Rilis Playstation 5 Masih Lama?

Reading time:
April 11, 2018
ghost of tsushima

Apakah ini sudah saatnya berbicara soal konsol generasi selanjutnya dari Sony? Banyak orang yang sepertinya berpendapat demikian. Mengingat usia Playstation 4 yang sudah berumur 5 tahun, eksistensi Pro yang didesain Sony untuk “memperpanjang” usia platform generasi terkini ini pun sudah mulai tak mampu menangani beberapa game rilis terkini dengan kualitas visualisasi yang mumpuni. Banyak yang yakin bahwa ini adalah saatnya Sony memperkenalkan Playstation 5 ke publik. Beberapa rumor dan spekulasi tidak berdasar bahkan menyebut bahwa devkit sudah meluncur ke developer besar dan pengumuman akan terjadi di tahun 2018 ini. Jika Anda termasuk gamer yang khawatir bahwa pergantian generasi sudah berada di depan mata, Anda tidak perlu banyak memikirkannya. Proses investigasi yang dilakukan situs gaming – Kotaku membantah hal tersebut.

Sebagai salah satu jurnalis investigatif dengan sepak terjang yang cukup diakui di industri game – Jason Schreier mendedikasikan artikel teranyarnya untuk membahas potensi Playstation 5 tersebut. Jason mengaku sudah berbicara dengan belasan developer yang ada, via email dan text, dan tidak ada satupun dari mereka yang tahu-menahu soal eksistensi Playstation 5. Terlepas dari fakta bahwa ia bertanya pada banyak pegawai dari bidang berbeda, hampir kesemuanya menyebut bahwa tidak ada informasi terkait Playstation 5 masuk ke dalam kantor mereka, walaupun beberapa ?di antara mereka punya proyek game yang akan dirilis di tahun 2019 mendatang.

the last of us part II
Proses investigasi yang dilakukan oleh Kotaku ke belasan developer / publisher dari beragam bidang berujung pada satu kesimpulan: mustahil Sony akan merilis Playstation 5 di tahun 2018 atau 2019.

Jason juga menyebut bahwa ia juga mendapatkan informasi bisa dipercaya dari dua sumber dekat Sony yang menegaskan bahwa hampir mustahil rasanya untuk melihat rilis Playstation 5 dalam waktu dekat, baik di tahun 2018 ataupun di tahun 2019 mendatang. Salah satu di antara mereka menegaskan bahwa segala sesuatunya bisa berubah jika memang ada hal yang membuat Sony harus melakukan segala sesuatunya lebih cepat, seperti pengumuman tiba-tiba konsol generasi terbaru dari kompetitor utama – Microsoft misalnya. Namun untuk saat ini, tidak ada rencana untuk memperkenalkan Playstation 5 dalam waktu dekat. Memang ada informasi “tercium” di developer first dan third-party, namun kerahasiaannya cukup mengindikasikan bahwa waktu rilis yang dekat terhitung mustahil.

Jason juga menyebut bahwa informasi terkait devkit Playstation 5 yang pada dasarnya tidak berbeda dengan sebuah PC dengan sistem operasi yang unik juga tidak terdengar gaungnya lewat beragam wawancara yang ia lakukan. Lagipula ia menyebut, bahwa devkit seperti ini biasanya dirahasiakan dengan sangat baik oleh Sony, hingga pada tahap hanya memperbolehkannya digunakan atau diakses oleh sejumlah pegawai saja di dalam studio developer tertentu.

Dengan begitu banyaknya game eksklusif Playstation 4 yang masih akan dilepas dalam satu atau dua tahun ke depan, sepertinya kita masih akan bertemu dengan masa keemasan konsol milik Sony tersebut lagi. Kita berbicara soal produk seperti Death Stranding, The Last of Us Part II, Ghost of Tsushima, dan Days Gone yang sepertinya kian menegaskan bahwa peralihan generasi, tidaklah secepat yang banyak gamer perkirakan dan bayangkan. Fiuhh..

Source: Kotaku

Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…