JagatPlay di E3 2018: Wawancara Singkat dengan Tetsuya Nomura!

Reading time:
June 16, 2018
kh 31

Pernahkah kami bermimpi untuk bertemu dan berhadapan dengan sosok developer legendaris yang menjadi otak di belakang banyak judul game raksasa Square Enix saat ini – Tetsuya Nomura? Namun percaya atau tidak, kesempatan tersebut akhirnya tiba di ajang E3 2018 yang kami kunjungi. Square Enix menyediakan waktu sekitar hanya 10 menit saja bagi media dari Asia, termasuk JagatPlay di sana, untuk melontarkan pertanyaan apapun terkait Kingdom Hearts 3 yang saat ini tidak hanya memiliki tanggal rilis pasti saja, tetapi juga menjadi booth yang paling ramai dikunjungi di E3 2018. Petualangan terbaru Sora tersebut memang diarahkan sebagai konklusi untuk kisah yang sudah berjalan selama belasan tahun lamanya. Berita baiknya? Untuk sebuah sesi interview yang terhitung singkat ini, kami berhasil melemparkan dua pertanyaan yang akhirnya, memuaskan rasa penasaran kami. Sayangnya, Square Enix menempatkan limitasi peliputan yang bahkan lebih ketat dibandingkan sebelumnya. Media tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar atau merekam apapun terkait sesi interview, bahkan untuk sosok Tetsuya Nomura itu sendiri.

Sesi interview yang ada memang berjalan cukup intens. Sepertinya memang benar adanya, bahwa level “santai” para developer raksasa, terutama nama yang bertanggung jawab atasnya, memang ditentukan oleh satu faktor penting: bahwa apakah mereka mempertontonkan sesuatu atau tidak di sesi E3 2018, baik di panggung presentasi utama atau sekedar di booth yang ada. Jika game mereka dipertontonkan di sana, maka bisa dipastikan akan ada level ketegangan tersendiri di sisi developer, bahkan saat sesi interview media sekalipun. Hal yang sama sempat terjadi di Cory Barlog tahun lalu, yang saat ini, terjadi di Tetsuya Nomura.

Informasi yang kami dapat dari veteran E3 dari Sony dan media asing yang lain memang terpotret di wajah Tetsuya Nomura yang dari awal memang terlihat dingin dan tegang. Keadaan juga semakin diperburuk dengan fakta bahwa translator penting untuk menerjemahkan pertanyaan dan jawaban Nomura yang berbahasa Jepang ke Inggris dan sebaliknya ternyata tidak hadir. Untungnya, kami dibantu oleh representasi Sony Asia yang menemani kami di belakang dan menjadi “suara” kami untuk menggali informasi baru terkait Kingdom Hearts 3. Jadi apa kedua pertanyaan yang kami lontarkan tersebut? Ini dia:

Pertanyaan pertama tentu sederhana dan sepertinya mewakili apa yang berada di benak banyak fans Kingdom Hearts: Apakah Tetsuya Nomura sendiri sempat merasa bingung dengan cerita yang ia racik dengan Kingdom Hearts? Nomura secara terbuka, menjawab iya. Namun ia menyebut bahwa setiap seri Kingdom Hearts selalu mengakar pada kisah bagaimana karakter-karakter utama yang muncul, berhadapan dan menyelesaikan masalah personal mereka masing-masing. Tetapi jika ditambah dengan begitu banyaknya karakter pendukung yang hadir, kompleksitas memang tidak terelakkan. Oleh karena itu, ia punya catatan bagaimana karakter-karakter ini terhubung satu sama lain. Untuk memastikan cerita tetap solid, ia terus memeriksa konsistensi hubungan-hubungan karakter yang ada selama meracik cerita di seri teranyar yang satu ini.

kh 3

Pertanyaan kedua kami arahkan pada rasa penasaran besar lainnya: apakah mungkin bahwa mengingat ia di bawah Disney, kita akan melihat nama sekelas Marvel atau Star Wars di Kingdom Hearts? Sayangnya, Nomura harus hadir dengan berita buruk. Ia menyebut bahwa Disney adalah sebuah perusahaan kelompok yang sangat-sangat besar, sehingga untuk bisa mencapai hal tersebut, ia harus meminta izin dan melewati prosedur dengan pihak yang berbeda lagi. Ia menegaskan bahwa butuh waktu sekitar 10 tahun bagi dirinya, untuk “mengantongi izin” dari Disney untuk Pixar, yang dunianya kini akhirnya berhasil menghiasi Kingdom Hearts 3. Bercermin dari pengalaman tersebut, sepertinya mustahil untuk memenuhi mimpi melihat dunia Marvel dan Star Wars di Kingdom Hearts dalam waktu dekat ini. Kemungkinannya bisa dibilang, nyaris mustahil.

Menjawab pertanyaan dari media yang lain, Nomura juga kembali menegaskan bahwa Kingdom Hearts 3 akan menjadi kisah akhir dari petualangan Sora dkk selama belasan tahun terakhir ini. Bahwa inilah seri yang akan menutup arc cerita yang melibatkan satu nama – Xehanort. Setelahnya? Kingdom Hearts besar kemungkinan akan kembali, namun dengan karakter, musuh, ataupun senjata yang berbeda di masa depan. Nomura juga menolak untuk berkomentar apakah akan ada lebih banyak karakter FInal Fantasy akan kita temukan di Kingdom Hearts 3 lebih dari yang kita tahu selama ini. Ia menyebut bahwa satu-satunya cara untuk menjawab misteri ini adalah dengan melihat trailer-trailer baru yang akan mereka lepas di masa depan.

Kingdom Hearts 3 akan dirilis pada tanggal 29 Januari 2019 mendatang.

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 27, 2021 - 0

Review House of Ashes: Selangkah Lebih Baik!

Ambisius adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang tengah…
October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…