1 Tahun Bersama dengan PC JagatPlay – SI HITAM MK.I!

Reading time:
July 30, 2018

Lagipula, Rasionalnya..

si jagatplay pc si hitam mk1 59
Lagipula secara rasional, jika mengikuti filosofi si MK.I itu sendiri, Anda akan jarang bertemu dengan gamer PC di Indonesia yang melakukan upgrade setiap tahun.

Lagipula, kami juga harus mempertimbangkan filosofi dasar ketika membangun PC yang satu ini. Bahwa bukan sekedar ingin mengejar level mid-end dan menciptakan sebuah spesifikasi yang bisa lebih terjangkau untuk mereka yang mengejar kebutuhan yang sama saja, kami juga ingin si Hitam MK.I ini untuk merepresentasikan kondisi sebagian besar gamer PC di Indonesia itu sendiri. Bahwa hampir sebagian besar gamer PC di Indonesia membangun rig untuk penggunaan setidaknya 2-3 tahun ke depan. Proses upgrade jarang dilakukan karena keterbatasan budget yang harus diakui, memang seringkali jadi masalah utama. Kondisi yang membuat gamer PC kebanyakan justru lebih memilih berkompromi dan beradaptasi jika game keluaran terbaru yang dirilis ke pasaran ternyata terbukti jadi “musuh tangguh” untuk rig yang sudah mereka racik, hingga batas ia tidak bisa lagi menjalankan game tersebut sama sekali.

Bercermin dari fenomena yang satu ini, ia juga berujung jadi alasan mengapa kami bertahan dengan si MK.I terlepas dari tawaran upgrade langsung dari PT. Nusantara Jaya Teknologi. Alasan lainnya? Rasa penasaran yang cukup kuat apakah PC ini tetap akan bisa bertahan menangani game-game baru dalam 6 bulan hingga satu tahun ke depan. Kompromi seperti apa yang harus kami lakukan? Seberapa representatifnya si Hitam MK.I sebagai sebuah PC gaming mumpuni di harga yang rasional? Dan seberapa signifikan pula peningkatan permintaan spesifikasi PC, terutama untuk kebutuhan rekomendasi dari para publisher dan developer game dalam satu tahun ke depan? Apakah menyediakan budget setiap tahunnya untuk melakukan upgrade “minimal” adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh gamer PC mid-end di Indonesia? Ini bisa berujung menjadi sebuah eksperimen dengan hasil yang menarik.

Terpengaruh Kenaikan Harga

si jagatplay pc si hitam mk1 64
Jika dibandingkan dengan total harga racik di tahun 2017 yang lalu, peningkatan harga yang terjadi tidak lebih dari 10%.

Kami juga menggunakan kesempatan yang sama untuk memeriksa seberapa tinggi kenaikan harga yang terjadi jika Anda saat ini, berenana untuk mengembangkan dan membangun PC dengan spesifikasi yang sama dengan si Hitam MK.I. Sebuah langkah yang rasional mengingat selama setahun terakhir ini, pasar komponen PC memang berada di fase yang “gila”. Ledakan proses mining untuk bitcoin yang sempat mencapai harga yang tidak rasional memang juga ikut mendorong kenaikan harga beberapa komponen PC, seperti VGA dan RAM hingga tidak lagi menarik untuk dilirik. Secara mengejutkan, di tengah tahun 2018 ini, kenaikan yang ada ternyata tidak seberapa signifikan untuk si Hitam MK.I itu sendiri.

Di luar harga Elgato HD60S yang kami jadikan sebagai peripheral utama untuk melakukan proses live-streaming selama ini, Si Hitam MK.I “hanya” mengalami kenaikan harga sekitar 10% dari total harga build yang sempat kami hitung di awal meraciknya tahun lalu. Dengan total harga sekitar 22 juta Rupiah saat ini, ia tetap bisa diklasifikasikan sebagai PC mid-end dengan pendekatan harga yang masuk akal dan pantas, bahkan untuk menangani game-game terbaru sekalipun. Mulai turunya harga beberapa komponen, terutama GTX 1060 berkontribusi pada angka. Sejujurnya kami sempat memprediksi kenaikan yang lebih tinggi daripada sekedar 10% ini, namun cukup lega melihat bahwa ia berujung tidak setinggi yang dibayangkan. Si Hitam MK.I tetap jadi pilihan yang logis.

Anda yang penasaran dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh PC kami ini bisa menuju ke tautan berikut ini.

Setahun Lagi

si jagatplay pc si hitam mk1 81
Dengan semua pertimbangan ini, kami akan tetap bertahan dengan si Hitam MK.I setidaknya dalam waktu 6 bulan – 1 tahun ke depan.

Dengan keputusan untuk mempertahankan Si Hitam MK.I setidaknya untuk ekstra 6 bulan – 1 tahun ke depan, tentu saja menarik untuk melihat apa yang bisa dilakukan PC ini di tengah terjangan kebutuhan spesifikasi game-game terbaru yang memang mulai semakin “berat”. Berita baiknya? Kami cukup bersyukur sudah mengambil beberapa keputusan yang terbukti future-proof di awal, seperti memastikan dan memilih Silicon Power DDR4-2400 2 x 8 GB sebagai basis RAM yang nyatanya memang memenuhi kebutuhan rekomendasi spesifikasi PC saat ini yang memang lebih banyak mengarah ke 16 GB RAM. Keputusan untuk memilih GTX 1060 dengan 6GB VRAM juga salah satu keputusan terbaik yang kami ambil. Kombinasi kesemuanya membuat kami cukup optimis, bahwa Si Hitam MK. I masih bisa memenuhi apapun kebutuhan kami, dari yang produktif hingga yang sekedar iseng bermain untuk satu periode lagi.

Artikel ini tentu saja kami tutup dengan ucapan terima kasih ekstra untuk PT. Nusantara Jaya Teknologi yang tidak sekedar bertindak sekedar sebagai sponsor saja, tetapi dengan tangan terbuka siap untuk menampung kebutuhan upgrade kami ke MK.II jika memang dibutuhkan. Namun setelah melewati ragam proses pertimbangan dan rasa penasaran untuk sedikit bereksperimen, kami memutuskan untuk mempertahankannya sedikit lebih lama lagi.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Jika Anda berkesempatan untuk membangun sebuah PC mid-end dengan harga total maksimal di kisaran 25 juta Rupiah, PC dan spesifikasi seperti apa yang hendak Anda racik? Feel free to comment!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…