Akhirnya, Perubahan Sistem Lootbox Star Wars Battlefront II Diumumkan!

Reading time:
March 19, 2018
Star Wars Battlefront II jagatplay part 1 43

Tamak? Atau semata-mata terlalu lugu karena berharap bahwa skema yang sebenarnya sudah mereka implementasikan di seri FIFA dan memang berkontribusi signifikan pada keuntungan bisa berujung sukses juga di Star Wars Battlefront II? Apapun yang terjadi di proses pengambilan keputusan yang terjadi di belakang layar, EA dan DICE sudah melakukan blunder. Kritik pedas di awal dan stigma negatif begitu melekat, dengan gelombang protes yang bahkan cukup untuk membuat mereka mengubah kebijakan yang ada. Mereka sendiri sudah mengkonfirmasikan bahwa mereka akan “memperbaiki” hal ini, setidaknya dari sistem lootbox berskema Pay to Win yang sempat terjadi di awal. Berbulan-bulan tanpa informasi jelas, update tersebut akhirnya tiba.

Seperti yang sempat kami tuliskan di review, skema Pay to Win hanyalah sedikit dari beragam keluhan yang melekat pada Star Wars Battlefront II itu sendiri. Salah satu masalah lain adalah sistem progression berbasis lootbox, yang tentu saja membuat perkembangan karakter hero atau kelas yang Anda favoritkan, berakhir terkunci di balik RNG dan bukannya sistem normal yang seharusnya. Setelah begitu banyak janji selama beberapa bulan terakhir ini, Star Wars Battlefront II akhirnya berbagi detail soal “perbaikan” yang mereka rencanakan. Setidaknya dari informasi awal ini, sepertinya beragam keluhan utama akan diselesaikan di sini. Apa saja? Ini dia:

Star Wars Battlefront II jagatplay part 1 149
Update yang mengubah sistem lootbox dan progression karakter akhirnya akan meluncur bulan ini juga!
  • Sistem progression kini akan berjalan Linear. Tidak lagi terkunci di balik lootbox dengan RNG, Star Cards yang berpengaruh pada gameplay kini didapatkan langsung dari gameplay dan tidak bisa lagi dibeli. Ini membuat skema “Pay to Win” otomatis tidak lagi terjadi.
  • Memainkan kelas, karakter hero, dan pesawat di multiplayer kini akan memberikan experience points untuk masing-masing dari mereka. Ketika EXP Points sudah cukup dan naik level, Anda akan mendapatkan 1 Skill Points yang bisa dipakai untuk membuka atau melakukan upgrade Star Cards yang ingin Anda gunakan.
  • Semua Star Cards dan progression yang sudah Anda dapatkan sebelum update ini akan tetap bisa dipakai dan digunakan.
  • Lootbox tidak lagi memuat konten Star Cards. Lootbox juga tidak lagi bisa dibeli dengan uang nyata.
  • Lootbox hanya berisikan Credits (uang in-game) atau item Cosmetic seperti emote dan animasi kemenangan karakter. Tidak akan ada yang berpengaruh pada gameplay. Lootbox bisa didapatkan dengan menyelesaikan Milestones, challenges, atau log in harian.
  • Mulai dari bulan April, Anda bisa membeli item-item kosmetik dengan menggunakan Credits (in-game) atau menggunakan Crystals (microtransactions).

EA dan DICE menyebut bahwa update ini adalah langkah besar awal mereka untuk terus menyempurnakan konten dan gameplay Star Wars Battlefront II itu sendiri. Mereka berjanji akan menawarkan lebih banyak di masa depan, dari patch balancing hingga mode permainan. Mereka juga optimis bahwa gamer akan cukup terkejut dengan apa yang tengah mereka rencanakan saat ini.

Update ini rencananya akan mulai didistribusikan pada tanggal 21 Maret 2018 mendatang. Star Wars Battlefront II sendiri saat ini sudah tersedia untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC, dan termasuk salah satu game terbaru EA yang secara konsisten mendapatkan diskon harga, yang semakin terjangkau. Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah update ini siap untuk membuat Anda tertarik dan terjun masuk ke dalam perang galaksi berskala masif ini?

Source: EA

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…