Rilis Playstation 5 Masih Lama?

Reading time:
April 11, 2018

Apakah ini sudah saatnya berbicara soal konsol generasi selanjutnya dari Sony? Banyak orang yang sepertinya berpendapat demikian. Mengingat usia Playstation 4 yang sudah berumur 5 tahun, eksistensi Pro yang didesain Sony untuk “memperpanjang” usia platform generasi terkini ini pun sudah mulai tak mampu menangani beberapa game rilis terkini dengan kualitas visualisasi yang mumpuni. Banyak yang yakin bahwa ini adalah saatnya Sony memperkenalkan Playstation 5 ke publik. Beberapa rumor dan spekulasi tidak berdasar bahkan menyebut bahwa devkit sudah meluncur ke developer besar dan pengumuman akan terjadi di tahun 2018 ini. Jika Anda termasuk gamer yang khawatir bahwa pergantian generasi sudah berada di depan mata, Anda tidak perlu banyak memikirkannya. Proses investigasi yang dilakukan situs gaming – Kotaku membantah hal tersebut.

Sebagai salah satu jurnalis investigatif dengan sepak terjang yang cukup diakui di industri game – Jason Schreier mendedikasikan artikel teranyarnya untuk membahas potensi Playstation 5 tersebut. Jason mengaku sudah berbicara dengan belasan developer yang ada, via email dan text, dan tidak ada satupun dari mereka yang tahu-menahu soal eksistensi Playstation 5. Terlepas dari fakta bahwa ia bertanya pada banyak pegawai dari bidang berbeda, hampir kesemuanya menyebut bahwa tidak ada informasi terkait Playstation 5 masuk ke dalam kantor mereka, walaupun beberapa ?di antara mereka punya proyek game yang akan dirilis di tahun 2019 mendatang.

Proses investigasi yang dilakukan oleh Kotaku ke belasan developer / publisher dari beragam bidang berujung pada satu kesimpulan: mustahil Sony akan merilis Playstation 5 di tahun 2018 atau 2019.

Jason juga menyebut bahwa ia juga mendapatkan informasi bisa dipercaya dari dua sumber dekat Sony yang menegaskan bahwa hampir mustahil rasanya untuk melihat rilis Playstation 5 dalam waktu dekat, baik di tahun 2018 ataupun di tahun 2019 mendatang. Salah satu di antara mereka menegaskan bahwa segala sesuatunya bisa berubah jika memang ada hal yang membuat Sony harus melakukan segala sesuatunya lebih cepat, seperti pengumuman tiba-tiba konsol generasi terbaru dari kompetitor utama – Microsoft misalnya. Namun untuk saat ini, tidak ada rencana untuk memperkenalkan Playstation 5 dalam waktu dekat. Memang ada informasi “tercium” di developer first dan third-party, namun kerahasiaannya cukup mengindikasikan bahwa waktu rilis yang dekat terhitung mustahil.

Jason juga menyebut bahwa informasi terkait devkit Playstation 5 yang pada dasarnya tidak berbeda dengan sebuah PC dengan sistem operasi yang unik juga tidak terdengar gaungnya lewat beragam wawancara yang ia lakukan. Lagipula ia menyebut, bahwa devkit seperti ini biasanya dirahasiakan dengan sangat baik oleh Sony, hingga pada tahap hanya memperbolehkannya digunakan atau diakses oleh sejumlah pegawai saja di dalam studio developer tertentu.

Dengan begitu banyaknya game eksklusif Playstation 4 yang masih akan dilepas dalam satu atau dua tahun ke depan, sepertinya kita masih akan bertemu dengan masa keemasan konsol milik Sony tersebut lagi. Kita berbicara soal produk seperti Death Stranding, The Last of Us Part II, Ghost of Tsushima, dan Days Gone yang sepertinya kian menegaskan bahwa peralihan generasi, tidaklah secepat yang banyak gamer perkirakan dan bayangkan. Fiuhh..

Source: Kotaku

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…