Review New Gundam Breaker: Antara Gundam dan Waifu!

Reading time:
June 28, 2018
New Gundam Breaker jagatplay 2

Bandai Namco, ada yang istimewa dengan nama developer / publisher asal Jepang ini. Bagi gamer Asia Tenggara, fokus yang mereka tawarkan dengan terus menelurkan produk-produk “eksklusif” Jepang dengan translasi bahasa Inggris untuk pasar kita, tentu saja pantas untuk disambut baik. Game-game yang sebelumnya tidak bisa dinikmati karena keterbatasan bahasa kini membuka ruang baru bagi fans baru untuk menikmatinya. Bandai Namco juga pantas mendapatkan predikat sebagai salah satu yang tersibuk, mengingat begitu banyak judul yang kini berdiri di bawah bendera raksasa mereka. Namun rasanya sulit untuk tidak mengakui bahwa “kualitas” memang terlihat seperti bukan fokus Bandai Namco, terutama untuk game-game mereka di pasar yang niche. Anda kadang bertemu dengan game dengan hasil yang fantastis, sementara di sisi lain, terkadang produk yang begitu sederhana dan terbatasnya, hingga sulit untuk dinikmati jika Anda memang bukan penggemar berat franchise terkait.

Publisher dan developer yang sama ini akhirnya meluncurkan produk terbaru mereka – New Gundam Breaker ke pasaran. Gundam Breaker sendiri memang bukan terhitung sebagai “game baru”, melainkan sebuah franchise yang sepak terjangnya sebenarnya sempat melahirkan basis fans fanatiknya sendiri. Satu hal yang membuat berbeda dengan game Gundam kebanyakan adalah settingnya yang lebih berbasis Gunpla – alias memosisikan Gundam sebagai “model kits” dan bukan robot itu sendiri. Permainan berfokus pada fitur menukar atau mengganti bagian-bagian tubuh Gundam personal Anda, dan kemudian “menuai” kemampuan atau statusnya yang baru, sekaligus menikmati sisi akhir kosmetik yang berhasil Anda racik. Bandai Namco berusaha menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda dengan New Gundam Breaker ini.

Sebagai gamer yang belum pernah mencicipi seri Gundam Breaker sebelumnya dan datang sebagai gamer pendatang baru, ini tentu jad seri yang “menarik”. Lantas, apa yang sebenarnya ia tawarkan? Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang membuat pertempuran Gundam lawan Waifu? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

New Gundam Breaker jagatplay 4
Anda yang sempat menikmati begitu banyak anime sepertinya tidak kesulitan menebak arah cerita game ini.

“Anime banget!”, ini mungkin reaksi sebagian besar dari Anda ketika menyelami sisi cerita dari New Gundam Breaker ini. Mengapa? Karena plot yang diusung, sepertinya terhitung klise untuk Anda yang sering menikmati anime. Anda berperan sebagai seorang karakter utama tanpa nama yang baru saja pindah ke sebuah sekolah tinggi baru bernama “Gunbre High School”. Sekolah yang predikatnya memang dibangun sebagai markas para peracik Gunpla terbaik di keseluruhan Jepang. Maka kami yakin, Anda bisa memprediksi kemana arah cerita ini bergerak.

Ini bukan game dengan level cerita sekaliber Yu-Gi-Oh! Atau banyak anime yang biasanya bisa membangun cerita berbasis mainan seperti ini ke arah cerita menyelamatkan dunia atau bahkan, semesta. New Gundam Breaker hadir dengan plot yang lebih sederhana. Sebagai anak baru di Gunbre yang kemampuannya ternyata mengejutkan para siswa di sana, Anda dilihat sebagai seorang pemimpin dan solusi terbaik untuk menundukkan organisasi OSIS di dalam sekolah itu sendiri. Organisasi yang alih-alih mewakili keinginan dan kebutuhan siswa, justru diisi oleh pemain-pemain “Elite” Gunpla yang bersikap sewenang-wenang dengan otoritas mereka. Lewat satu pertempuran demi pertempuran yang lain, Anda pun ditunjuk sebagai pemimpin dari organisasi “pemberontak” – Side 0.

New Gundam Breaker jagatplay 109
Gunbre High School – sekolah tinggi dimana membangun Gunpla adalah sebuah indikator prestasi.
New Gundam Breaker jagatplay 105
Semuanya untuk menundukkan OSIS berisikan pemain “Elite” Gunpla yang semena-mena.

Seperti yang bisa diprediksi pula, semua masalah yang terjadi, dari menentukan siapa yang benar dan salah hingga sekedar membuat murid sombong berakhir jadi sadar diri dan mengubah kepribadian 180 derajat diselesaikan lewat pertarungan Gunpla ini. Satu hal yang tidak terprediksi sebelumnya? Kisah yang Anda racik akan bergantung pada karakter companion mana yang Anda pilih, sesuatu yang akan kita bahas selanjutnya.

New Gundam Breaker jagatplay 74
Anda menjadi tumpuan harapan dari organisasi “pemberontak” – Side 0.
New Gundam Breaker jagatplay 66
Semua masalah diselesaikan dengan pertarungan Gunpla.

Lantas, mampukah karakter utama Anda ingin “menyelamatkan” siswa-siswi SMA Gunbre dari cengkeraman organisasi OSIS-nya yang jahat? Pertarungan seperti apa yang harus dilalui oleh Side-0? Jenis musuh seperti apa pula yang harus Anda hadapi? Semua jawaban dari pertanyaan ini bisa Anda dapatkan dengan memainkan New Gundam Breaker ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…