Naughty Dog: Indikator Merah di Uncharted itu Bukan “Darah”, Tapi “Keberuntungan”

Reading time:
July 9, 2018
Uncharted 4 jagatplay PART 1 269 1 600x338

Seberapa realistis sebuah video game harus diracik? Apakah dengan hanya menawarkan visualisasi yang lebih mumpuni, performance capture untuk aksi lebih hidup, hingga implementasi physics lebih mantap sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut? Terlepas dari usaha developer untuk mencapai hal tersebut, pada akhirnya, ada beberapa harus yang bertahan “tidak realistis” untuk menjamin gameplay yang seru dan nyaman. Salah satunya adalah sistem hit / darah / HP milik karakter utama. Terlepas dari terjangan peluru, hantaman granat, ataupun pukulan melee yang membabi buta, karakter utama biasanya bisa “menahan” beberapa dari mereka sebelum tewas dan berakhir game over. Tapi penjelasan lebih realistis ternyata dimiliki oleh Naughty Dog terkait Uncharted.

Seperti yang kita tahu, karakter utama Uncharted – Nathan Drake adalah seorang “manusia biasa” yang kebetulan jadi petualang. Lantas, bagaimana caranya ia bisa menahan beberapa peluru dan granat sebelum berakhir tewas? Sebuah kondisi yang di dalam gameplay, dipresentasikan dengan kedip-kedip warna merah yang melingkari layar. Jonathan Cooper – Animator dari Naughty Dog hadir dengan sebuah informasi yang terhitung menarik. Ia menyebut bahwa lingkar merah kedap-kedip pada saat Nathan Drake “sekarat” ini tidak pernah merepresentasikan darah, tetapi lebih kepada level keberuntungan Drake itu sendiri.

Ini berarti, selama aksi Anda berperan sebagai Nathan Drake, ketika ia menerjang ratusan peluru dan ledakan, ia tidak pernah sekalipun tertembus peluru. Semuanya meleset tipis. Warna merah yang menyiratkan “sekarat” lebih mengarah pada faktor keberuntungannya yang semakin menipis. Ketika keberuntungan tersebut sudah habis, maka Nathan Drake akan tertembus satu peluru atau ledakan, dan berakhir tewas. Hal ini juga diamini oleh Amy Hennig yang menyebut bahwa sistem ini memang menjadi intensi mereka sejak awal.

Informasi baru ini walaupun tidak mempengaruhi banyak soal gameplay, namun membuka sudut pandang yang menarik ketika membicarakan Uncharted dari Naughty Dog yang sayangnya, belum punya kepastian apakah ia akan berlanjut atau berakhir dengan ditutupnya kisah Nathan Drake. TIL..

Load Comments

PC Games

May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…
April 18, 2022 - 0

Review Grammarian Ltd: Indo Versus Inggris!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Grammarian Ltd ini? Mengapa kami…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…