi dengan produk andalan mereka sendiri-sendiri.

Lantas, dari game-game yang memiliki “Shio Anjing” tersebut, manakah yang menurut kami paling keren? Ini dia, versi JagatPlay:

15. Dig-Dug (1982)

Sebagian besar dari kita mungkin belum lahir ketika game yang satu ini, untuk pertama kalinya, tiba di mesin arcade lawas. Gamer yang sempat tumbuh dengan PC lampau yang masih menggunakan disket besar sepertinya tidak akan asing lagi dengan nama Dig-Dug. Berperan sebagai seorang penggali bersenjatakan pompa yang memungkinkan Anda untuk menggelembungkan musuh di depan mata dan menghancurkan mereka, ia adalah sebuah game sederhana dengan tingkat kesulitan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Beragam bunyi ikonik yang menyertainya adalah salah satu kekuatan seri yang satu ini, sekaligus yang menjadikannya begitu memorable bahkan hingga saat ini sekalipun. Untuk Anda yang sempat punya PC berdisket besar di masa lampau, ini mungkin jadi salah satu game yang sempat terbakar di otak, namun dengan judul yang sulit lagi digali.

14. Dead Rising (2006)

Zombie selalu identik dengan sebuah game yang menakutkan dan menegangkan, seperti yang selalu ditawarkan Capcom dengan Resident Evil. Namun segala sesuatunya tampil berbeda dan berubah ketika nama Dead Rising mengemuka ke permukaan. Bermain sebagai Frank West dalam skema open-world, lahirlah sebuah franchise yang justru lebih menargetkan para mayat hidup ini tidak lebih dari sekedar media untuk bersenang-senang. Menghajar mereka dengan rangkaian senjata berbeda dan kostum-kostum menarik yang bisa Anda temukan di sepanjang perjalanan, ia menawarkan sebuah daya tarik baru yang begitu unik di kala itu. Fakta bahwa kita masih bisa menikmati seri terbaru franchise ini hingga saat ini, walaupun dengan tingkat popularitas yang kian menurun, sepertinya jadi testimoni akan kualitas seri perdananya..

13. Super Street Fighter II Turbo (1994)

Street Fighter? Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kami memilih game yang satu ini sebagai salah satu game shio “Anjing” terbaik. Menghadirkan konsep yang hampir serupa dengan seri pertama dan originalnya, perbaikan Capcom tidak selalu soal sekedar visual saja, tetapi perluasan cerita yang kini memungkinkannya untuk menyuntikkan lebih banyak karakter baru di dalamnya. Super Street Fighter II Turbo merupakan seri pertama yang memperkenalkan sosok Akuma / Gouki – salah satu karakter paling ikonik franchise yang satu ini. Bahwa kakak seperguruan dari guru Ryu dan Ken dengan naluri haus darah ini terus eksis, tampil garang, dan bahkan menjadi motor pendorong cerita di franchise kompetitor walaupun ia sekedar tampil sebagai karakter tamu saja.

12. Tekken (1994)

Ia memang bukan game fighting pertama dengan model tiga dimensi. Virtua Fighter dari SEGA menjadi yang pertama melakukan hal tersebut dan menjadikannya sebagai salah satu game fighting paling ikonik di industri game. Walaupun demikian, jika berbicara soal judul yang kemudian berhasil menyempurnakannya lewat visual yang tentu lebih enak dipandang dan juga, animasi yang lebih manis, maka sulit untuk tidak menyebut nama Tekken sebelumnya. Ini adalah seri pondasi yang juga kian disempurnakan hingga kita bertemu dengan Tekken 3 yang fenomenal dan berakhir menjadi game fighting perdana untuk banyak gamer di luar sana.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…