Review Super Robot Wars X: Perang Robot Super Keren!

Reading time:
May 4, 2018

Cerita: Antara Penting atau Tidak

Super Robot Wars X jagatplay 30
Menikmati cerita super panjang Super Robot Wars X berujung tidak seberapa penting. Namun tentu saja, ada hal yang harus Anda ingat.

Memang sedikit unik memang bahwa review kami kali ini memberikan satu ruang terpisah untuk membicarakan sisi cerita yang ditawarkan oleh Super Robot Wars X. Bukan karena ia begitu memesonannya hingga ia pantas untuk mendapatkan porsi pembahasan tersendiri, tetapi lebih karena pada sifatnya yang sepertinya mampu membagi gamer menjadi dua kelompok besar: mereka yang peduli dan mereka yang tidak.

Super Robot Wars X jagatplay 93
Semakin banyak seri yang Anda kenal di sini, semakin baik pula Anda bisa menikmati Super Robot Wars X ini.

Mengingat bahwa daya tarik Super Robot Wars X adalah pertempuran para mecha-mecha ikonik yang muncul dari ragam franchise anime mecha besar seperti Cross Ange, Code Geass, Gundam Wings, Gurren Lagann, hingga Mazinger, maka rasa ketertarikan Anda tentu akan sangat bergantung pada seberapa intens Anda sebagai seorang “penikmat anime / manga mecha”. Mengapa? Karena harus diakui, percaya atau tidak, rasa ketertarikan Anda menikmati Super Robot Wars X akan dipengaruhi pada seberapa familiarnya Anda dengan source material yang ada di sini. Karena akan jadi sesuatu yang sia-sia bagi Bandai Namco untuk melemparkan begitu banyak animasi serangan spesial dan sebagainya, jika Anda tidak paham mengapa serangan-serangan ini begitu istimewa atau memukau. Gamer yang tidak menikmati anime mecha sama sekali akan kehilangan sesuatu yang menarik, sementara gamer seperti kami yang hanya menikmati beberapa, akan berakhir menjadikan karakter-karakter ini sebagai tim utama.

Super Robot Wars X jagatplay 88
Konflik dari source original dilebur sebagai bagian dari skenario cerita utama.
Super Robot Wars X jagatplay 210
Akan ada apresiasi ekstra yang muncul jika Anda memahami apa yang terjadi di layar.

Karena yang ditawarkan Bandai Namco di sini bukan sekedar karakter dan mecha saja, tetapi juga usaha untuk melebur beragam konflik original di masing-masing seri ke dalam cerita berbasiskan dunia Al-Wrath ini. Sebagai contoh? Konflik antara ras Spiral dan Anti-Spiral di Gurren Lagann yang juga melibatkan Simon dan Nia sebagai dua entitas yang berdiri berseberangan misalnya, juga disuntikkan sebagai bagian dari konflik dan skenario yang harus dilalui di Super Robot Wars X ini. Tidak begitu panjang memang, namun tetap diposisikan sebagai konflik sentral. Bagi gamer yang sempat menonton Gurren Lagann, ia jadi sesuatu yang unik untuk dicerna lewat perspektif dan pendekatan baru. Tapi seperti kasus yang sebelumnya, gamer yang tidak familiar tidak akan mendapatkan ekstra sensasi apapun.

Dan inilah yang jadi masalah utama Super Robot Wars X itu sendiri. Dengan sekitar 20-an franchise terlibat dan masing-masing di antaranya bisa berujung membawa 5-10 karakter, masing-masing dengan mecha berbeda, dan masing-masing melebur konflik mereka sebagai bagian dari skenario, game ini bisa terasa terlalu besar dan luas untuk bisa dinikmati oleh gamer yang tidak familiar sama sekali, atau bahkan, yang hanya mengenal beberapa franchise di antaranya. Berita baiknya? Cerita tidak pernah menjadi bagian yang begitu esensial dari game ini. Anda hanya perlu tahu latar belakang cerita dasar yang ia usung dan langsung terjun ke dalam pertempuran demi pertempuran, dengan gameplay strategi sebagai fokus. Anda memang akan kehilangan salah satu nilai utamanya, namun tidak berdampak begitu signifikan jika yang Anda kejar memang sekedar gameplay strategi yang ia usung.

Super Robot Wars X jagatplay 112
Untuk kenikmatan lebih baik, kami merekomendasikan untuk setidaknya menikmati satu atau dua seri original dari mecha yang ikut bergabung di game ini sebelum terjun langsung.

Tetapi tetap saja, kami sendiri merekomendasikan Anda untuk setidaknya merasa familiar setidaknya dengan satu atau dua franchise anime / manga mecha ini sebelum terjun masuk ke dalam Super Robot Wars X. Ia akan bisa lebih dinikmati jika Anda setidaknya memahami atau mengenali setidaknya beberapa mecha atau karakter yang ada, dan menjadikan mereka sebagai “fokus”. Akan terasa lebih baik dan seru daripada sekedar masuk buta ke dalamnya dengan tanpa pengetahuan sama sekali soal mecha apa, karakter apa, anime apa, yang saat ini tengah terjadi di hadapan Anda. Jika Anda bukan penggemar anime mecha dan ingin coba terjun, kami sendiri bisa merekomendasikan Anda untuk menikmati Code Geass atau Gurren Lagann yang sepertinya, akan bisa lebih mudah diterima untuk Anda yang bukan fans genre ini.

Strategi yang Sederhana

Super Robot Wars X jagatplay 185
Seperti layaknya game strategi pada umumnya, Super Robot Wars X bukanlah game yang sulit untuk dimengerti.

Pada akhirnya, ini gameplay dari Super Robot Wars X tentu saja terletak pada elemen game strategi yang ia usung. Bayangkan game seperti Final Fantasy Tactis atau Front Mission misalnya, namun berisikan pertarungan antara mecha-mecha ternama dari franchise anime / manga populer. Berita baiknya? Bahkan untuk Anda yang tidak menggemari genre strategi sekalipun, tidak akan sulit untuk menguasainya. Karena sebagian besar mekanik yang ia tawarkan didasarkan pada konsep game strategi lawas yang tidak banyak menuntut Anda untuk memerhatikan beragam indikator angka di layar. Data yang disajikan pada Anda, termasuk damage dan konsekuensi yang bisa timbul, akan langsung membantu Anda memprediksi dan menentukan sendiri, apakah langkah tertentu, terutama saat menyerang atau bertahan adalah sebuah tindakan yang rasional.

Jika kami harus memilih satu hal yang berbeda dan unik dari Super Robot Wars X terkait mekaniknya sebagai game strategi RPG, adalah sistem counter yang punya porsi lebih signifikan dan penting di sini. Alih-alih seperti game strategi kebanyakan yang menjadikan sistem counter sebagai bagian dari skill dan tidak tersedia untuk banyak karakter, Counter adalah bagian tidak terpisahkan dari Super Robot Wars X. Ini berarti untuk setiap serangan yang Anda lemparkan pada target ataupun sebaliknya, selalu ada kesempatan untuk “bertukar” damage jika kondisi memungkinkan. Kita berbicara soal resource ataupun jarak serangan yang ada. Memainkan dan memanfaatkan sistem Counter ini akan jadi salah satu strategi inti untuk memenangkan banyak pertarungan.

Super Robot Wars X jagatplay 22
Salah satu yang berbeda hanyalah sistem Counter alias “Return Attack” yang menjadi mekanik dasar.
Super Robot Wars X jagatplay 140
Mengeksploitasi sistem Counter ini sebagai giliran menyerang “gratis” akan membuat perjalanan Anda lebih mulus.

Mengapa? Karena Anda bisa melihat “Counter” ini sebagai sebuah turn gratis untuk meluncurkan damage tertentu pada musuh yang ada. Jika Anda berhasil membuat status mecha Anda super lincah dan punya kesempatan untuk menghindari banyak serangan, ini berarti Anda bisa menjamin untuk mendapatkan bahwa turn apapun yang terjadi akan berakhir dengan Anda melemparkan damage dan tidak menerima damage apapun. Jika Anda sudah punya mecha yang Overpowered misalnya, yang Anda fokuskan, Anda selalu bisa mendorongnya lebih dahulu ke garis terdepan pertempuran untuk mengeksploitasi sistem ini. Membiarkan dirinya diserang, memicu efek Counter, dan membiarkannya menghabisi begitu banyak musuh bahkan pada saat bukan giliran Anda untuk bergerak. Memanfaatkan sistem Counter adalah inti untuk memenangkan Super Robot Wars X, setidaknya dengan lebih mudah.

Sisanya, adalah menikmatinya layaknya sebuah game strategi pada umumnya. Tiap unit punya gerak terbatas, beragam jenis serangan yang masing-masing punya damage dan jarak serangan berbeda, dan tentu saja – resouce yang harus dipertahankan. Di Super Robot Wars X, setiap serangan biasa akan menghabiskan resource yang disebut “EN”, yang akan harus dikorbankan dalam jumlah tertentu bergantung pada seberapa besar dan kuat serangan tersebut. Ada juga sebuah resource tambahan lain bernama “Ammo” yang akan dihabiskan jika Anda ingin mengakses serangan-serangan berbasis AOE di dalam peta itu sendiri.

Super Robot Wars X jagatplay 18
Ada resource yang tentu saja perlu Anda perhatikan di luar sekedar HP.
Super Robot Wars X jagatplay 29
Semua informasi dan data yang Anda butuhkan tersedia di layar yang muncul sebelum Anda menyerang atau diserang ini.

Yang menarik adalah seberapa bersahabatnya Super Robot Wars X merangkum semua informasi yang Anda butuhkan tersebut di satu layar tersendiri saat Anda baru hendak menyerang atau diserang. Anda akan disuguhkan data-data tersebut lewat sebuah layar yang akan menjelaskan semua hal yang Anda butuhkan, termasuk opsi untuk mengakses beberapa perintah seperti menyuntikkan “Spirit Command” yang akan kita bahas nanti, hingga sekedar memilih respon di luar Counter seperti Defend atau Evade. Layar ini memuat informasi soal persentase serangan / serangan balik yang akan terjadi, sehingga Anda bisa menentukan strategi Anda selanjutnya dan memilih opsi yang rasional. Serangan yang bertuliskan “100%” sudah pasti masuk, tanpa ada omong kosong di dalamnya. Jika Anda tidak bisa melakukan counter atau musuh Anda tidak bisa menyerang balik, angka ini akan dikosongkan untuk menegaskan informasi tersebut. Lewat layar yang sama, Anda juga bisa memeriksa HP dan Morale yang dimiliki oleh unit Anda dan target yang hendak Anda serang.

Selain serangan biasa, setiap mecha juga akan punya Skill terpisah yang disebut sebagai “Skill Command” yang bisa diakses selama Anda punya Spirit Points (SP) cukup. Anda bisa memerlakukannya seperti sebuah magic dalam game RPG pada umumnya, yang akan memberikan keuntungan strategis tertentu. Ada Spirits untuk heal, ada yang mampu untuk membuat serangan Anda masuk 100%, yang membuat akurasi serangan musuh turun ke 0%, yang melipatgandakan damage Anda, dan sebagainya. Spirit Command ini akan menjadi salah satu kunci untuk bertahan hidup di beberapa skenario pertempuran, terutama yang memuat boss di dalamnya. Mengapa? Karena sebagian besar boss kelas ini tidak hanya dipersenjatai dengan HP tebal saja, tetapi juga senjata dengan damage super besar dan mematikan. Menyimpan SP untuk mengaktifkan skill yang membuat serangan musuh turun ke 0% misalnya, akan menyelamatkan mecha-mecha terlemah Anda di pertempuran jika boss-boss ini berakhir “iseng” menjadikan mereka sebagai target.

Super Robot Wars X jagatplay 75
Spirit Command berfungsi sebagai “Skill” dengan SP sebagai resource yang harus dikorbankan. Ia akan menyediakan buff spesifik.
Super Robot Wars X jagatplay 206
Ada point “ExAction” yang bisa didapatkan untuk setiap musuh yang Anda bunuh.

Resouce lain yang akan muncul selama pertarungan adalah sesuatu yang disebut ExAction, yang akan bertambah untuk hanya satu mecha saja, setiap kali ia berhasil membunuh musuh di arena. ExAction seperti namanya, akan berfungsi sebagai sebuah buff terpisah dari Spirit Command itu sendiri. Setidaknya ada lima jenis ExAction yang bisa Anda ambil dan picu, dari yang memungkinkan Anda untuk menjamin serangan selanjutnya akan menghasilkan damage Critical, membuat serangan tidak menghabiskan EN atau Ammo, atau bahkan mendapatkan giliran ekstra jika Anda berhasil menghancurkan musuh tertentu. Beberapa unit seperti Lelouch ataupun Amari juga diperkuat dengan perintah unik yang tidak dimiliki oleh unit mecha yang lain.

Sisa permainan dipenuhi dengan usaha untuk ragam pengaturan mikro yang harus Anda lakukan, dari memosisikan mecha yang ada di arena hingga memperkuat mereka di sela-sela permainan. Untuk setiap kemenangan yang Anda raih, Anda akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa didistribusikan untuk memperkuat mecha favorit Anda. Uang bisa dialokasikan untuk memperkuat status mereka, dari meningkatkan level senjata hingga memperkuat jumlah HP atau EN misalnya. Mecha yang sudah diperkuat hingga 100% akan lebih kuat dan punya fitur baru tertentu. Bergantung pada jumlah musuh yang dibunuh oleh masing-masing mecha, Anda juga bisa mendapatkan gelar seperti “Ace” atau “Great Ace” yang juga akan berujung memberikan buff permanen pada mecha terkait tersebut.

Super Robot Wars X jagatplay 58
Jika Anda berhasil membunuh musuh dalam jumlah tertentu, Anda akan mendapatkan status “Ace” atau “Great Ace” dengan hadiah buff tertentu.
Super Robot Wars X jagatplay 40
Uang bisa digunakan untuk memperkuat aspek mecha favorit Anda.

Resource lain yang bisa digunakan untuk memperkuat karakter Anda juga disebut sebagai TacP, “mata uang” yang bahkan lebih penting. Terbatas dan akan menuntut Anda berpikir panjang untuk mengalokasikannya, Anda bisa menggunakannya untuk beragam kepentingan. Dari membeli dan memperkuat Skill / buff untuk karakter yang ada, membeli aksesoris bernama “Power Parts” untuk dipasangkan pada mecha Anda, hingga sekedar membeli sebuah buff permanen yang diaplikasikan untuk keseluruhan tim yang Anda gunakan. Ia akan jadi salah satu kunci terpenting untuk memenangkan dan memperkuat karakter favorit Anda. Namun mengingat bahwa resource-resource ini begitu terbatas, dan tidak sebanding dengan kebutuhan upgrade yang terhitung “mahal”, maka Super Robot Wars X secara otomatis akan memaksa untuk memprioritaskannya pada mecha favorit Anda.

Bandai Namco tidak main-main dalam usahanya melebur setidaknya 20 seri anime / manga berbasis mecha di game yang satu ini. Dengan setiap seri yang bisa melibatkan beberapa jenis mecha ikoniknya di dalamnya, Anda berhadapan dengan opsi puluhan mecha dengan ciri khas dan identitas unik mereka pada saat bertarung. Tidak hanya soal desain saja, tetapi juga lingkup gerak, status, jenis serangan, hingga prioritas kemampuan dan peran di dalam arena pertempuran sendiri. Dengan sekitar 10-18 mecha yang bisa Anda bawa sekaligus bergantung pada skenario, menentukan line-up seperti apa yang sesuai dengan gaya bermain Anda akan membantu Anda memenangkan setiap dari mereka. Berita baiknya? Ia tidak seberapa sulit, apalagi mengingat Anda bisa mengeksploitasi keterbatasan AI yang ia usung, seperti yang kami bicarakan di sesi pembahasan soal sistem Counter sebelumnya.

Super Robot Wars X jagatplay 20
Ramai, Anda terkadang harus mengendalikan belasan mecha dalam 1 pertarungan.
Super Robot Wars X jagatplay 13
Di beberapa titik cerita, akan ada cabang dengan line-up mecha spesifik yang harus Anda pilih.

Proses memilih prioritas dan mecha favorit ini juga membuat Anda mau tidak mau harus mengikuti skenario tertentu pada saat menikmati cerita yang ada. Di beberapa titik permainan, Super Robot Wars X akan menawarkan Anda “Sub-Scenario” yang meminta Anda untuk memilih satu dari dua alternatif cerita yang masing-masing akan mengunci varian mecha mana saja yang bisa Anda gunakan. Dengan fakta bahwa ada begitu banyak mecha yang besar kemungkinan tidak pernah Anda upgrade dan sejenisnya, langkah paling rasional adalah dengan memilih Sub-Scenario yang kira-kira, berisikan mecha terfavorit dan terkuat Anda. Berita baiknya? Untungnya, Super Robot Wars X juga menyediakan satu menu tersendiri untuk memastikan karakter / mecha yang jarang Anda gunakan bisa dilatih secara terpisah. Anda bisa menambah EXP, uang, TacP, hingga level mereka via fitur yang satu ini.

Super Robot Wars X jagatplay 82
Anda tetap bisa “memperkerjakan” anggota / mecha Anda yang jarang digunakan saat bertarung.

Untuk urusan gameplay, Anda yang familiar dengan genre strategi tidak akan kesulitan menguasainya, selama Anda mempelajari sedikit soal sistem Counter dan mencari celah untuk mengeksploitasinya. Sementara untuk Anda yang tidak familiar, hanya butuh beberapa kali pertarungan untuk mengetahui tahap demi tahap, apa yang perlu Anda persiapkan dan strategi seperti apa yang perlu Anda tempuh untuk memenangkan pertarungan. Berfokus dan memilih mecha-mecha favorit juga tidak kalah penting, untuk memastikan resource terbatas Anda terdistribusikan dengan baik dan efektif.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…